Berbagai Macam Rumah untuk Ditempati

Salah satu kebutuhan hidup manusia adalah memenuhi kebutuhan tempat tinggal (kebutuhan papan). Hal ini dikarenakan tempat tinggal atau rumah memiliki fungsi tersendiri bagi siapa saja yang menempatinya, seperti untuk memberikan perlindungan dari  kondisi alam sekitar (cuaca dan udara) serta gangguan lainnya. Selain sebagai tempat berlindung, rumah juga memiliki fungsi untuk tempat berkumul bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Selain itu, berbagai jenis-jenis rumah juga dapat dijadikan sebagai tempat dalam membangun budaya sosialiasi dengan penghuni lainnya.

Tak hanya itu, ada beberapa jenis rumah yang dapat dijadikan hunian atau tempat tinggal untuk keberlangsungan hidup.

Rumah Tunggal (Detached)

rumah tunggal

Salah satu dari sekian jenis-jenis rumah yang mesti Anda tahua adalah rumah tunggal (detached) atau rumah tinggal tunggal atau juga yang sering disebut sebagai rumah terpisah.

Rumah jenis ini merupakan rumah tinggal yang terpisah dari rumah lainnya (berdiri sendiri). biasanya, rumah yang satu ini hanya digunakan atau ditempati untuk hanya satu keluarga serta jaraknya berjauhan antara rumah yang satu dengan rumah lainnya.

Yang termasuk ke dalam rumah jenis ini misalnya, villa, bungalow, mansion dan juga cottage. Pada umumnya, rumah detached atau rumah tunggal dibangun di atas tanah yang lebih luas dan biasanya dikeliliingi halaman yang juga luas.

Rumah Tapak

rumah tapak

Hal yang menjadi dasar kenapa bisa disebut rumah tapak? Karena bangunan rumah jenis ini langsung menapak dengan tanah. Sama halnya dengan rumah tunggal, jenis rumah tapak ini bangunannya bisanya terpisah antara rumah yang satu dengan rumah yang lain.

Namun yang membedakannya adalah harga tanah di mana rumah tersebut dibangun akan semakin mahal jika dibangun berdampingan bersama rumah yang lain. Dalam arti lain, antara dinding rumah yang satu dengan lainnya bergandengan atau berderet.

Apartemen

apartemen

Jika dilihat secara sekilas, apartemen memiliki bentuk yang nyaris sama dengan jenis rumah susun. Akan tetapi, bangunan yang satu ini terlihat lebih mewah. Setara rumah susun biasanya dibangun di tengah kota yang letaknya dekat dengan perkantoran dan pusat kegiatan lainnya.

Selain itu, apartemen pada umunya juga dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat bermanfaat yang dapat digunakan untuk orang-orang yang menempatinya, contohnya terdapat pusat perbelanjaan, arena bermain, pusat kebugaran, kolam renang, beserta fasiltas-fasilitas lainnya.

Rumah Susun (Flat)

rumah susun

Salah satu dari jenis-jenis rumah tinggal berikutnya yang mesti Anda ketahui adalah rumah susun – yang merupakan bangunan atau gedung yang dibangun secara bertingkat disebuah lingkungan yang bagian-bagiannya distrukturkan sesuai dengan fungsinya. Rumah jenis ini juga dapat dikategorikan sebagai apartemen sederhana.

Pembangunan rumah susun didasari untuk memecahkan permasalahan tentang kebutuhan hunian di daerah perkotaan dengan jumlah penduduk selalu meningkat dan cenderung padat seiring berjalannya waktu di tengah-tenga luas lahan tanah yang semakin terbatas.

Jenis Rumah Cluster

cluster

Cluster merupakan suatu istilah yang ditujukan untuk komplek perumahan yang dibangun secara berkelompok. Umumnya, cluster dibangun pada suatu lingkungan tertentu. selain itu, bentuk rumahnya dibangun secara serasi. Dalam lingkungan perumahan jenis ini, biasanya dibangun berdasarkan dengan type  yang sama beserta fasilitas umumnya yang dibangun khusus untuk para penghuni yang tinggal di sana.

Sebetulnya terdapat jenis-jenis rumah lainnya yang dapat Anda ketahui. Namun, pada daasarnya rumah merupakan salah satu kebutuhan terpenting yang harus di penuhi setiap orang dalam menjalankan kehidupannya. Baik itu sebagai tempat beristirahat maupun sebagai tempat untuk berlindung dari berbagai kondisi.

 

By |2019-05-06T08:30:24+00:00May 6th, 2019|Blog|