Manfaat serta Masalah dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Pembangunan infrastruktur di Indonesia tergolong pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya gedung, keberadaan jalan raya serta fasilitas umum lainnya yang merambah di banyak lokasi. Meski memiliki banyak manfaat terutama bagi masyarakat luas, sayangnya pembangunan infrastruktur dalam negeri tidak lepas dari masalah.

Masalah Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

infrastruktur di Indonesia dan masalahnya

Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh pembangunan infrastruktur di Indonesia, seperti yang berikut ini:

  • Rencana pendanaannya ==> masalah yang pertama adalah masalah pendanaan. Dalam suatu pembangunan infrastruktur, pekerjaan seringkali terhambat karena masalah biaya. Dalam hal ini, pendanaan sebaiknya bisa disiasati oleh pihak swasta atau pihak klien yang meminta adanya pembangunan terjadi.
  • Kurang sosialisasi dengan masyarakat ==> selanjutnya adalah kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat. Dengan adanya sosialisasi yang bagus dan terarah tentunya masyarakat juga akan ikut serta dalam menggunakan infrastruktur berikut dengan merawatnya. Berbeda jika sosialisasi tak dilakukan.
  • Desain tak diperiksa secara teliti ==> masalah infrastruktur di Indonesia yang selanjutnya adalah desain yang tak diperiksa oleh ahli. Anda tentu pernah melihat adanya jalan yang rusak meski baru di bangun bukan? Hal ini bisa saja terjadi jika dalam proses pengerjaan tak melibatkan para ahli kontruksi.
  • Kualitas industri pendukung yang kurang ==> kapasitas serta kualitas dari industri pendukung juga menjadi salah satu masalah yang bisa saja dihadapi oleh pembangunan. Akan lebih baik jika infrastruktur melibatkan industri yang baik di dalamnya. Bantuan industri yang ahli tentu mampu memberi dampak yang positif.
  • Pembebasan lahan yang sulit dilakukan ==> kurangnya sosialisasi pada masyarakat juga bisa berakibat pada pembebasan lahan yang sulit dilakukan. Tidak jarang jika pembebasan lahan berakibat pada konflik di tengah masyarakat serta pihak pembangun. Akan lebih baik jika pemerintah dan masyarakat saling mendengarkan satu sama lain.
  • Lembaga yang tak kompeten ==> meski telah dibagi masing-masing tugasnya, namun kadang ada saja lembaga yang tak melakukan pekerjaannya dengan baik. kurangnya kompetensi pada lembaga tersebut, akan menciptakan masalah pada infrastruktur yang masih dalam tahap pengerjaan.
  • Penyusunan aturan yang lambat ==> masalah infrastruktur di Indonesia yang selanjutnya adalah penyusunan peraturan yang masih terkesan lambat. Hal ini dikarenakan panjang serta sulitnya birokrasi yang harus dilalui dalam membuat aturan dalam pembangunan.
  • Kesadaran akan keselamatan kerja yang kurang ==> hingga sekarang ada begitu banyak kecelakaan kerja dalam suatu pembangunan. Hal ini bisa terjadi karena kesadaran akan keselamatan kerja yang kurang.
  • Perawatan infrastruktur yang kurang ==> agar bisa digunakan dalam waktu yang lama, infrastruktur di Indonesia tentu perlu perawatan. Jika perawatan yang dilakukan kurang maka insfrastruktur bisa saja mengalami kerusakan dalam waktu dekat.

Selain masalah infrastruktur di atas, tentu masih ada lagi beberapa masalah lainnya yang harus diperhatikan.

Manfaat Infrastruktur di Indonesia

infrastruktur di Indonesia yang rumit

Tak bisa dipungkiri jika ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia. Salah satunya adalah pembangunan jalan raya ke pelosok negeri. Keberadaan jalan raya mampu mempermudah perjalanan orang-orang yang keluar masuk pada suatu daerah.

Bagi Anda yang membutuhkan konsultan kontruksi bangunan, bisa langsung cek web kami di adhyaksapersada.co.id. Kami siap membantu Anda yang ingin berkonsultasi mengenai pembangunan entah dalam skala kecil ataupun besar yang ingin dilakukan. Kami juga memiliki kantor yang tersebar di beberapa daerah serta memiliki pengalaman dalam dunia kontruksi.

By |2019-11-21T02:42:38+00:00November 21st, 2019|Blog|