Berikut Langkah Yang Perlu Diperhatikan Dalam Jasa Perencanaan Konstruksi

Dalam perkembangan dunia, kini pembangunan begitu marak terjadi dimana-mana. Hal ini disebabkan berkembang nya sebuah peradabaan menuju arah yang lebih modern. Beberapa langkah harus dilakukan dalam menyediakan jasa perencanaan konstruksi untuk menghadapi Wacana revolusi industri 4.0. Masalah tersebut menjadi hal yang paling besar dan diutamakan. Maka tak heran bila di setiap belahan dunia melakukan pembenahan secara besar-besaran. Proyek jasa perencanaan kontruksi adalah sebuah proyek menyusun suatu kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu dengan segala keinginan yang diinginkan oleh customer.

Di Indonesia sendiri yang tergolong sebagai negara berkembang sedang melalui proses perkembangan dalam bidang infrastruktur. Hal ini sangat menjadi momentum yang sangat pas untuk para penyedia jasa kontruksi. Dari dulu hingga kini dunia kontruksi selalu diminati oleh para pelanggan sebab pembangunan sampai kapanpun akan terus menerus ada. Keuntungan yang diraih pun tidak semata-mata bisnis kecil-kecilan, keuntungan yang bisa diraih dalam bisnis ini bisa mencapai ratusan juta bahkan trilyunan. Namun dibalik keuntungan yang begitu besarnya tidak pula bisa ditampikan bahwa resiko nya pun sangat begitu besar. Maka bila anda tertarik dalam dunia bisnis perencanaan jasa kontruksi ada beberapa tips yang bisa dipakai dalam bisnis yang akan kalian bangun.

Beberapa langkah dalam menyediakan jasa perencanaan kontruksi

jasa perencanaan konstruksi

Jasa perencanaan kontruksi adalah upaya untuk membangun sebuah bangunan. Misalnya gedung bertingkat yang di inginkan dari perusahaan tertentu atau dari berbagai macam instansi. Maka dari itu dalam menyusun sebuah proyeksi perencanaan jasa kontruksi ada 4 point utama yang harus dipahami;

  1. Pemilik proyek

Dalam proyek konstruksi, pemilik proyek adalah pihak yang memiliki modal, lahan, dan gagasan atau ide tentang apa yang ingin dibangun. Untuk skala kecil pemilik proyek bisa perorangan pemilik rumah tinggal misalnya, sedangkan untuk skala besar bisa perorangan atau perusahaan.

  1. Perencana Proyek

Perencana proyek akan melakukan perhitungan teknis untuk menghasilkan desain perencanaan sesuai dengan ide dari pemilik proyek . Hal ini juga harus sesuai dengan peraturan-peraturan tentang bangunan yang berlaku. Fungsi dari perencana proyek adalah menuangkan gagasan dari pemilik proyek dalam dokumen teknis agar dapat dilaksanakan oleh pelaksana proyek sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemilik proyek tersebut.

Jasa perencanaan konstruksi atau sering disebut konsultan perencana bisa perorangan atau perusahaan konsultan yang memiliki Surat Ijin Bekerja Perencana (SIBP). Perencana proyek akan menghasilkan gambar-gambar konstruksi, rencana kerja dan syarat-syarat (RKS administrasi dan teknis), spesifikasi teknis dan merek material yang dipersyaratkan, serta membuat perkiraan perhitungan biaya pelaksanaan berupa Engineering Estimate (EE). Dalam perencanaan proyek secara garis besar terdiri dari perencanaan struktur, arsitektur, dan mekanikal elektrikal. Dari ketiga bidang tersebut biasanya koordinatornya adalah perencana arsitektur.

  1. Pelaksana Proyek

Pelaksana proyek bisa dari pihak kontraktor bangunan, pemborong, atau mungkin malah dikerjakan sendiri oleh pemilik proyek. Fungsi pelaksana proyek adalah melaksanakan pekerjaan pembangunan proyek tersebut sesuai dengan desain perencanaan yang ada atau dengan kata lain mewujudkan hasil perencanaan menjadi suatu bangunan yang nyata.

  1. Pengawas Proyek

Apa bedanya konsultan pengawas dengan konsultan MK? Kalau konsultan MK terlibat dari awal sekali atau tahap perencanaan, sedangkan konsultan pengawas hanya terlibat untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya proyek.  Fungsi dari Pengawas proyek adalah mengawasi pelaksanaan proyek agar sesuai dengan desain perencanaan yang ada. Pengawas proyek bisa dari wakil pemilik proyek, konsultan pengawas, atau konsultan manajemen konstruksi (MK).

Dengan adanya 4 fungsi tersebut yang berjalan dengan baik diharapkan proyek konstruksi dapat selesai sesuai dengan biaya, mutu, dan waktu yang ditentukan. Maka jasa perencanaan kontruksi bisa berjalan dengan baik dan lancar.

By |2019-06-15T02:03:27+00:00June 15th, 2019|Blog|