8 Kesalahan Fatal Arsitek Yang Yang Pernah Terjadi

Kesalahan arsitek sudah seharusnya dihindari. Selain melibatkan biaya yang sangat mahal, setiap kesalahan konstruksi bisa berakibat fatal. Pertimbangan matang dalam perencanaan hingga proses konstruksinya harus dilakukan dengan benar. Pengalaman dan profesionalitas diperlukan untuk menghasilkan karya yang terbaik.

Kesalahan Arsitek Yang Pernah Terjadi di Dunia

Seorang arsitek dituntut sempurna dalam membuat desain dan dalam mengawasi proses konstruksi. Namun sebagai manusia biasa, ternyata arsitek pun juga bisa membuat kesalahan. Delapan  kesalahan fatal ini yang  pernah dilakukan arsitek :

  • Lapisan marmer di Aon Center, AS => gedung tinggi ini dibangun para arsitek pada tahun 1973. Mereka memilih melapisi gedung dengan batu marmer agar tampilan luarnya indah. Satu tahun setelahnya, ada marmer yang copot dan menimpa gedung di sebelahnya. Akibatnya, gedung harus dilapisi ulang dengan biaya 80 juta dolar AS.

kesalahan arsitek

  • Salju dan Pasar Basmanny, Rusia => dalam setiap konstruksi, perlu mempertimbangkan musim. Benar saja, arsitek yang membangun Pasar Basmanny nampaknya tidak memperhatikan hal tersebut. Pasar ini ambruk akibat tumpukan salju pada atapnya. Kerugian materiel yang besar pun harus ditanggung karena kejadian ini.

kesalahan arsitek

  • Kurang pertimbangan pada berat gedung di Liang Yak Singapura => sebuah gedung harus dibangun berdasarkan pertimbangan beban hidup maupun beban bangunan itu sendiri. Hal ini sepertinya kurang dipertimbangkan pada konstruksi gedung Liang Yak. Akibatnya gedung tersebut runtuh dan menewaskan puluhan korban.

kesalahan arsitek

  • Lengkungan Hotel Vdara, AS => hotel Vdara didesain dengan tampilan melengung yang unik. Namun hal ini justru menimbulkan masalah. Desain gedung tersebut memantulkan panas matahari langsung kearah kolam renang. Alhasil, pengunjung hotel mengajukan keluhan karena kulit mereka yang tiba-tiba menghitam hingga banyak tas kulit yang meleleh.

kesalahan arsitek

  • Desain yang buruk pada Jalan Layang Highway 19 =>  berlokasi di Quebec, jalan layang setinggi 66 kaki ini ambruk. Penyebabnya ialah kesalahan penempatan tulang penguat. Selain itu ditemukan pula bahwa beton yang dipakai berkualitas rendah. Desain yang buruk ini membuat jalan layang ambruk dan memakan korban jiwa.

kesalahan arsitek

  • Tragedi di The Lotus Riverside, Shanghai China => ketika pembuatan lahan parkir, pekerja membuang tanah galian ke area pembuangan sampah. Berat dari tanah galian ini membuat dinding sungai runtuh. Air masuk ke bagian basement dan pondasi menjadi tidak kokoh. Akhirnya bangunan ini pun roboh seutuhnya ke salah satu sisi. Ini adalah contoh kesalahan konstruksi yang terburuk yang pernah terjadi di dunia.

kesalahan arsitek

  • Perpustakaan W.E.B. Du Bois => gedung ini memiliki 16 lantai dan dibuka pada tahun 1974. Dua bulan setelah dibuka, batu bata mulai berjatuhan dan rontoh. Diperkirakan penyebabnya ialah kesalahan arsitek yang tidak mempertimbangkan berat buku. Untuk mengatasinya, beberapa lantai ditutup dan ribuan buku dipindahkan.

kesalahan arsitek

  • Atap baja stainless di Aula Konser Walt Disney => desain gedung ini memakai baja stainless namun menimbulkan masalah. Warga sekitar mengajukan keluhan karena panel stainless tersebut membuat kawasan sekitar menjadi panas. Tagihan listrik karena penggunaan AC pun makin tinggi. Akhirnya panel stainless di luar gedung tersebut harus dilapisi dengan kain tebal untuk mengurangi panas.

kesalahan arsitek

Baca Juga : Mengetahui Estimasi Biaya Konstruksi / RAB

Ituah beberapa kesalahan arsitek yang pernah terjadi. Kurangnya pertimbangan pada alam dan lingkungan sekitar pada awal perancangan bisa jadi penyebab utamanya. Karenanya, profesionalitas dan pengalaman dari jasa arsitek ini sangat diperlukan untuk mengurangi resiko terjadinya kesalahan.


Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
By |2018-12-12T03:33:36+00:00November 16th, 2018|Blog|