Mengetahui Pengertian Mobil Molen dan Cara Kerjanya

Ulasan kali ini akan membahas menganai ‘Apa Itu Mobil Molen?’ pertanyaan ini sering kali dilontarkan bagi sebagian orang yang tidak mengerti alat-alat berat kontruksi. Sebetulnya kita sudah tidak asing lagi dengan mobil molen. Pasalnya mobil molen sering kita temui di jalanan untuk menuju tempat pembangunan. Lantas apa sebenarnya fungsi dari mobil molen, dan ‘Apa Itu Mobil Molen?’ Bagaimana cara bekerjanya? Simak ulasan dibawah ini!

Mobil moleen atau Truk Molen atau dalam bahasa inggris disebut Trux Mixer merupakan alat penting untuk menunjang sebuah pembangunan berskala besar. Berfungsi sebagai truk untuk mengaduk beton.

Pengaduk Beton sendiri merupakan mesin semi mobile ataupun full mobile dengan mesinnya yang statis. Berbentuk seperti molen besar ketika digunakan akan memutar secara perlahan hingga beton tercampur dengan rata.

Bagaimana Cara Kerja Mobil Molen

apa itu mobil molen

Bagi anda yang pensaran bagaimana truk ini beroperasi, pekerja perlu mengangkut material kering kedalam truk molen dan diisi dengan air untuk melakukan proses pencampuran dari keduah bahan tersebut.

Sementara itu, untuk mempertahankan stabilitas dari kekentalan beton cor sendiri harus melalui proses agitasi, yakni pemutaran drum yang seperti molen ini.

Setelah mengetahui apa itu truk molen, kini pembahasan mengenai apa saja yang terdapat dalam truk molen. Dibagian dalam drum yang berbentuk molen ini terdapat pisau berbentuk spiral yang akan bekerja secara satu arah putaran. Pisau spiral ini cukup besar dan terbilang cukup kuat, ini berfungsi sebagai pengaduk beton cor. Pengaduk ini akan terus beroperasi selama waktu transportasi menuju ke lokasi pengecoran.

Apa Saja Jenis Dari Truk Molen?

jenis mobil molen

Apakah pertanyaan mengenai apa itu truk molen sdah terjawab? Jika sudah, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis dari truk molen sebagai berikut:

1. Truk Mixer Standar

Trux Mixer Standar atau Readymix Concrete berfokus unuk mengangkut beton cor dari Batching Plant atau Pabrik Beton menuju lokasi pengecoran. Daya angkut dari Truk Mixer dalam sekali jalan sebesar 7m3. Namun, kekurangan dari Truk Mixer Standar tidak dapat melalui jalanan yang sempit.

Fungsi khusus dari truk mixer concret ini untuk mengubah batun dan juga mineral alam sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan truk ini seperti semen, batuan bergradasi, aspal dan beton.

Alat yang bisa mmpur material yang disebutkan diatas masuk kedalam kategori alat pemroses seperti conceret batch plant mauencapun asphalt mixing plant.

2. Truk Mixer Mini

Beralih dari Apa Itu Truk Molen, kini bahasan selanjutanya dari salah satu jenis truk molen yang kedua, yakni Truk Mixer Mini. Memiliki volume muat yang lebih kecil dari Truk Mixer Standar, sesuai dengan namanya, muatan cor beton untuk satu kali jalan yakni sebesar 3M3. Namun sifat dari truk mini ini lebih fleksibel dan mampu menempuh semua medan jalanan, entah itu menanjank atau jalanan yang sempit.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Truk Mixer Mini karena kecepatan pemutaran mencapai kecepatan 8-12 putaran pemenit. Gunanya agar beton cor tidak mengeras dan homogen tetap.

Kini pertanyaan mengenai Apa Itu Truk Molen dapat terjawab secara lengkap, mulai dai pengertian, cara bekerja hingga jenis-jenis dari Truk Molen itu sendiri. Bagaimana sudah dapat memecah rasa penasaran anda?

By |2019-07-14T10:10:04+00:00July 14th, 2019|Uncategorized|