Kelebihan Investasi Tanah dan Tips Melakukannya

Ada banyak keuntungan investasi tanah yang bisa didapatkan. Hal yang juga menjadi alasan kenapa banyak orang mempertimbangkan jenis investasi yang satu ini. Dengan permintaan yang terus ada, tidak heran jika peningkatan harga tanah terus terjadi.

Jika tertarik dengan jenis investasi yang satu ini, maka tidak ada salahnya untuk mengenal dulu ragam keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi jenis ini.

Berbagai Keuntungan Investasi Tanah

keuntungan investasi tanah

House on the lawn

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak keuntungan melakukan investasi tanah. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ntara lain adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan nilai tambah => Anda bisa mendapatkan investasi yang berkali-kali lipat dengan cara membuat perumahan dengan sistem Namun, cara investasi yang satu ini merupakan langkah investasi yang bisa dilakukan saat memiliki tanah yang cukup luas. Anda bisa membangun beberapa rumah di atas tanah lalu kemudian dijual.
  • Bisa dijadikan bisnis lain => Manfaat investasi tanah yang selanjutnya adalah bisa dijadikan bisnis yang lain. Jika lokasi tanah yang dimiliki dekat dengan fasilitas publik, Anda bisa membangun parkir disana atau bahkan dengan mendirikan restoran. Semakin banyak orang di sekitar, semakin tinggi juga potensi meraup keuntungan.
  • Tidak mungkin hilang => Berbeda dengan jenis investasi yang lain seperti halnya emas, investasi jenis ini lebih aman karena tidak mungkin hilang. Dalam hal ini, Anda juga tak perlu menjaganya karena tanah akan tetap ada. Hal ini tentu menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan.
  • Biaya perawatan yang minim => Kelebihan melakukan investasi jenis ini adalah minim biaya perawatan. Meski demikian, hal ini akan berbeda jika Anda mendirikan bangunan di atas tanah yang dimiliki. Akan ada biaya perawatan yang harus dibayarkan setiap tahunnya.
  • Harga yang cenderung naik => Kelebihan investasi tanah yang selanjutnya adalah harga yang cenderung naik. Setiap tahunnya, harga tanah mengalami kenaikan dengan permintaan pasar yang terus ada. Harga juga akan semakin naik jika Anda memiliki tanah di lingkungan padat penduduk dan dekat dengan fasilitas publik.

Ada berbagai keuntungan menarik yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan jenis investasi yang satu ini.

Tips Melakukan Investasi Tanah yang Aman

keuntungan investasi tanah

Sebelum terjun ke investasi tanah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan beberapa tips investasi yang berikut ini:

  • Lakukan perbandingan harga terlebih dahulu => Anda bisa membandingkan harga tanah terlebih dahulu. Anda bisa menanyakan harga tanah yang baru saja dijual atau dengan bertanya langsung kepada agen properti. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan data untuk keperluan tawar menawar dengan pemilik tanah nantinya.
  • Pilih lokasi yang strategis => Agar tanah nantinya mendapatkan harga yang bagus, lokasi harus dipikirkan. Amati apakah lokasinya padat penduduk atau bahkan dekat dengan fasilitas publik dan lainnya. Anda juga bisa memperkirakan bagaimana lokasi sekitar apakah nanti menguntungkan untuk dibuat ruko atau jenis bangunan yang lain.
  • Cek legalitasnya => Sangat penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan legalitas. Jangan sampai tanah yang dijadikan investasi justru membawa masalah kedepannya. Untuk langkah yang lebih aman, sebaiknya menggunakan jasa notaris untuk memeriksa legalitas dari tanah yang bersangkutan.

Itulah informasi tentang keuntungan investasi tanah. Bagi Anda yang memiliki proyek kontruksi, Anda bisa segera menghubungi PT Adhyaksa Persada Indonesia. Kami siap membantu Anda terkait dengan perencanaan, desain arsitektur, hingga pengawasan dan manajemen terkait dengan pembangunan kontruksi.

By |2020-02-24T03:10:00+00:00Februari 24th, 2020|Blog|