Proyek Pembangunan Sipil Kering dalam Konstruksi

Dalam dunia konstruksi, kita mengenal dua jenis pekerjaan sipil yakni pekerjaan sipil basah dan pekerjaan sipil kering. Pekerjaan sipil basah itu sendiri adalah pekerjaan  yang dilakukan untuk proyek yang berhubungan dengan air dan tanah. Lalu, apa itu sipil kering itu sendiri? Sebagai orang yang bergelut di bidang konstruksi usdah sepatutnya Anda mengenal pengertian dari pembangunan sipil kering dan apa saja proyek yang dikerjakan di dalamnya.

Mengenali Apa Itu Sipil Kering

pengertian sipil kering

Para pekerja di bidang konstruksi mesti mengetetahui apa itu sipil kering dan juga pembangunan dan proyek kerja seperti apa yang di lakukan.

Jika diartikan secara umum, pembangunan sipil kering itu sendiri merupakan pekerjaan sebuah proyek bangunan yang dikaitkan dengan pekerjaannya berinteraksi dengan berbabagi macam bangunan dengan tempat-tempat kering. Misalnya membangun gedung, rumah, dan sebagainya.

Baik perencanaan maupun pelaksanaan proyek pembangunan serta pekerjaan bangunan sipil kering pada gedung atau rumah tinggal. Selain itu, Anda pun dapat  mengidentifikasikan dari mulai bagian atas bangunan, misalnya dengan mengetahui hal penting dalam membangun atap, dan lain sebagainya.

Bangunan-Bangunan Sipil Kering

pekerjaan sipil kering

Setelah mengetahui apa itu sipil kering, Anda pun harus tahu bahwa terdapat beberapa macam bangunan yang dilakukan dalam proyek pembangunan sipil kering itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa bangunan yang dibuat dalam proyek sipil yang satu itu:

1. Rumah

Rumah merrupakan salah satu bentuk proyek sipil kering. Bangunan yang satu ini adalah sebuah tempat tinggal di mana penghuninya akan mendapat perlindungan. Selain itu rumah juga merupakan sesuatu yang dijadikan tempat beristirahat bagi penghuninya.

2. Gedung

Gedung adalah salah satu bangunan yang sering digunakan sebagai sarana yang berupa infrastruktur dalam kehidupan masyarakat yang menempatinya.

3. Pabrik

Pabrik adalah sebauah bangunan yang menjadi salah satu pusat produksi industri besar. Para pekerja pabrik mengolah benda atau mengawasi pemrosesan mesin untuk membuat produk sehingga mendapatkan nilai tambah.

  4. Jalan Raya

Jalan raya adalah suatu infrastruktur  yang merupakan jalan utama untuk menghubungkan satu kawasan dengan kawasan lainnya. Jalan raya masuk ke dalam pembangunan sipil kering.

5. Bandara

Bandar merupakan salah satu bangunan kontruksi yang digunakan untuk pesawat terbang lepas landas. Bangunan ini sangat penting, terutama untuk pembangunan konstruksi di tiap negara.

Sementara itu, elemen yang mesti diperhatikan dalam pengerjaan bangunan sipil kering, di antaranya adalah:

  • Atap dan rangka atap
  • Ring balok dan kolom
  • Dinding
  • Sloof
  • Pintu, jendela dan kunci-kunci
  • Plafon
  • Lantai

Perencanaan Sipil Kering

perencanaan sipil kering

Dalam pengadaan proyek konstruksi, hal yang perlu diperhatikan salah satunya adanya perencanaan. Begitu pula dengan bangunan sipil kering. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyangkut dengan perencanaan proyek tersebut, di antaranya:

  • Perencanaan teknis;
  • Perencanaan ekonomis
  • Perencanaan fungsional
  • Perencanaan estetika
  • Perencanaan standar

Dari hal-hal tersebut, Anda pun dapat menyimpulkan bahwa dalam pekerjaan sipil kering ini, Anda pun memang mesti memerhatikan dari mulai perencanan sampai pelaksanan sehingga terwujudnya bangunan, dapat kita identifikasi pada bagian atas sampai lantai bangunan.

Tidak hanya itu, Anda pun harus tahu bahwa seluruh pekerjaan bangunan sipil kering tersebut berbeda dengan proyek sipil basah. Di mana dalam perencanaan perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunannya pun tidak berhubungan langsung dengan tanah atau air. Oleh karena itu, dalam perencanaan dan pelaksanaan bangunan sipil kering juga tidak memperhitungkan gaya dukung tanah serta sifat mekanik air.

 

 

By |2019-08-31T06:01:09+00:00August 31st, 2019|konstruksi|