5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Membangun Atap

Atap merupakan bagian penting dari pembangunan, maka dari itu para arsitek harus paham beberapa hal penting dalam membangun atap baik itu gedung atau pun rumah. Selain itu, hal tersebut merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam menentukan ciri dan bentuk bangunan. Karena, tiap jenis bangunan memiliki bentuk atap yang berbeda-beda.

Tidak hanya itu, bentuk atap yang berbeda-beda juga bisa menunjukan karakteristik tiap rumah. Misalkan, rumah tradisional, rumah modern, dan yang lainnya. Oleh sebab itu, atap adalah elemen yang penting dan mesti diperhatikan.

Jenis Atap pada Bangunan

jenis atap

Terdapat beberapa jenis atap yang dgunakan dalam membangun sebuah gedung atau rumah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Atap Tradisional => Atap tradisional merupakan jenis atap yang mencirikan adanya kebudayaan. Khusus di Indonesia sendiri pada bangunan tradisional  yang kebanyakan ada di zona tropis, atap dibuat dengan kemiringan yang cukup untuk mengalirkan hujan. Dapat dikatakan hampir semua bangunan tradisional tersebut menggunakan atap miring.
  • Atap Datar => Jenis atap ini biasa digunakan dalam pembangunan rumah-rumah modern. Kini pembangunan atap dengan bentuk datar mulai banyak dipakai bahkan atap datar itu pada bagian atasnya dapat dipergunakan lagi.
  • Atap Kontekstual => Atap kontekstual umumnya sering digunakan bagi bangunan-bangunan dengan bentang yang besar.

Hal Penting dalam Membangun Atap pada Bangunan

hal penting membuat atap

Atap merupakan salah satu elemen yang paling penting dari sebuah bangunan. Lalu sebetulnya hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatannya?

1. Membuat Atap Sesuai dengan Keinginan

Pada dasarnya, ternyata bentuk yang dimiliki sebuah atap akan sangat berpengaruh pada citra serta estetika sebuah bangunan. Perancangan jenis atap yang seusuai dengan apa yang diinginkan sangatlah penting. Selain itu, perancangan ata pun ternyata berpengaruh pada perhitungan biaya bahan dan pemasangan.

2. Membuat Rancangan Atap yang Jelas

Hal penting dalam membangun atap selanjutnya adalah dengan menentukan rancangan yang jelas.  Rancangan tersebut dapat menentukan bentuk kuda-kuda jarak dan kebutuhan kuda-kuda dalam pemasangan rangka atap baja ringan.

Apabila Anda sudah memiliki rancangan yang jelas bagi atap yang akan dibangun, maka akan mudah untuk memperhitungkan estimasi dana yang harus dikeluarkan dalam proses pemasangannya.

Misalnya pada saat Anda menggunakan rangka atap dari kayu, maka Anda pun dapat mengukur dan menghitungnya, kemudian menempelkanya pada rangka atap. Akan tetapi, ketika menggunakan rangka atap dari baja ringan maka dibutuhkan perhitungan khusus. Hla ini dikarenakan supaya perhitungannya  tepat dan pas untuk pembuatan rangka rumah. Apabila terjadi kesalahan perhitungan maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik.

3. Memastikan Penggunaan Bahan Berkualitas

Pemilihan bahan juga merupakan salah satu  faktor penting dalam pemasangan rangka atap. Bahan yang kita pilih juga akan sangat berpengaruh dalam penentuan  jenis atap yang akan Anda bangun. Sehingga, rangka dapat menopang atap dengan baik.

Pemilihan atap dari bahan SNI sangat direkomendasikan bagi Anda. Hal ini dikarenakan pemilihan bahan berkualitas juga harus melihat faktor penjualnya.

5. Mengetahui Materi Penutup Atap Bangunan

Hal penting dalam membangun atap yang terakhir dalah dengan mempertimbangkan materi penutup yang akan digunakan. Hal ini harus  diperhatikan karena juga dapat berpengaruh pada jenis rangka baja yang akan Anda pakai, terutama pada atap bangunan. Usahakan supaya Anda jangan memilih atap yang tidak sesuai dengan rangka yang kita gunakan.

Atap merupakan elemen yang terpenting dalam membangun suatu proyek konstruksi. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya.

By |2019-08-30T05:26:52+00:00August 30th, 2019|konstruksi|