Cita-cita jadi arsitek? Kamu harus tau ini sebelum jadi arsitek

Pekerjaan menjadi seorang arsitek merupakan salah satu pekerjaan yang di impikan oleh berbagai orang yang menyukai bentuk dan estetika dari suatu bangunan, banyak dari mereka bermimpi untuk menjadi arsitek karena mereka termotivasi untuk membangun suatu bangunan gedung / rumah dengan ide dan kreatifitas dari mereka seorang arsitek. Lalu apa itu arsitek dan seperti apa pekerjaan seorang arsitek dan ruang lingkupnya ?

Pengertian Arsitek dan Ruang Lingkupnya

Arsitek dan Ruang Lingkupnya

Secara umum Arsitektur menurut kamus Oxford adalah art and science of building; design or style of building(s) atau seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Definisi ini dapat lebih luas lagi, arsitektur melingkupi segala proses analisa dan perencanaan segala kebutuhan fisik bangunan.

Namun dalam artikel ini kami membatasi pada pengorganisasian perancangan bangunan, mulai dari level makro yakni perencanaan kota, arsitektur lansekap, perancangan perkotaan, sampai ke level mikro yaitu rancang interior / eksterior, rancang asesoris dan pernik-pernik produk pelengkap. Kali ini akan dapat mengetahui secara rinci mengenai liquidate himcolin gel price in india study http://sueandersen.org/61999-misoprostol-cost.html Pengertian Arsitek dan Ruang Lingkupnya, baca terus sampai selesai yahh..

Kriteria dan Batasan dalam Bidang Arsitek

Arsitek dan Ruang Lingkupnya

Seorang ahli mengatakan Architecture is silent language. Menurutnya Arsitektur adalah bahasa yang tidak terucapkan, melainkan dapat dimengerti para pemakainya.

Ada sebuah uku De Architectura yang merupakan karya tulis rujukan paling tua. Buku ini di karang oleh Vitruvius, dalam buku tersebut diungkapkan bahwa bangunan yang baik haruslah mempunyai aspek :

  • Aspek Keindahan / Estetika (Venusitas)
  • Aspek Kekuatan (Firmitas)
  • Aspek Kegunaan / Fungsi (Utilitas)

Arsitektur merupakan penyeimbang dan pengatur antara 3 unsur tersebut, dimana semua aspek mempunyai porsi yang sama sampai tidak boleh ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam pengertian modern, arsitektur tentunya harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Tapi bisa dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup secara menyeluruh, baik unsur estetika maupun psikologis.

Arsitektur merupakan bidang multi-disiplin ilmu, dimana yang termasuk di dalamnya adalah matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, ekonomi,sosial,politik, sejarah, filsafat, dan yang lainnya. Dibutuhkan kemampuan untuk menyerap bermacam disiplin ilmu ini dan mengaplikasikannya dalam suatu sistematika yang integral secara utuh.

Peran Arsitek dalam Pembangunan Suatu Bangungan

Arsitek dan Ruang Lingkupnya

Bangunan merupakan hasil karya manusia yang paling nyata, dan merupakan kebutuhan utama manusia. Seorang arsitek dapat memberikan Anda suatu hasil yang sangat memuaskan, dimana dari keinganan suatu bangunana yang berskala kecil sampai yang berskala besar dapat di lakukan oleh seorang artikek. Secara umum ruang lingkup arsitek adalah pada pembangunan rumah, sekolah, masjid, hotel dan beberapa bangunan lainnya. Seorang arsitek memegang kendali secara penuh mengenai semua yang berhubungan dengan model beserta bagaimana bentuk bangunan tersebut.

Namun kenyataan lain mengatakan bahwa masih banyak bangunan yang dirancang oleh masyarakat sendiri atau mandor-tukang batu di negara-negara berkembang. Dan arsitek sering disisihkan dalam pembangunan, yang di sebabkan oleh masalah biaya dan prosedural. Keahlian seorang arsitek hanya diperlukan dalam pembangunan bangunan berskala besar, atau bangunan yang mempunyai makna ekonomi/ budaya / politis yang sangat penting.

Peranan seorang arsitek, selalu turun-naik mengikuti perkembangan zaman, tidak pernah mendominasi dan juga terlepas dari masyarakat sebagai pribadi bebas. Dapat di pastikan akan ada dialog antara masyarakat dengan arsitek atau antara owner dengan arsitek, dan antara arsitek dengan bidang terkait lainnya.

Kita dapat menilai defend bayer aspirin uk http://blog.pinkprincess.com/22390-female-viagra-price.html Pengertian Arsitek dan Ruang Lingkupnya dalam kehidupan kita dapat di katakan penting, namun juga dapat di katakan tidak penting. Seorang arsitek akan di perlukan oleh mereka yang mempunyai kelas menengah ke atas, untuk kelas menengah ke bawah biasanya tidak memakai jasa seorang arsitek saat membangun suatu rumah. Semoga artikel ini memberikan manfaat, dan terima kasih sudah berkunjung ke blog ini..!!!

Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
By |2018-10-27T01:20:40+00:00October 26th, 2018|News|