Mengenal Backhoe Loader dan Metode Kerjanya

Pertanyaan mengenai Apa Itu Backhoe Loader akan diulas di artikel ini. Backhoe Loader merupakan alat berat atau alat pemuat yang memiliki roda dan ban yang dikombinasikan bersama backhoe.

Ada banyak elemen penting yang digunakan pada backhoe dan cara pengoperasian backhoe loader sendiri beragam. Operator dari mesin backhoe loader harus menekankan efektivitas dan konsentrasi. Pasalanya alat berat yang dilakukan saat melakukan sebuah kontruksi memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini penjelasannya mengenai Apa Itu Backhoe Loader?

Apa Itu Backhoe Loader? Ini Penjelasannya!

apa itu backhoe loader

Penggunaan alat berat yang satu ini tidak jauh berbeda dengan alat berat yang lainnya. Umumnya serupa dengan Whel Loader, namun landasan yang digunakan oleh Backhoe Loader relatif kokoh, kering, dan rata.

Backhoe loader biasanya dipergunakan untuk pengoperasian yang dituntut memobilisasi material yang tinggi agar tidak merusak material yang lain atau landasan kerja, backhoe loader tidak memerlukan traksi yang tinggi.

Fungsi excavator dan bucket kecil ini sesuai dengan pekerjaan pembangunan jalan raya seperti pemeliharaan saluran di ajalan raya, penggalian utilitas, menggali parit, saluran air, pipa line dan masih banyak lagi.

Namun tentunya backhoe loader masih membutuhkan attachment ata kelengkapan tambahan untuk beroperasi. Selain untuk menggali, apa itu backoe loader dapat digunakan untuk membongkar aspalan, memecah material keras layaknya baru, mencabut tanggul dan yang lainnya.

Utamanya, fungsi dari backoe loader tidak jauh berbeda dengan dozer shovel, seperti yang telah di jelaskan diatas, sehingga backoe loader mampu mengangkut stock pile ke dump truck yang lumayan tinggi, juga mengisi hopper AMP, Crushing Plant dan Batching Plant.

Gerakan Backhoe Loader

gerakan backhoe loader

1. Mengisi Bucket

2. Mengayun

3. Membongkar material atau beban

4. Kemudian mengayun kembali

Ini menentukan lamanya siklus namun siklus ini pun tergantung dari digunakannya ukuran backho. Jika backhoe berukulan kecil maka siklusnya akan lebih cepat. Berbeda dengan backhoe yang besar membutuhkan siklus yang cukup lama. Apa itu backhoe loader. Ukuran backhoe digunakan sesuaikebutuhan dan menentukan kondisi pekerjaan yang hendak dilakukan.

Metode Kerja Backhoe Loader

cara kerja backhoe loader

Ada tiga metode di beberapa areal untuk mengisi muatan menuju truck, ketiga metode ini dikerjakan sesuai kebutuhan dan medan material yang hendak berhadapan dengan backhoe loader. Berikut ulasannya :

1. Metode V-Shape Loading

Dimana Backhoe Loader beroperasi namun truck tidak bergerak dan pada saat pengisian material hingga penuh, barulah backhoe loader akan bergeark mundur maju membentuk pola V dari arah dimana Backhoe Loader mengambil material hingga ke posisi truck dan mengantarkan material secara aman.

2. Metode Shaping Loading

Truck akan bergerak maju ketika backhoe loader mengangkat material. Dari stock pile, truk akan mundur dan akan diisi oleh loader berisi material yang telah di angkut oleh backhoe loader.

3. Metode Pass Loading

Jika terdapat dua untit ataupun lebih dari backhoe loader, metode ini akan digunakan. Maka truck akan bergerak menuju loader dari bloader hingga loader terisi material secara penuh.

Demikian ulasan mengenai apa itu backhoe loader. Bagi anda yang sedang mempelajari mengenai backhoe loader dan bagaimana cara kerja dan cara pengoperasiannya semoga artikel ini dapat membantu anda.

By |2019-07-12T12:57:03+00:00July 12th, 2019|Blog|