Pengertian Grader dan Komponen-Komponennya

Artikel kali ini akan membahas mengenai apa itu grader. Grader atau motor grader merupakan alat berat yang disertai pisau panjang guna meratakan permukaan atau melakukan proses perataan dalam sebuah kontruksi. Grader pada umumnya mempunyai tiga roda yang disertai mesin juga kabin yang berada di as roda belakang yang diikuti dengan blade.

Di beberapa negara, contohnya Filiphina, selalu melengkapi grader dengan blade yang berada di depan as roda depan. Rentang kapasitas dari blade sendiri dimulai dari 2,50 hingga 7.30 m, dan rentang kapasitasnya yang mencapai 97-373 kw (125-500hp). Untuk beberapa grader sendiri mampu mengoperasikan alat tambahan lainnya hal ini akan membantu pekerjabaan bawah tanah seperti penambangan. Apa itu grader.

Selain itu, grader kerap digunakan sebagai pemeliharaan jalan tanah juga jalan berkerikil. Jika digunakan untuk jalan beraspal grade biasa digunakan untuk menyiapkan landasan dasar agar permukaan datar dari aspal bisa dilapiskan. Selain itu, grader digunakan untuk membentuk landasan dari fondasi tanah.

Tidak sampai disitu, fungsi grader bisa membuat permukaan miring untuk jalan, membuat parit dan lainnya. Grader model terkni disertai teknologi kendali untuk perataan presisi dan kontruksi tanpa pancang.

Komponen dalam Motor Grader

apa itu grader

1. Blade Lift Cylinder

2. Cab

3. Drawbar Lift Cylinder

4. Riper

5. Rear Wheel

6. Blade

7. Articulate Cylinder

8. Head Lamp

9. Front Wheel

Perlengkapan yang Kerap Digunakan Motor Grader

perlengkapan grader

1. Front Blade

Merupakan benda yang sangat dibutuhkan saat melakukan pekerjaan penaburan atau spreading.

2. Front Pull Hook

akan dipasang dibagian depan grader dengan fungsinya untuk menari material. Ada dua tipe dari front pull hook ini yakni Ushape Bracket Walded on Front Axle dan Weight With Nails. Jika perlengkapan dipasang pada grader maka hook blade pun akan dilepaskan.

3. Push Plate

komponen yang satu ini berfungsi sebagai penumbang pohon, selain itu alat ini dapat digunakan untuk mendorong material yang terjebak dalam lumpur sehingga membutuhkan energi yang lebih besar, yakni sesuai dengan namanya Push Plate. Apa itu grader. Saat berfungsi sebagai pemberat, push plate akan melakukan pekerjaan secara ripping untuk menghindari roda depan tidak terangkat.

4. Scarifier

Alat yang satu ini berfungsi untuk menggali material keras layaknya aspal maupun lapisan es ataupun material apapun yang sulit untuk melakukan penggalian dengan menggunakan blade nya. Jumlah gigi pada scarifier ini tergantung dari kekerasan material itu sendiri yang hendak digali oleh scarifier.

5. Extension

Blade yang menggunakan ektension mmampu diperpanjang pada berbagai sisi blade bisa di satu sisi ataupun di sisi lainnya. Pekerjaan menggunakan extension akan lebih efisien namun extension digunakan saat melakukan pekerjaan yang sifatnya ringan saja. Apa  Itu Grader.

6. Hydraulic Blade Tip Control

Sudut potong dari blade mampu diatur menjadi hidrolik melalui kabin operator ketika grader menggunakan Hydaulic Blade Tip Control. Apa Itu Grader.

7. Rear Mounted Riper

Ripper yang satu ini berfungsi untuk menggali naterial yang keras yakni batu atau mineral lainnya yang tidak dapat dikerjakan oleh alat scarifier. Rear Mounted Ripper memiliki daya yang lebih kuat untuk menghancurkan material yang sulit untuk di rapuhkan. Apa Itu Grader.

 

By |2019-07-14T09:50:01+00:00July 14th, 2019|Uncategorized|