Kegunaan dan Pengertian Conveyor System

Conveyor system bisa dikatakan sebagai bagian dari peralatan mekanis yang mengangkut material dari satu tempat ke tempat lain. Sistem ini berguna ketika ada barang yang perlu diangkut dan dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Keberadaannya membuat proses lebih mudah, lebih cepat dan lebih nyaman.

Keuntungan Memakai Conveyor System

conveyor system

Dalam berbagai industri, konveyor sangat penting. Sistem ini dirancang untuk menahan beban kerja yang berat dan kondisi cuaca ekstrim. Kemampuannya bisa menyesuaikan sudut tertentu untuk membantu pemindahan material. Selain itu, pemakaian sistem ini memberikan lebih banyak keuntungan.

Salah satu yang penting ialah mampu menghemat pemakaian tenaga kerja. Karena jika bukan karena konveyor, bahan-bahan Industri harus dipindahkan secara manual. Cara ini tentunya akan butuh waktu lebih lama serta perekrutan tenaga kerja yang besar. Sebagai solusi, konveyor komersial telah digunakan di berbagai industri seperti makanan, farmasi, manufaktur, dan transportasi.

Mengenal Berbagai Jenis Konveyor

Setelah tahu pengertian konveyor, maka kita harus tahu jenisnya. Konveyor saat ini tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Variabel-variabel ini berubah tergantung pada jenis industri di mana sistem tersebut digunakan. Beberapa tipe umum konveyor dalam industri saat ini meliputi :

  • Chain Belt Conveyors => Sistem ini dirancang untuk membawa produk dengan volume yang tinggi. Dalam banyak kasus, konveyor ini dipakai untuk mengangkut bahan limbah.
  • Steel Belt Conveyors => Konveyor ini dapat membawa berat yang sangat besar setiap jamnya. Dengan tonase ini, maka sistem tersebut digunakan dalam aplikasi pengumpan seperti compactor dan saluran limbah campuran.
  • Slider Bed Conveyors => Konveyor ini memiliki kapasitas mulai dari 1 ton hingga 15 ton. Kecepatannya bervariasi yang memungkinkan untuk operasi yang lambat hingga cepat.

Masih ada lebih banyak jenis konveyor dalam industri saat ini. Perkembangan teknologi turut mempengaruhi jenis, kapasitas dan cara kerja yang semakin mudah dan semakin praktis.

Manfaat Konveyor Dalam Industri

conveyor system

Seperti disebutkan di atas, konveyor adalah alat mekanis yang sangat penting dalam berbagai industri. Salah satu keuntungannya ialah bisa menghemat pemakaian tenaga manusia. Namun selain keuntungan tersebut sistem ini memberikan lebih banyak manfaat, seperti :

  • Bisa memindahkan barang dengan kemiringan tertentu => Bukan hanya mengirim dan menyalurkan barang secara horizontal. Konveyor dirancang dengan kemiringan tertentu dan memungkinkan material, baik besar maupun kecil dapat dipindahkan dari ketinggian tertentu dengan mudah.
  • Bisa bekerja secara terus menerus => Konveyor menawarkan peluang kerja tanpa batas. Utamanya ialah dalam memuat dan menurunkan barang secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama.
  • Kecepatan bisa dikontrol => Konveyor memungkinkan kontrol yang mudah. Khususnya ialah dalam mengatur kecepatan perpindahan material.
  • Konveyor dapat bergerak ke dua arah => Manfaat Ini sangat berguna ketika bahan perlu dipindahkan di antara ujung ke ujung yang berlawanan.

Di Mana Sistem Konveyor Digunakan?

conveyor system

Konveyor digunakan di hampir setiap industri di mana bahan perlu dipindahkan. Dalam hal ini termasuk pabrik pembotolan, pusat daur ulang, pabrik pembuatan plastik dan sebagainya. Sistem ini dapat digunakan di setiap industri yang memiliki beberapa proses yang butuh pergerakan barang dan bahan secara berkala.

Dengan sistem ini, kita dapat mengotomatiskan banyak tugas manusia, khususnya dalam memindahkan, memuat dan menurunkan bahan. Jika perusahaan atau pabrik memiliki kegiatan kerja ini, maka conveyor system merupakan sesuatu yang harus diinvestasikan


Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
By |2018-12-27T02:17:23+00:00December 27th, 2018|Blog, News|