Macam-Macam Kolam Renang Sesuai dengan Fungsinya

Barang kali ada banyak orang yang berharap untuk memiliki kolam renang di rumahnya. Namun tahukah Anda kalau terdapat beberapa jenis kolam renang yang bisa dibuat dengan beraneka model dan gaya untuk di rumah Anda? Selain itu, keberadaan kolam renang itu sendiri pun bisa disesuaikan dengan desain rumah yang Anda miliki.

Adanya Kolam Renang Untuk Memperindah Rumah

kolam renang untuk rumah

Memliki rumah dengan kolam renang tentu akan sangat menyenangkan. Pembangunan kolam renang itu sendiri biasanya dilakukan untuk menjadi pemanis atau memperindah rumah. Selain itu, hal tersbeut juga dapat dibangun dengan berbagai di berbagai tipe rumah, baik itu rumah minimalis maupun rumah yang luas.

Dengan memiliki kolam renang di rumah Anda, maka Anda pun dapat berkumpul bersama keluarga dengan menyenangkan. Anda dapat berenang bersama di rumah untuk refreshing dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya pada bangunan tersebut. Dalam ini, kolam renang memang merupakan salah satu kebutuhan tersier bagi orang yang memiliki rumah. Walaupun pada umumnya tujuan pembangunannya pun adalah untuk melakukan olahraga air seperti berenang.

Di sekitar kolam renang, Anda dapat menambahkan beberapa ornamen tambahan untuk menghias kolam renang Anda. Misalnya, dengan menyimpan kursi malas dan payung di pinggiran kolam untuk bersantai.

Jenis Kolam Renang untuk Rumah

jenis kolam renang di rumah

Jenis kolam renang dapat ditentukan berdasarkan luas rumah dan desain rumah yang dibangun. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa jenis kolam renang yang dapat Anda bangun untuk rumah Anda:

1.  Lap Pool

Jenis kolam renang yang pertama adalah lap pool, yaitu kolam renang yang dibangun dengan bentuk memanjang dan sempit. Dengan membangun kolam renang model ini, seseorang dapat berenang dengan waktu yang lebih intensif. Biasanya, kolam renang yang satu ini dilengkapi dengan arus yang dibuat dengan menggunakan mesin yang dapat digunakan sebagai tempat santai.

2. Exercise Pool

Jenis kolam renang selanjutnya adalah jenis exercise pool atau kolam renang latihan. Kolam renang yang satu ini memang difungsikan khusus untuk melakukan latihan renang. Bentuknya lebih kecil dari kolam renang biasanya. Di sana, biasnaya terdapat sistem penggerak  untuk menimbulkan arus yang menyebabkan para perenang hanya dapat berada di tempatnya.

3.Play Pool

Play pool adalah kolam renang khusus untuk bermain. Kolam renang ini memiliki ketinggian air yang lebih rendah dari kolam rennag lainnya dan bisanya diperuntukkan untuk anak-anak. Biasnaya ini didesain dengan warna yang mencolok untuk menggambarkan perasaan anak-anak yang selalu ceria.

4. Private Pool

Private pool merupakan tempat berenang pribadi. Pada umumnya, tempat ini didesain dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tujuan pembangunan kolam renang pribadi adalah sebagai tempat keluarga untuk berkumpul bersama, berenang bersama, dan menikmati kebahagiaan keluarga.  Kolam renang jenis ini dapat dibangun di belakang rumah maupun disamping rumah yang menyatu dengan taman atau kebun.

5. Free Form

fFree form ini meru[akan tipe kolam renang dengan bentuk “bebas” atau tidak menentu. Kolam renang ini biasanya dibangun dengan bentuk yang tidak beraturan sehingga akan menimbulkan nuansa yang lebih natural untuk melakukan kegiatan berenang Anda. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan menyatu dengan alam.

6. Geometris

Kolam renang geometris merupakan kebalikan dari kolam renang free form, di mana dalam pembangunannya memang bertujuan untuk memberikan kesan yang formal dari kolam renang miliknya. Jenis kolam renang yang satu ini  biasanya dibanhgun di sekolah-sekolah atau di tempat kompetisi renang. Untuk mendesain kolam renang tersebut, Anda tidak memerlukan aksesoris atau ornamen lainnya.

By |2019-09-27T12:21:32+00:00September 27th, 2019|konstruksi|