Mengetahui Jenis Alat Berat Beko

Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai Jenis Beko . Backhoe atau yang lebih dikenal sebagai beko  merupakan alat berat yang berfungsi untuk penggalian saluran, basement, dan terowongan. Selain itu backoe kerap digunakan untuk pekerjaan umum yang lainnya. Selain itu backhoe pun digunakan untuk penggalian dibawa permukaan serta digunakan untuk penggalian material yang relatif keras.

Hasil pekerjaan dari backhoe sendiri akan mendapatkan hasil yang galian yang sangat rata. Seperti beberapa alat beran lainnya, backhoe dilengkapi dengan kapasitas bucket yang dapat diatur sesuai kebutuhan penggalian dari materialnya sendiri.

Jenis-jenis beko. Backhoe memilik enam bagian utama yakni struktur atas pada beko yang mampy berputar secara baik. Lengan atau arm, boom, bucket untuk menggali dan menarik material, slewing ring juga struktur bawah pada backhoe. Bucket, boom dan lengan pada backhoe bergerak dan digerakan oleh sistem hidrolis. Jenis beko. Sementara itu penggerak utama dari backhoe berupa roda crawler ataupun roda ban.

Penggerak Utama dari Beko

penggerak utama beko

1. Bucket Menggali : sesuai dengan fungsinya bucket digunakan untuk menggali material yang hendak backhoe gali.

2. Boom : adalah gerakan yang mampu mengarahkan bucket menuju material atau tanah galian yang hendak digali jenis beko oleh backhoe.

3. Bucket Membongkar : berbeda dengan gerakan bucket yang menngali, gerakan dari bucket membongkar ini akan melawan arah saat melakukan panggalian pada material.

4. Gerakan Lengan (arm) : gerakan mengangkat pada lengan backhoe dengan perkiraan radius hingga 100 derajat.

5. Gerakan Struktur bawah : gerakan ini diperuntukan untuk perpindahan tempat kalau area telah rampung digali. Jenis beko.

6. Slewing Ring : Gerakan dari slewing ring sendiri terjadi pada as supaya backhoe mampu berputar hingga 360 derajat.

Cara Kerja Backhoe saat melakukan penggalian :

1. Boom serta bucket digerakan secara maju.

2. Gerakan bucket menuju alat yang hendak dituju.

3. Bucket akan segera melakukan penetrasi hingga kedalam tanah.

4. Bucket telah terisi material segera diangkat.

5. Struktur pada atas bucket berputar.

6. Ayunkan bucket hingga material yang ada pada bucket keluar.

Jenis Backhoe Loader

jenis beko

Backhoe loader adalah alat berat penggali. Dalam istilah awam, atau bahasa sehari-hari disingkat menjadi backhoe sehingga banyak juga yang menyebut sebagai beko. Jenis Beko. Kendaraan kontruksi ini  terdiri dari unit seperti traktor yang dilengkapi dengan sekop yang ada di bagian depan dan  dibelakang backhoe.  Jenis Beko.

Karena (relatif) ukurannya yang kecil namun kegunaan dari  backhoe loader mampu dikerjakakan dalam kontruksi umum dan tidak terlalu berat. Umumnya dalam  pembangunan perkotaan  dan proyek konstruksi kecil (seperti membangun rumah kecil, memperbaiki jalan kota, dll.)  Jenis  beko mesin ini mirip dan dikenal sebagai TLB (Tractor-Loader-Backhoe), yang artinya, traktor pertanian yang dilengkapi dengan loader depan dan attachment backhoe pada bagian belakang backhoe akan dipasangkan sesuai kebutuhan.

Pengembangan jenis beko yang sebenarnya dimulai pada tahun 1947 oleh para penemu seperti Wain-Roy Corporation dari Hubbardston, Massachusetts. Pada 1947 Roy Corporation dikembangkan dan diuji backhoes pertama yang sebenarnya. Pada bulan April 1948 Wain-Roy Corporation menjual semua backhoe hidrolik pertama, dipasang ke traktor Ford Model 8N, ke Connecticut Light and Power Company dengan jumlah $ 705 amerika.

By |2019-07-13T12:03:18+00:00July 13th, 2019|Blog|