Mengenal Fungsi Dozer dan Berbagai Jenisnya

Pembahasan kali ini mengenai Apa Itu Dozer dan apa saja Jenis dari Dozer. Bulldozer atau Dozer merupakan jenis alat berat yang digunakan untuk sebuah pembangunan kontruksi. Dozer bertipe layaknya traktor yang menggunakan rantai dan dilengkapi dengan blade atau pisau yang terdapat dibagian depan buldozer itu sendiri.

Apa Itu Dozer dan Apa Saja Fungsinya?

apa itu dozer

Dozer sendiri digunakan untuk mendorong, menggali maupun menarik material seperti pasir, tanah, bebatuan dan lainnya. Istilah dari Bulldozer sendiri memang digambarkan sebagai tipe dari alat berat. Meskipun dari istilah ini dozer hanya menunjuk ke traktor yang memiliki rantai dan dilengkapi dengan adanya blade pada sebuah buldozer.

Selain blade yang menjadi perlengkapan dari buldozer ada beberapa perangkat lainnya yang dapat ddipasangkan pada bagian belakang buldozer sendiri. Apa itu dozer, apa saja perlengkapan tambahan yang dapat digunakan oleh buldozer?

1. Ripper

Riper merupakan alat yang berfungsi untuk membongkar banyak material yang sifatnya tidak dapat digali menggunakan blade pada buldozer. Ripper biasa digunakan pada kontruksi pertambangan atau pekerjaan pembuatan jalan.

2. Winch

Jika ripper berfungsi sebagai alat yang dapat membongkar material. Apa itu dozer. Winch umumnya berfungsi sebagai penarik material, pekerjaan mendukung yang diharuskan menggunakan Winch seperti pengeluaran kayu di hutan dan hal-hal serupa lainnya yang dapat dilakukan oleh Winch.

Macam-Macam Blade

fungsi dozer

1. Straight Blade (S-Blade)

Jenis Blade yang satu ini guna mendorong lurus kedudukan pisau blade itu sendiri lurus ke depan.

2. U-Blade atau Universal Blade

Apa Itu Dozer U-blade? U-Blade dapat digunakan dengan volume lebih besar membawa atau mendorong lebih banyak. Saat kehilangan muatan U-Blade relatif lebih kecil.

3. Angle Blade (A-Blade)

Blade yang digunakan saat mendorong atau membawa muatan dalam posisi lurus juga menyudut.

4. Rake Blade

Blade ini memiliki gigi-gigi, gunanya untuk mendorong muatan seperti semak-semak. Rake Blade sendiri terbagi kedalam dua kategori yakni Straight Rake Blade dan Angkel Rake Blade.

Jenis-Jenis Dozer

jenis jenis dozer

1. Dozer Crawler Mounted

Merupakan dozer dengan daya lebih besar, artinya daya dorong dari crawled mounted dapat digunakan pada medan yang lunak. Selain itu dozer crawler mounted dapat digunakan pada medan tanah berlumpur, bisa juga digunakan pada medan tanah yang kasar dan berbatu.

Daya apung dari crawler mounted sendiri lebih besar, karena kapasitas dari ground contact pun lebih besar. Meski demikian, penggunaan dari crawler mounted sendiri terbilang lebih luas dan flexible.

2. Dozer Wheel Mounted Bulldozer

Dozer ini bersifat lebih lunak karena alat berat yang satu ini dapat beroperasi tanpa merusak jalan ketika digunakan di jalan raya. Kecepatan dari dozer wheel mounted sendiri lebih besar dari jobsite satu  menuju jobsite yang lain.

Wheel Mounted tidak memerlukan alat angkut, output nya sendiri lebih besar terutama saat melakukan kecepatan yang tinggi, dan kelelahan dari opertaor menjadi lebih kecil. Wheel Mounted Bulldozer terbilang cukup fleksible dan saat tidak melakukan kontruksi yang terlalu besar atau penarikan dan pendorongan barang yang tidak terlalu besar.

Kedua jenis dozer diatas dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan kontruksi atau pembangunan. Demikian ulasan mengenai Apa Itu Buldozer serta spesifikasi dan jenis dari dozer. Semoga ulasan tersebu dapat membantu anda mengenal alat berat kontruksi.

By |2019-07-12T08:22:18+00:00July 12th, 2019|Blog|