Pengertian Stum dan Jenis-Jenisnya

Apakah anda tahu apa itu stum? Orang Indonesia memang menyebut alat berat yang satu ini dengan sebutan stum, namun tahukah anda bahwa alat berat yang kerap kita temui dijalan ini bernama vibro roller.

Jika anda melakukan pencarian mengenai apa itu stum di mesin pencarian Google, anda akan mendapatkan hasil nol. Karena stum sendiri merupakan sebutan yang dibuat oleh sebagian orang di Indonesia.

Lalu Apa Pengertian Stum dan Bagaimana Fungsinya?

Apa itu stum

Merupakan  tahukah anda bahwa orang lapangan menyebut stum dengan sebutan alat berat yang berfungsi untuk memadatkan jalan, vibro, bomax dan mesin gilas. Bentuk dari stum ini jelas berbeda-beda tergantung kebutuhan lapangan. Tentunya fungsi dari stum ini berbeda-beda sesuai bentuknya.

Umumnya untuk memadatkan tanah harus menyusun butiran tanah untuk lebih rapat dan menjadi lebih parat. Faktor yang mempengaruhi dari porses pemadatan tanah sendiri yakni adanya gradasi material yang hendak dipadatkan, usaha untuk pemadatan dan kadari air dari material yang akan dipadatkan.

Selain itu pemadatan struktur tanah pun dapat dilakukan melalui getaran yang langsung ditujukan pada partikel partikel kering juga seragam. Jika material banyak mengandung air maka yang di lakukan apa itu stum dengan menekan bagian atas material hingga padat. Material akan padat jika terus dilakukan tekanan secara utuh dan berat yang tetap.

Apa Itu Stum, Ini Jenis-Jenis Stum

jenis jenis stum

1. Tree Wheel Roller

Roller atau stum yang pertama adalah Tree Wheel Roller, sesuai dengan namanya, alat penggilas ini memiliki tiga roda, dua dibagian depan dan satu dibagian belakang. Terbilang alat berat penggilas paling tua, hingga kini peran Tree Wheel Roller masih dipergunakan.

Tree Wheel Roller sendiri kerap digunakan untuk kontruksi pembuatan jalan atau kontruksi yang menggunakan material berbutir kasar. Berat dari Tree Wheel Roller sendiri mencapai 6-12 ton. Apa itu stum. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemadatan menggunakan Tree Wheel Roller, anda dapat menambahkan zat cair atau minyak yang diisi pada roda silindernya.

Selain menggunakan zait cair, pasir dapat menjadi alternatif untuk diisikan ke roda silindernya, maka akan menambhakna berat sekitar 15% hingga 35%.

2. Vibration Roller

Seperti namanya, roller yang satu ini menggunakan sifat getaran untuk memdatkan material. Biasanya vibration roller diunakan pada kerikil berpasir ataupun tanah pasir. Selanjutnya butiran tanah akan mengisi bagian bagian material tanah yang kosong.

 3. Tandem Roller

Tandem Roller biasanya digunakan untuk finishing dari pemadatan. Seperti menggilas aspal agar menjadi rata. Ada dua jenis tandem roller yakni tanderm roller tree axle, dan two axle. Tree tandem roller biasanya diperuntukan untuk pekerjaan berat seperti pondasi jalan atau landasan pesawat.

Selain itu tree axle akan menyempurnakan pemadatan yang dilakukan oleh axle tandem. Masing masing roda dari kedua macam alat ini memberikan lintasan roda yang sama. Sementara itu berat dari tandem roller dapat mencapai 8 hing 14 ton. Berat akan bertambah jika diberi beban pemadat pada tandem roller.

4. Phenumati Roller

Kerap disebut sebagai Universal Compactor dan memiliki penggilasan atau roda yang terbuat dari ban karet yang dipompa. Fungsi lain dari roda ini yakni dapat memberikan tumbukan serta getaran yang kuat. Jumlah roda gilasnya sendiri selalu gasal contohnya 9, 4 untuk roda drpan dan 5 untuk roda belakang. Phenumati Roller memiliki berat mencapai 80 ton.

By |2019-07-14T09:31:31+00:00July 14th, 2019|Blog|