Mengenal Excavator dari Tipe hingga Cara Penggunaannya

Apakah anda tahu Apa Itu Excavator ? Excavator merupakan alat berat yang terdiri dari boom (bahu), lengan (arm) dan bucket. Maksudnya apa itu, excavator dioperasikan oleh tenaga hidrolis yang dijalankan dengan mesin diesel yang berada di atas trackshoe atau rantai. Apa itu excavator sangat penting? Tentu saja, pasalnya dalam kontruksi pembangunan dibutuhkan alat berat yang mampu` memindahkan material yang satu dan yang lainnya. Excavator merupakan alat yang terbilang serba guna pasalnya dia dapat melakukan pekerjaan kontruksi lainnya.

Banyak pekerjaan kontruksi yang membutuhkan excavator. Apa itu excavator sebagai fungsi utama? Contohnya seperti membuat kemiringan atau sloping pada material, membuat loading atau dumptuck, breaker atau pemecah batu. Karena fungsinya yang fleksibel dan multifungsi membuat excavator selalu ada di dalam jenis pekerjaan berat baik di atas air maupun di darat.

Di Indonesia sendiri, sebgain orang menyebut alat ini dengan sebutan bego/beko. Sehingga masih banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu excavator? Beko atau dalah bahasa inggris Backhoe adalah excavator yang diterapak di belakan mesin traktor ini, di Amerika serikat sendiri backhoe digunakan untuk pekejaan-pekerjaan pertanian.

Penggunaan Secara Spesifik Excavator

apa itu excavator

1. Menggali Lubang, Parit dan Fondasi Bangunan

2. Penanganan berbagai material

3. Memotong material menggunakan alat khusus pada Excavator

4. Pekerjaan Kehutanan

5. Meratakan Tanaj

6. Mengangkut Material Berat

7. Penghancuran material

8. Pertambangan, khususnya pertmabnagan pit terbuka

9. Kerap digunakan sebagai alat pengeruk sungai

10. Menghancurkan Batang bagi Fondasi

Tipe-Tipe Excavator

tipe-tipe excavator

1. Excavator Dragline

Salah satu alat penggali yang dihubungkan dengan tali besi. Biasanya digunakan untuk menggali material ke alat pengangkut seperti truk ataupun daerah penimbunan. Biasanya dragline hadir di area yang membutuhkan pengerukan yang cukup luas layaknya pertambangan.

Dragline sendiri kembali dikelompokan menjadi tiga bagian yakni Crawler Mounted atau roda kelabang. Tipe ini digunakan untuk material atau tanah berdaya rendah. Kecepatan dari Crawled memang membutuhkan alat angkut lainnya hingga sampai ke lokasi pengerjaan.

Selanjutnya adalah Wheel Mounted atau Roda Ban. Kecepatan dari roda Dragline sendiri mampu mencapai 30 Mph. Apa Itu Excavator. Dan yang ketiga adalah Truck Mounted yang sudah seharunys memang dipasang diatas truck.

Biasanya Dragline digunakan lebih dari satu bucket dengan berbagai ukuran sesuai dengan panjang boom sertamaterial yang hendak digali.

2. Excavator Kompak

Excavator Kompak kerap digunakan untuk pekerjaan yang memuat tanah, menggali, meraih objek dan mengangkat material. Mesin yang digunakan excavator kompak berupa disel berbahan bakar yang akan menghasilkan gerakan motorik juga pompa hidrolik, sehingga menghasilkan minyak untuk silinder dan berbagai peralatan excavator lainnya.

Yang Perlu di Perhatikan Saat Mengoperasikan Excavator

pengoperasian excavator

Keselamatan dan Pelindung  Top garda kanopi yang sangat berperan untuk keelamat operator saat mengoperasikan Excavator. ROPS akan melindungi operator untuk menghindari cedera tentunya. Dan menghindari operator terkenah puing-puing yang berjatuhan akibat excavator.

Selain itu kenyamanan operator saat  mengoperasikan excavator sangat penting. Ruang gerak pada ruang operator harus senyaman mungkin untuk mengoptimalisasi pekerjaan dan menghindari kesalahan saat melakukan pengangkatan menggunakan excavator.

Selain itu perawatan excavator pun sangat penting. Mesin merupakan akses terbaik saat menggunakan excavator. Terutama memudahakan untuk operator ke kompatamen hidrolik serta komponen lainnya. Pengecekan secara berkala harus terus dilakukan.

By |2019-07-12T12:30:41+00:00July 12th, 2019|Blog|