Langkah Persiapkan Untuk Membangun Usaha Konstruksi

Bisnis konstruksi merupakan usaha yang berkecimpung dalam kegiatan pembangunan sarana dan prasarana seperti pembangunan gedung (building construction), pembangunan prasarana sipil (sipil engineer), dan instalasi elektrikal serta mekanikal. Singkatnya, usaha pada bidang ini sangat dibutuhkkan dalam pembangunan kantor datau bisa juga fasilitas umum. Maka dari itu bisnis pada bidang tersebut memiliki peluang yang sangat tinggi untuk Anda yang memiliki bakat dibidangnya karena sudah dikenal oleh masyarakat luas terutama masyarakat yang hidup di kota-kota besar. Bentuk kegiatan usaha pada bidan ini melingkupi usaha perseorangan  juga badan usaha nasional maupun internasional.

Tentunya, pekerjaan tersebut memiliki risiko yang cukup besar karena melibatkan banyak pihak (badan usaha serta badan hukum) yang bahkan bisa sampai ke kanca luar, juga memerlukan modal dan biaya tidak sedikit. Namun, seperti yang kita tahu bahwa pengembangan infrastruktur yang tak terbatas selalu membutuhkan pekerjaan jasa konstruksi. Untuk Anda yang ingin mendirikan perusahaan pada bidang ini, berikut langkah-langkah yang mesti dilakukan:

Memilih Jenis Jasa Bisnis Konstruksi yang Ingin Didirikan

bisnis konstruksi

Langkah awal untuk memulai usaha konstruksi adalah memili jenis usaha seperti apa yang ingin Anda terapkan, contohnya hanya berupa jasa konsultasi, penyedia pengerjaan jasa kontruksinya secara langsung, ataupun layanan terpadu.

Menglasifikasikan Usaha Konstruksi

bisnis konstruksi

Menglasifikasi usaha konstruksi di sini diartikan untuk dapat membedakan apakah Anda akan fokus dalam konstruksi sipil, konstruksi bangunan, instalasi listrik, atau konstruksi khusus. Dalam arti lain, Anda harus bisa menentukan klasifikasi jenis kontruksi saperti apa yang akan Anda jalankan.

Mencari Kolega atau Partner Lokal

bisnis konstruksi

Terdapat peraturan kepemilikan dalam bisnis ini. Oleh karena itu, usahkan untuk mencari kolega warga lokal untuk mempermudah kepengurusan perusahaan konstrusi yang akan dibangun. Struktur seperti ini dikenal sebagai istilah joint venture. Setidaknya, dibutuhkan dua pemegang saham dalam kepengurusan bisnis konstruksi (salah satunya boleh warga asing). Beberapa persyaratan pendirian perusahaan meliputi: izin bisnis dan principal dari BKPM, akta pendirian oleh notaris, surat domisili, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), beserta TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

Mendaftar Lisensi Bisnis

bisnis konstruksi

Anda harus mengurus pendaftaran lisensi bisnis yang akan dibangun. Apabila Anda memiliki SBU juga sertifikat lainnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkanlisensi bisnis atau Izin Usaha Jasa Konstruksi  (IUJK). Pada umumnya, di Indonesia membutuhkan waktu kurang lebih 4 bulan untu mendapatkan lisensi tersebut.

Mendapatkan Kartu Tanda Anggota Asosiasi Konstruksi (KTA)

bisnis konstruksi

Memiliki KTA merupakan hal yang wajib bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis konstruksi. Berikut adalah beberpaa keanggotaannya: Gabungan perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksi), Gabungan Perusahaan Nasional Rancang Bangun Indonesia (Gapenri), dan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkondo).

Memiliki Sertifikasi Sesuai Kebutuhan Bisnis Konstruksi

bisnis konstruksi

Kepemilikan SBU (Sertifikat Badan Usaha) adalah hal yang utama bagi seseorang yang akan memulai bisnis. SBU khusus untuk bisnis tersebut bisa didapatkan dari LPJKN (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi). Namun, apabila Anda termasuk pekerja profesional di bidang terkait seperti insinyur atau arsitek, Anda memerlukan SKA (Sertifikat Keahlian) sebelum mendapatkan SBU.

Melakukan bisnis konstruksi pada dasarnya memberikan layanan jasa perencanaan dan pekerjaan konstruksi yang meliputi: pelaksanaan kegiatan survei, perencanaan umum dalam pembangunan, studi kelayakan proyek, serta perencanaan operasi dan pemeliharaan. Selain itu, dalam bisnis jasa konstruksi, kegiatan lain seperti pekerjaan arsitektural, sipil, elektrikal, dan tata lingkungan masuk ke dalamnya


Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
info@adhyaksapersada.co.id
By |2019-02-22T05:26:55+00:00February 22nd, 2019|Blog|