Perkiraan Pengeluaran Biaya untuk Membangun Kolam Renang

Bagi sebagian orang, memiliki kolam rennag di rumah adalah impian yang harus diwujudkan. Nanun, biasanya Anda yang ingin melakukan pembangunan kolam renang itu sendiri terkendala dari kurangnya pengetahuan mengenai biaya pembuatan kolam renang itu sendiri. Harga untuk membuat kolam renang juga tidaklah murah, namun Anda dapat membangunnya dengan ukuran yang minimalis. Terdapat beberapa jenis kolam renang yang dapat menjadi referensi Anda yang disesuaikan berdasarkan fungsinya.

Pentingnya Memperkirakan Pembiayaan Kolam Renang

pentingnya pembiayaan membangun kolam renangPada dasarnya, harga kolam renang itu sendiri dapat ditentukan oleh ukuran dan juga bahan dasar pembuatannya. Dalam hal ini, Anda dapat mengonsultasikan pada kontraktor kolam renang yang bisa melakukan berbagai perencanaan untuk membangun proyek kolam rennag seperti yang Anda inginkan.

Memperkirakan berapa biaya pembuatan kolam renang itu sendiri sangat penting. Hal tersebut dilakukan supaya biaya yang Anda keluarkan tidak overbudget serta kolam renang pun bisa dibuat sesuai dengan harapan serta waktu yang tepat.

Hal lainnya adalah untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam menentukan seperti apa bentuk dan desain kolam renang yang Anda inginkan. Sebagian besar ada dua model dasar yang dipakai untuk membuat kolam renang yaitu keramik tipe mozaik dan standar yang biasa kita jumpai di kolam renang umum. Biaya untuk pembuatannya pun tentu saja berbeda-beda.

Perkiraan Biaya Pembuatan Kolam Renang

perkiraan biaya pembuatan kolam renang

Dalam memperkirakan biaya pembuatan kolam renang itu sendiri, terdapat beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, di antaranya:

1. Memilih Jenis Keramik

Untuk kolam renang dengan keramik tipe mozaik, biasanya akan dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dengan warna polos. Namun, pada model kolam rennag yang seperti ini pun  biasanya akan tampak lebih berkelas. Kekurangan menggunakan kolam rennag dengan keramik mozaik itu sendiri harganya terkesan lebih mahal dari pembuatan kolam rennag biasa (kolam rennag standar) yang lebih murah yag sering dipakai pada umumnya

2. Memilih Peralatan Kolam yang Akan Digunakan

Dalam membangun proyek pembuatan kolam renang, tentunya terdapat beberpa hal yang mesti diperhatikan. Salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan peralatannya. Tiapa peralatan yang digunakan juga akan sangat memengaruhi berhasilnya pembangunan kolam renang yang Anda inginkan.

Hal ini dapat dilihat dari perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam menentukan peralatan yang akan digunakan untuk kolam renang tersebut. Berikut ini adalah beberapa perkiraan biaya pembuatan kolam renang:

  • Konstruksi keramik dan biaya tukang adalah hal yang sangat penting diperhatikan. Perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk ini adalah sekitar Rp 4.000.000,-
  • Peralatan sirkulasi kolam adalah hal kedua yang mesti diperhatikan selanjutnya. Kemungkinan biaya yang akan dikuarkan untuk melengkapi peralatan sirkulasi pada kolam Anda adalah sekitar Rp 500.000,-
  • Alat penyedot air dari bak penampungan limpahan ke wadah penyaringan merupakan hal lain yang dapat Anda perhatikan. Jumlah biaya perkiraan yang akan dikeuluarkan adalah Rp 300.000,-
  • Alat penyedot endaan atau kotoran juga hal yang diperlukan, biayanya adalah sekitar Rp 200.000,-
  • Pemipaan, selang, dan serokan membutuhkan Rp 200.000,-
  • Untuk pembelian bahan kimia kaporit, soda ash, dan terusi dibutuhkan sekitar Rp 200.000,-
  • Pembuatan sistem penenranga juga hal yang penting dalam membangun kolam renang untuk Anda. Perkiraan biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 200.000,-
  • Sementara untuk pengisian air (sekitar 3 tangki) membutuhkan biaya kurang Rp 500.000,-

Perlu Anda ketahui bahwa di atas sana hanya berupa perkiraan biaya untuk pembuatan kolam rennag sederhana dan minimalis. Barangkali, harga yang akan dikeuarkan bisa lebih dari itu tergantung dengan jenis kolam rennag yang dibuat.

By |2019-09-30T00:31:34+00:00September 30th, 2019|konstruksi|