Mengenal Apa Saja Jenis-Jenis Crane

Bagi beberapa orang mungkin tidak tahu apa saja Jenis Alat Berat Crane. Wajar saja, alat berat ini biasa digunakan ketika seseorang hendak membangun gedung dan sesuatu yang membutuhkan alat besar lainnya. Lalu, apa saja jenis-jenis crane dan apa fungsinya?

Berikut Jenis Alat Berat Crane dan Fungsinya

jenis alat berat crane

1. Tower Crane

Jenis Alat Berat Crane yang satu ini sering ditemui di kota-kota besar yang kerap membangun bangunan yang tinggi. Tower crane sendiri merupakan alat pengangkat mesin maupun material yang digunakan pada sebuah proyek pembangunan kontruksi seperti yang sudah disebutkan diatas layaknya gedung pencakar langit.

Meski bentuknya yang besar dan cenderung tinggi, tower crane mampu diangkut secara terpisah. Karena bentuknya yang besar, pemasangannya pun cukup memakan waktu yang lama. Bagian demi bagian harus dipasang tanpa ada yang terlewat, terutama pembuatan pondasi tower crane agar lebih kuat.

Bagaimana cara kerja dari jenis alat berat crane yang satu ini? Memang terhitung beresiko tinggi dan berbahaya, maka seorang operator yang mengoperasikan tower crane membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Kabin dari tower crane sendiri berada pada ujung tower. Namun, hasil yang didapat saat menggunakan tower crane sebanding dengan perawakan besar dari tower crane sendiri.

2. Truck Crane atau Mobile Crane

Jenis alat berat crane yang kedua adalah Truck Crane atau Mobil Crane. Jika Tower Crane harus memerlukan cukup waktu yang lama untuk lepas pasang, berbeda dengan truck crane yang sudah terpasang langsung dengan mobil truck. Sehingga mudah dibawakan menuju tempat proyek tanpa menggunakan kendaraan tambahan.

Crane yang satu ini memiliki pondasi atau tiang yang dapat dipasangkan saat hendak digunakan. Fungsinya, agar saat crane beroperasi crane dapat bekerja secara seimbang dan kiat. Meski terbilang cukup mudah dirangkai, truck crane harus melakukan banyak perhitungan saat digunakan.

Truck crane harus memperhitungkan beban yang akan diangkut, sesuai dengan kapasitas dari benda. Hal ini disesuaikan pada boomnya arau berat beban yang bertumpu. Semakin condong bom, maka akan semakin kecil kapasitas dari benda tersebut.

Jenis crane yang satu ini memiliki operator yang ada disebelah bom, tidak jauh berbeda dengan tower crane.

3. Hidraliuk Crane

Sebenarnya banyak crane yang menggunakan sistem hidraulik atau minyak  juga penumatik atau udara. Namun, jenis alat berat crane Hidraliuk ini memang diperuntukan untuk pergudangan, perbengkelan yang umumnya memiliki struktur benda sederhana.

Crane ini beroperasi lebih simple, yakni untuk memindahkan benda berat dari satu titik ke titik lainnya. Jarak yang mampu dijangkaupun hanya 180 derajat saja. Jika anda pergi ke pusat gorsir di kota-kota besar anda akan dengan mudah menemukan hidralik crane.

Pengoperasian dari jenis crane hidraliuk tidak terlalu sulit, terdapat beberapa tombol yang berfungsi memindahkan barang menggunakan hidraliuk crane ini.

4. Crawler Crane

Jenis Clawler crane ini hampir serupa dengan mobil crane. Namun jangkauan dari crawler crane sendiri tidak terlalu panjang layaknya mobil crane, yang membedakan crawler crane dengan mobil crane adalah tidak memilikinya pondasi atau tiang pada crawler crane. Namun,  jenis alat berat crane ini memiliki beban yang berfungsi sebagai penyeimbang pada bagian crane.

Crawler crane memiliki rroda rantai, sesuai dengan namanya yakni crawler. Roda tersebt dapat digunakan di berbagai medan. Hanya saja, crawler crane harus diangkut menggunakan truck trailer untuk sampai ke lokasi kontruksi atau pembangunanan.

Saat hendak diangkut, bagian boom harus dibongkar dan dipasang kembali saat digunakan. Cara pengoperasian dari jenis alat berat crane ini sama halnya dengan mobil crane. Kelebihannya, crawler crane mampu bergerak saat sedang menangkat beban.

By |2019-07-12T08:46:39+00:00July 12th, 2019|Blog|