Berbagai Macam Peralatan Berat Penunjang Kontruksi

Alat berat konstruksi merupakan berbagai macam mesin yang memiliki ukuran besar serta khusus didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi. Contohnya, seperti pengerjaan tanah serta untuk memindahkan bahan bangunan dan untuk memudahkan proses pekerjaan konstruksi lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan alat berat yang kurang apalagi tidak tepat dan tidak disesuaikan dengan kondisi dan situasi di lapangan akan mengakibatkan permasalahan dalam proses pembangunan kontruksi. Misalnya adanya rendahnya produksi, target pembangunan tidak tercapainya sesuai dengan apa yang telah terjadwal, atau kerugian akibat perbaikan yang tidak semestinya terjadi. Maka dari itu, sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan yang hendak digunakan, sebagai orang yang terlibat dalam pembangunan proyek konstruksi, Anda perlu memahami jenis alat berat dan fungsinya untuk proyek konstruksi.

Mengetahui Apa Itu Alat Berat Konstruksi

alat berat konstruksi

Dalam ilmu teknik sipil, alat berat konstruksi dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan, terutama untuk pembangunan suatu struktur proyek konstruksi. Hal ini tentu menjadi faktor penting di dalam sebuah pelaksanaan konstruksi.

Tujuan dari penggunaan peralatan tersebut adalah untuk memudahkan para pekerja dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan bisa dengan mudah tercapai dalam waktu yang lebih singkat dan efektif. Alat berat konstruksi ini dibagi ke dalam beberapa kategori secara fungsional, di antaranya:

  • Alat pengolah lahan
  • Alat penggali
  • Alat pengankut material
  • Alat pemindah material
  • Alat pemadat
  • Alat pemosesmaterial
  • Alat penempatan akhir material

Jenis-Jenis Alat Berat Konstruksi

jenis-jenis alat berat

Peralatan konstruksi, terutama alat berat merupakan hal yang memiliki peran penting dalam pembangunan sebuah proyek. Ini terjadi dikarenakan alat-alat tersebut dapat memberikan kemudahan terkait proses pembangunan yang tengah dilakukan. Terdapat beberapa macam alat berat konstruksi yang harus Anda ketahui, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bulldozer

Tentunya, Anda pernah mendengar istilah bulldozer, bukan? Alat tersebut merupakan susutu yang sangat umum digunakan sebagai medium penunjang proses pembangunan dalam sebuah proyek. Bulldozer biasanya digunakan untuk mengolah lahan. Selain itu, alat berat yang satu ini juga digunakan sebagai alat pendorong tanah lurus ke dapan maupun ke samping, tergantung pada sumbu kendaraannya. Terdapat dua jenis bulldozer, di antaranya:

  • Menggunakan Roda Kelabang (Crawler Tractor Dozer)
  • Menggunakan Roda Karet (Wheel Tractor Dozer).

Perlu Anda ketahui bahwa alat berat yang satu ini memiliki kekurangan terkait jarak tempuhnya terlalu pendek. Akan tetapi mampu menahan beban yang sangat berat. Sehingga sangat dibutuhkan dalam proses pembangunan sebuah proyek.

2. Excavator

Excavator merupakan alat yang berfungsi dan digunakan untuk mengangkut berbagai macam material ke dalam truk. Selain itu, alat ini juga sangat populer dengan sebutan alat berat penggali. Kekurangan alat tersebut adalah tidak dapat digunakan untuk dengan jarak tempuh yang jauh.

Excavator harus dipertimbangkan dalam hal pemilihannya yang sesuai dengan kemampuan serta kondisi alat tersebut di lapangan. Perbedaan utama dari berbagai jenis excavator terletak pada penggalinya yang berada di bagian depan. Akan tetapi, pada dasarnya alat tersebut memiliki alat penggerak, yakni  roda ban atau crawler. Untuk digunakan pada tempat yang memiliki permukaan yang kasar dan kurang padat, Anda dapat menggunakan excavator yang menggunakan crawler. Hal ini dikarenakan bahwa excavator tidak perlu melakukan banyak perpindahan tempat dalam pengoperasiannya.

3. Crane

Crane merupakan salah satu jenis alat berat pengangkut yang juga biasa digunakan di dalam proyek konstruksi pada umumnya. Crane difungsikan untuk mengangkat material yang akan dipindahkan, baik itu secara vertikal/horizontal. Selain itu, alat ini juga digunakan untuk menurunkan material pada tempat yang diinginkan.

Selain bulldozer, excavator, dan crane, terdapat beberapa jenis peralatan berat yang biasa digunakana untuk melakukan konstruksi sesuai dengan fungsinya masing-masing.

By |2019-05-06T08:59:02+00:00May 6th, 2019|Blog, konstruksi|