Fungsi Beko dan Berbagai Jenisnya

Apa Itu Beko? Ketika mencari kata tersebut anda tidak akan menemukan jawaban pasti mengenai pertanyaan tersebut. Excavator atau Sovel atau Backhoe lebih sering dipanggil Beko bagi sebagian orang. Lantas apakah arti dari kata tersebut?

Beko merupakan sebuah alat berat yang berfungsi untuk memindahkan suatu material, guna mempermudah pekerjaan yang membutuhkan alat berat seperti yang dilakukan dalam sebuah pembangunan atau kontruksi secara umum.

Secara spesifik alat berat ini digunakan untuk menggali pondas, lubang hingga parit. Selain itu beko difungsikan untuk penghancuran gedung saat melakukan pembangunan, juga melakukan perataan terhadap tanah. Alat ini juga sering digunakan untuk memindahkan dan mengangkat material seperti tanah, bebatuan dan lainnya. Tidak hanya itu beko bjuga digunakan untuk mengeruk sungai juga pertambangan.

Mengenal Berbagai Jenis Beko

apa itu beko

Standart Bucket

Starndar Bucket merupakan jenis beko yang paling sering digunakan, pasalnya beko tipe ini memiliki perawakan yang flexible di beberapa kondisi pekerjaan pembangunan.

Trapezold Bucket

Jika standar buket dapat digunakan secara felksibel. Trepezold Bucket digunakan lebih spesifik yakni untuk membangun irigasi atau kanal.

Ripper Bucket

Beko jenis Ripper Bucket ini biasanya digunakan untuk menggali material keras, seperti tanah liat, lapisan bebatuan. Pasalnya Ripper Bucket ini memiliki penetrasi yang cukup dalam saat digunakan untuk medan material berat.

Slope Finishing Bucket

Beko yang satu ini digunakan untuk meratakan permukaan dari tanah. Karena sifat bucket nya yang datar juga lebar yang mampu meratakan serta memadatkan permukaan tanah seperti sisi lereng, jalan, kanal, sisi sungai dan lainnya.

Single Shank Ripper

Sesuai degan namanya, bentuk dari beko ini hanya memiliki satu buket. Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan lahan yang hendak digali terutama lahan yang bersifat bebatuan dan fungsi lainnya untuk mencabut akar-akar dan batang pohon.

Three Shank Ripper

Jika tadi membahas mengenai single shank riper dengan memiliki satu buket saja, berbeda dengan three shank ripper sesuai dengan namanya memiliki tiga buket tajam. Gunanya untuk menggali bebatuann di lereng, mengangkat pondasi dari beton juga menghancurkannya, bisa juga untuk mencabut akar batang pohon.

Ditch Cleaning Bucket

Jenis dari Ditch Cleaning Bucket ini berfungsi sebagai alat pembersih sungai yakni mengeruk lupur yang ada di dasar sungai, karena memiliki banyak lubang pada buket nya yang berfungsi untuk mengeluarkan air yang turut terangkut.

Clamshell Bucket

Clamshell adalah jenis beko yang berhadapan, clamshell bucket ini juga dapat digunakan untuk mengangkut material dalam sekala besar. Sebab alat yang terdaoat di kedua sisi akan bekerja secara mencapit material dengan buketnya yang berukuran besar.

Grapple

Jenis Grapple sendiri berguna sebagai alat untuk mengangkat sebuah kayu.

Scrap Grapple

Jenis dari scrap grapple digunakan untuk memindahkan material dengan bentuk material yang tidak beraturan, pasalnya scrap grapple ini memiliki 4 buah cakar yang akan bekerja seperti mencapit dari berbagai sisi dengan siliner juga hidrolik masing-masing.

Magnet Fork Excavator

Berdasarkan lifting magnet juga fork, jenis magnet fork excavator adalah memberikan performa untuk mengoperasikan potongan-potongan material dan mengkombnasikan kekuatan dair magnet dan fork itu sendiri.

Beko Lifting Magnet

Sesuai dengan namanya yakni Lifting Magnet. Beko jenis ini digunakan untuk mengangkut material yang terbuat dari logam.

By |2019-07-10T14:49:45+00:00July 10th, 2019|Blog|