Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Akan Mengontrak Rumah

Hal yang wajib diperhatikan saat mengontrak rumah untuk keluarga Anda. Mengontrak rumah memang banyak pilihan, terutama bagi anda yang belum memiliki cukup tabungan untuk membeli atau membangun rumah sendiri. Agar tidak salah pilih, maka berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum menjatuhkan pilihan pada rumah tertentu untuk disewa :

1. Memastikan Masa Kontrak dan Harga Sewanya

Memastikan Masa Kontrak dan Harga Sewanya

Dengan memastikan dulu masa kontraknya, Anda juga akan terhindar dari pengusiran sepihak yang dilakukan oleh pemilik rumah.

Kesepakatan mengenai masa kontrak dan harga sewa bisa dilakukan sejak awal sebelum mulai menempati rumah. Penjelasan mengenai masa kontrak dan juga harga sewa sebaiknya dijelaskan secara detail di kontrak.

Karena jika tidak tercantum, pemilik rumah bisa saja melakukan beberapa hal yang sifatnya tidak adil dan merugikan seperti mengusir sebelum waktunya hingga menaikkan harga sewaktu-waktu.

Pastikan juga jika didalam kontrak terdapat masa sewa yang berlaku yakni mulai kapan Anda menempati rumah dan kapan akan keluar. Pastikan juga jika di dalam perjanjian terdapat pengembalian deposit jika sewa sudah selesai sesuai tanggal yang disepakati. Sebagai penyewa, pastikan Anda tidak dirugikan akibat lalai membuat perjanjian di awal.

2. Memastikan Cara Pembayaran

Memastikan Cara Pembayaran

Penyewa juga harus memastikan pembayaran apakah akan dilakukan per bulan ataupun pertahun. Jika hal ini sudah disepakati dan dicantumkan di dalam kontrak, pihak penyewa harus mentaati langkah pembayarannya. Sedangkan bagi pihak pemilik rumah, mereka tidak akan bisa menagih uang sewa jika belum waktunya.

Selain cara pembayaran, Anda juga harus memastikan apakah harga sewa sudah termasuk biaya lainnya atau justru biaya lain ditanggung sendiri. Biaya lain yang dimaksud bisa berupa banyak hal, seperti biaya untuk tagihan listrik, biaya air, biaya televisi satelit, dan sambungan teleponnya.

Tips bagi Anda yang baru ingin menyewa rumah, tidak ada salahnya untuk menyewa per bulan di awal sewa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi rasa tidak betah saat berada di rumah tersebut. Karena jika sudah disewa tahunan, Anda juga akan kesulitan untuk keluar sewaktu-waktu.

3. Perawatan Rumah

Perawatan Rumah

Perawatan rumah juga harus dibicarakan terlebih dahulu. Apakah nantinya perawatan dilakukan oleh pihak penyewa atau pihak pemilik rumah. Dengan adanya perjanjian mengenai perawatan rumah, maka segala seuatunya juga akan lebih jelas.

Jangan sampai pemilik rumah mengajukan protes ketika Anda ingin pindah kontrakan lantaran dianggap lalai merawat rumah yang ia sewakan.

Pastikan secara mendetail, apakah tembok boleh dipaku atau tidak. Pastikan juga apakah sebagai pihak penyewa, anda bisa mengecat tembok dengan warna kesukaannya atau sebaliknya. Berbagai hal tersebut memang sebaiknya dibicarakan sedari awal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya.

4. Identitas Kedua Belah Pihak

Identitas Kedua Belah Pihak

Dalam hal ini, tidak hanya penyewa saja yang dimintai identitas, namun juga pemilik rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan identitas atau tindak penipuan yang tidak diinginkan. Apalagi, jika kedua belah pihak merupakan orang asing yang belum pernah mengenal satu sama lain, memastikan identitas sangat penting dan harus dilakukan.

Identitas bisa berupa nama lengkap, pekerjaan, usia, dan juga nomor KTP. Hal-hal tersebut sebaiknya tercantum ke dalam kontrak yang dibuat. Dengan demikian, kedua pihak sebagai penyewa dan pemilik rumah bisa saling meyakinkan dengan identitas yang jelas.

5. Meminta Kontak

Meminta Kontak

Kontak bisa digunakan sewaktu-waktu jika pihak penyewa ingin menghubungi pemilik rumah atau sebaliknya. Apalagi jika keduanya berada di lokasi yang jauh, maka keberadaan kontak akan sangat dibutuhkan untuk keperluan tertentu selama proses menyewa.

Sebagai contoh, pihak penyewa bisa meminta bantuan saat sekering listrik atau saluran air yang mengalami masalah. Selain mengetahui kontak pemilik rumah, sebagai penyewa sebaiknya Anda juga tahu beberapa kontak yang bisa dihubungi saat kondisi yang tidak diinginkan terjadi.

6. Fasilitas yang Didapatkan

Fasilitas yang Didapatkan

Jangan sampai sebagai penyewa Anda mendapatkan rumah tanpa fasilitas yang tidak sesuai dengan harganya. Untuk harga sewa yang full furniture tentu berbeda dengan rumah yang kosongan. Jikapun, Anda menyewa yang sudah lengkap perabotannya, pastikan jika perabotan dan peralatan yang ada bisa berfungsi dengan baik.

Jangan sampai sebagai pihak penyewa Anda dirugikan akibat perabotan yang sudah rusak dan harus diperbaiki sendiri.

7. Melakukan Survei Secara Langsung

Melakukan Survei Secara Langsung

Jika memang lokasinya dekat atau Anda memiliki waktu mengecek, tidak ada salahnya untuk mendatangi langsung lokasi. Dengan demikian, Anda juga bisa tahu bagaimana kondisi rumah secara langsung juga bagaimana kondisi perabotan yang ada. Anda juga bisa tahu bagaimana kondisi lingkungan di sana, apakah kira-kira cocok dengan gaya hidup Anda atau sebaliknya.

Datang secara langsung ke lokasi, Anda juga bisa memastikan apakah lingkungannya aman dari tindak kejahatan dan bencana alam. Alhasil, Anda bisa lebih memastikan bagaimana tingkat keamanan diri dan keluarga saat mengontrak rumah baru.

8. Melakukan Perbandingan

Melakukan Perbandingan

Ada baiknya untuk melakukan pengecekan pada beberapa rumah sewa sekaligus. Dengan demikian, Anda bisa mencari mana yang menawarkan banyak keuntungan sesuai dengan budget yang dimiliki. Tidak perlu khawatir karena kini ada banyak rumah sewa yang bisa ditemukan di aplikasi ataupun dicari secara offline.

9. Mengetahui Akses Fasilitas Sekitar

Mengetahui Akses Fasilitas Sekitar

Cari tahu apakah rumah sewa tersebut dekat dengan ATM, warung makan, fasilitas kesehatan, sekolah, dan lain sebagainya. Tanyakan juga bagaimana transportasi disana, apakah dekat dengan halte bus, statiun, atau jenis transportasi yang lain. Semakin lengkap fasilitasnya, hal ini akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

10. Kontrak Disertai dengan Tanda Tangan dan Bermaterai

Kontrak Disertai dengan Tanda Tangan dan Bermaterai

Kontrak dibuat untuk menghindari kesalahpahaman dan hal tidak diinginkan yang merugikan pemilik ataupun penyewa. Jika kontrak sudah dibaca secara teliti dan tidak memberatkan, penyewa dan pemilik rumah bisa menyertainya dengan tanda tangan dan juga materai. Hal ini dilakukan supaya perjanjian bisa dianggap sah di mata hukum.

Masing-masing pihak bisa menyimpan kontrak secara teliti dan pastikan agar tidak hilang. Dengan adanya surat kontrak yang sepakati kedua belah pihak maka status penyewa juga akan lebih terjamin. Jika ada yang melanggar kontrak dan merugikan pihak lain, maka pihak yang bersalah akan mendapatkan sanksi.

Hal yang perlu diperhatikan saat menyewa rumah sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum diikuti. Menyewa rumah sendiri bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang membutuhkan tempat tinggal di lokasi kerja ataupun mereka yang merupakan pengantin baru. Cocok juga dipilih bagi Anda yang baru proses menabung untuk membeli rumah sendiri.

PT Adhaysa Persada Indonesia merupakan konsultan konstruksi bangunan yang sudah berpengalaman. Kami melayani klien secara profesional sesuai dengan kebutuhan mereka terkait dengan pembangunan yang dilakukan. Tidak perlu khawatir karena kami memiliki tim yang ahli juga berkapasitas di bidang pembangunan.

By |2021-01-28T06:48:21+00:00Januari 28th, 2021|Wawasan Umum|