Desain Rumah Beserta Fungsinya bagi Bangunan

Untuk membangun sebuah tempat tinggal, salah satu hal yang paling penting adalah denah rumah. Mengapa? Karena desain  rumah dapat menentukan bagaimana bentuk sebuah bangunan rumah serta seperti apa konsep interior-nya.

Sebelumnya, Anda mesti memahami apa itu denah. Secara umum, denah  dapat diartikan sebagai sebuah peta yang memiliki ukuran yang kecil untuk menunjukkan dan menggambarkan detail lokasi dari suatu bangunan. Pada umumnya, denah dapat dilihat atau memunjukan penampakan sebuah bangunan dari atas.

Fungsi Denah Rumah

fungsi desain rumah

Denah rumah dibuat untuk memberi kemudahan bagi penggunanya untuk melacak lokasi pembangunan sebuah rumah, misalnya letak tempat tidur (kamar), dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan sebagainya. Selain itu, denah rumah juga dibuat untuk fungsi tertentu, di antaranya:

1. Mengetahui Susunan Ruang

Denah rumah memiliki fungsi susunan ruang. Apa yang dimaksud dengan fungsi susunan ruang? Fungsi tersebut ditujukan untuk memperlihatkan susunan atau tata ruangan yang ada di dalam bangunan rumah. Dengan melihat denah atau desainnya, pengguna dapat dengan mudah mengetahui letak susunan ruangan yang ada di dalam suatu bangunan.

2. Mengetahui Sirkulasi Ruang

Fungsi dari denah atau desai rumah selanjutnya adalah fungsi sirkulasi ruang. Hal ini berhubungan dengan arus keluar masuk pada sebuah ruangan. Dengan menunjukan sirkulasi ruang, pengguna denah akan sangat mudah mengetahui jalan-jalan yang terhubung antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui jalan yang paling cepat menuju ruangan tertentu.

3. Mengetahui Ruangan

Untuk fungsi ruang sendiri, denah rumah bertujuan untuk menunjukkan posisi setiap ruangan yang ada di dalam bangunan rumah. Dengan menggunakan denah, seseorang dapat dengan mudah mengetahui di mana letak ruangan-ruangan tertentu.

4. Mengetahui Isi Ruangan

Denah atau desain rumah juga memiliki fungsi sebagai petunjuk mengenai isi ruangan yang ada pada sebuah bangunan rumah. Selain itu, hal tersebut juga berhubungan dengan komponen apa saja yang ada dalam tiap ruangan pada bangunan.

5. Mengetahui Dimensi Ruangan

Fungsi dimensi ruang pada denah atau desain rumah dapat berguna sebagai penunjuk dimensi ukuran setiap ruangan yang dibuat di dalam rumah. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna denah akan lebih mudah mengetahui ukuran setiap ruangan yang ada dalam sebuah bangunan dengan rinci.

6. Mengetahui Letak Pintu Tiap Rumah

Fungsi selanjutnya dari adanya desain adalah  untuk mengetahui letak pintu dan bukaan. Selain untuk menunjukan letak pintu dan bukaan, keberadaan denah rumah berguna untuk mengetahui berbagai ventilasi lainnya yang dibangun. Ini akan sangat berguna ketika terjadi berbagai bencana seperti kebakaran di dalam sebuah gedung. Dengan memanfaatkan fungsi ini, pengguna akan lebih mudah dalam mencari celah atau pintu atau juga ventilasi dalam upaya penyelamatan diri.

Ketika Anda mencoba untuk membaca desain pada sebuah bangunan atau rumah, hal yang paling utama yang mesti diperhatikan adalah patokan arah mata angin. Pada umumnya, tiap denah menunjukkan arah mata angin utara. Biasanya juga, dalam sebuah denah akan ada keterangan (legenda) simbol-simbol penunjuk sesuatu yang berada pada sebuah bangunan yang akan memberi penjelasan mengenai ruangan dalam sebuah bangunan.

Pembuatan desain untuk membangun sebuah bangunna sangatlah penting.  Hal tersebut juga memperlihatkan bentuk bangunan rumahnya seperti apa dan bagaimana. Selain itu, denah rumah juga akan memberikan kemudahan bagi pekerja dalam melakukan pekerjaannya untuk menyelesaikan sebuah bangunan berdasarkan denah yang telah dibuat.

By |2019-05-07T07:37:31+00:00May 7th, 2019|Blog|