Mengetahui Pengertian dan Cabang Ilmu Geoteknik

Beberapa waktu terakhir, pembangunan di dunia global semakin meningkat. Namun, kebanyakan orang hanya memperhatikan nilai estetikanya saja, tanpa memperhatikan seberapa lama ketahanan suatu infrastruktur tersebut jika dikenakan beban, terjadi goncangan, dan terpengaruh cuaca. Dalam dunia teknik sipil sendiri ilmu geoteknik merupakan hal pokok yang sangat krusial dalam pembangunan suatu infrastruktur.

Tanpa ilmu ini, dapat dipastikan bahwa suatu infrastruktur tidak dapat berdiri dengan kokoh. Karena geoteknik merupakan cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari ilmu tanah dimana didalam ilmu ini akan dipelajari kemampuan tanah menahan beban yang ada diatasnya. Sehingga pembangunan infrastruktur dapat direncanakan sebaik mungkin agar dapat berdiri kokoh sesuai umur rencana.

Pada dasarnya, geoteknik adalah suatu alat dalam perencanaan atau design sebuah bangunan. Data geoteknik sendiri harus digunakan secara benar dan sangat teliti dengan asumsi serta batasan yang sudah ada. Ilmu ini juga dipergunakan untuk dapat mencapai hasil yang kita inginkan (Wijaya, 2012). Seseorang yang ahli dalam ilmu geoteknik biasa disebut Engineer Geotek. Pekerjaan penting yang harus dilakukan oleh seorang engineer geotek yaitu memberikan panduan-panduan mengenai potensi geoteknik yang akan terjadi bila dilakukan secara asal-asalan kepada pihak terkait.

tabulate prasugrel cost doxt sl price publish Cabang Ilmu Geoteknik

ilmu geoteknik

  1. collate lady era tablet price in pakistan аnalyze medrol price Mekanika Tanah

Mekanika tanah adalah bagian dari geoteknik yang merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik sipil. Ini adalah cabang dari ilmu teknik dimana mekanika tanah khusus mempelajari tentang perilaku tanah serta sifat yang diakibatkan oleh tegangan dan regangan yang disebabkan oleh gaya – gaya yang bekerja pada tanah itu sendiri. Ini berkaitan dengan struktur tanah serta bahan yang terdapat pada tanah tersebut. Karena pada dasarnya tanah berasal dari bebatuan yang lapuk (badrudin, 2013).

Ilmu ini sangat berhubungan erat dengan pekerjaan teknik, seperti halnya pekerjaan perkerasan jalan raya, perencanaan pembuatan pondasi, perencanaan pembangunan bawah tanah (gorong – gorong, terowongan, dan lain-lain), sampai pada perencanaan pembangunan penahan longsor. Hal-hal yang menjadi pokok perhatian dalam ilmu mekanika tanah adalah kadar air, angka pori, porositas, serta derajat kejenuhan. Karakteristik tanah juga merupakan poin terpenting dalam mekanika tanah

  1. http://www.setfreecenter.org/77009-buspirone-canada.html аllocate http://cafunecuts.com/83750-lady-era-tablet-uk.html Mekanika Batuan

Mekanika batuan adalah ilmu teoretis dan ilmu terapan dari perilaku mekanik batuan dan massa batuan. Dalam geologi, mekanika batuan adalah cabang mekanika yang mengkaji tentang respons batuan dan massa batuan terhadap medan gaya dari lingkungan mereka.

  1. quote prasugrel cost discuss http://dubaipublicholidays.com/68331-abilify-price.html Teknik Fondasi

Teknik fondasi atau rekayasa pondasi merupakan sebuah cabang dari ilmu geoteknik yang membahas tentang pondasi baik struktur, bentuk dan lainnya. Sebuah bangunan tidak dapat begitu saja didirikan langsung di atas permukaan tanah, oleh karena itu diperlukan pondasi. Pondasi merupakan suatu bagian dari kontruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya diferential pada system strukturnya

  1. аpply http://extremexc.com/66602-evista-cost.html depreciate buy zithromax Struktur Bawah Tanah dan Batuan

Mengetahui struktur bawah tanah adalah hal yang perlu dan biasanya digunakan untuk membuat bendungan, terowongan, dan underground space.

By |2019-06-17T07:05:43+00:00June 17th, 2019|Blog|