Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membeli Rumah

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah agar tidak salah pilih. Dengan demikian, anda juga akan merasa betah dan nyaman dengan rumah yang telah dibeli. Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut?

Untuk masalah yang satu ini, berikut ini ada ulasan mengenai tips membeli rumah yang bisa Anda coba :

1. Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan dengan Budget

Setiap orang tentunya memiliki kemampuan finansialnya masing-masing. Dengan demikian, pembelian rumah sebaiknya dilakukan sesuai dengan ketersediaan budget yang ada. Semakin besar budget yang disediakan, anda juga bisa membeli rumah dengan ukuran yang lebih besar dan tentunya lebih mewah.

Selain itu, pastikan juga cara pembelian rumah yang akan dipilih. Apakah akan dilakukan secara tunai atau dengan melalui kredit. Pembelian secara kredit bisa dipilih jika anda memiliki penghasilan tetap, namun uang belum terkumpul pada saat anda sudah butuh rumah.

Untuk pembelian rumah secara kredit, anda harus menyiapkan dulu uang mukanya. Jika ingin melakukan pembelian secara kredit, pastikan jika anda sudah mampu dan yakin bisa membayar setiap bulannya. Karena jika pembayaran terus menerus menunggak, anda juga akan kena denda atau bahkan sanksi.

2. Pastikan untuk Memilih Rumah Bekas atau Baru

Pastikan untuk Memilih Rumah Bekas atau Baru

Masing-masing dari jenis rumah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk rumah bekas sendiri, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, seperti yang berikut ini :

  • Rumah bekas sudah siap untuk ditinggali
  • Karena sudah digunakan, maka harganya juga akan lebih murah
  • Lingkungannya juga sudah dibentuk
  • Pajaknya juga tidak sebesar rumah baru

Sedangkan kekurangan untuk rumah bekas adalah desain yang terkadang tidak up to date atau modern. Terkadang beberapa bagian rumah juga membutuhkan renovasi, sehingga anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya. Lalu bagaimana dengan rumah baru? Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ditawarkannya :

  • Desain yang lebih modern
  • Biasanya ada jaminan dan tidak membutuhkan renovasi
  • Rumah baru juga terkadang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitan modern

Sedangkan untuk kekurangan dari rumah baru adalah harga yang lebih mahal. Selain itu, proses balik nama yang terkadang memakan waktu yang lama.

3. Menentukan Lokasi Rumah

Menentukan Lokasi Rumah

Anda juga harus menentukan dulu dimana anda dan keluarga akan tinggal. Penentuan lokasi sendiri bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Sebagai contoh adalah mencari lokasi yang dekat dengan keluarga atau orang tua hingga dilihat dari kemudahan aksesnya.

Pertimbangan lain yang sebaiknya anda perhatikan adalah apakah lokasi tersebut rawan kejahatan ataupun sering terjadi banjir. Jika memang lokasi kurang menguntungkan akibat rutin terkena banjir, ada baiknya untuk menghindari jenis rumah tersebut demi kenyamanan kedepannya.

Pastikan juga jika lokasi yang dipilih memiliki lokasi yang strategis. Sebagai contoh, adalah rumah yang dekat dengan fasilitas kesehatan, dekat dengan warung makan, dekat dengan pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

4. Tentukan Tipe Rumah

Tentukan Tipe Rumah

Setiap jenis rumah memiliki ukuran luas yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada rumah dengan tipe 36, 45, 60, atau yang bertipe. Setiap tipe rumah tersebut bisa dibeli dengan budget yang berbeda-beda.

Tidak perlu memaksakan konsep rumah yang diinginkan saat budgetnya pas-pasan. Karena seiring dengan berjalannya waktu, Anda tetap bisa melakukan renovasi dan mengubah konsep rumah jika budget sudah mencukupi.

5. Memilih Developer yang Terpercaya

Memilih Developer yang Terpercaya

Dengan menggunakan jasa developer terpercaya, proses pembelian rumah juga bisa dilakukan secara lebih lancar. Karena pengambang yang terpercaya dan berpengalaman, biasanya memiliki layanan yang lengkap serta memberikan jaminan keamanan selama proses kerja sama.

Developer terpercaya juga bisa diajak dalam hal konsultasi, pembayaran, pemilihan, hingga serah terima secara baik dan mudah. Hal ini juga aka mempermudah bagi pihak pembeli.

6. Cek Material Pembangunan Rumah

Cek Material Pembangunan Rumah

Anda harus melakukan pemeriksaan rumah secara teliti. Hal ini dilakukan supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari. Jangan sampai anda baru menemukan ada bagian rumah yang cacat setelah pelunasan dilakukan.

Untuk melakukan pengecekan, anda bisa melihat dulu mengenai spesifikasi dari material yang digunakan juga tata letak ruangannya. Apakah sesuai dengan yang anda harapkan atau justru sebaliknya.

Jika masih pemula, anda bisa meminta orang kepercayaan untuk membantu melakukan pengecekan seluruh kondisi rumah. Anda juga harus memastikan jika rumah yang akan dibeli memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya.

7. Siapkan Dana untuk Perabotan Rumah

Siapkan Dana untuk Perabotan Rumah

Jika anda membeli rumah baru dalam bentuk kosongan, sebaiknya siapkan juga dana untuk membeli perabotan rumah. Beberapa perabotan yang pokok dan biasa ada dalam setiap rumah adalah perabotan untuk tidur, alat untuk mandi, peralatan memasak, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk pembelian berbagai jenis perabotan yang lain bisa dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini, anda juga bisa membelinya sedikit demi sedikit sesuai dengan ketersediaan uang yang dimiliki.

8. Memastikan Rumah Bebas Hama

Memastikan Rumah Bebas Hama

Adanya hama atau hewan pengganggu seperti halnya tikus dan juga rayap sebaiknya diperhatikan. Jangan sampai anda mengabaikan fakta bahwa rumah tersebut dihuni atau dekat dengan sarang hama hingga menyusahkan nantinya.

Jika memang sudah berminat melakukan pembelian rumah namun terganggu dengan hama yang ada, tidak ada salahnya meminta pemilik rumah melakukan pengendalian hama. Dengan demikian, anda juga keluarga akan merasa lebih nyaman saat tinggal di sana.

9. Memperhatikan Kebutuhan Keluarga

Memperhatikan Kebutuhan Keluarga

Hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah selanjutnya adalah dengan memperhatikan berapa jumlah keluarga yang dimiliki. Tanyakan juga ke diri sendiri perlukah keberadaan garasi mobil yang luas serta perlukah taman untuk berkebun kedepannya.

Dengan menanyakan beberapa hal tersebut, anda juga akan bisa mendapatkan rumah sesuai dengan apa yang anda juga keluarga butuhkan. Jika merasa ragu dengan keputusan sendiri, anda bisa melakukan diskusi dulu dengan anggota keluarga yang lain.

10. Desain Rumah

Desain Rumah

Pastikan untuk membeli rumah dengan desain yang anda atau keluarga inginkan. Apakah ingin memiliki rumah dengan desain yang minimalis atau jenis rumah berdesain modern dan mewah. Tidak perlu khawatir karena meski pembelian rumah sudah dilakukan, anda tetap bisa mengubah desainnya di masa depan.

Beberapa hal di atas adalah hal yang harus diperhatikan saat membeli rumah terutama bagi anda yang baru pertama kali melakukan pembelian. Selalu pastikan jika rumah yang akan dibeli tidak hanya nyaman, namun juga aman. Dengan demikian, penghuni rumah juga akan betah dalam melakukan berbagai aktivitasnya sehari-hari di dalam hunian tersebut.

PT Adhyaksa Persada Indonesia merupakan konsultan konstruksi bangunan yang terpercaya. Kami melayani klien secara profesional dan dengan pelayanan yang ramah. Jika berminat menggunakan jasa kami, tidak perlu ragu untuk menghubungi kami atau untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu.

By |2021-01-28T09:17:52+00:00Januari 28th, 2021|Wawasan Umum|