Mengenal Tugas Konsultan Kontraktor

Ulasan kali ini akan membahas mengenai apa tugas konsultan kontraktor yang tentunya belum semua orang mengetahui akan keduanya. Namun sebetulnya kedua pekerjaan ini memiliki tujuan sama dalam sebuah pembangunan, namun fokus dari kedua pekerjana ini tentunya berbeda. Yakni konsultan perencanan dan kontraktor yang secara langsung menangani sebuah kontruksi atau pembanguanan itu sendiri. Bagi anda yang belum mengetahui apa fungsi dari konsultan kontraktor mari simak.

Berikut Tugas, Wewenang serta Hak dan Kewajiban Konsultan Kontraktor

konsultan kontraktor

1. Tugas Konsultan Perencana

Konsultan dan kontraktor tentunya berbeda. Konsultan merupakan perencana dan pihak yang secara langsung ditunjuk oleh pemberi tugas dalam sebuah rencana pembangunan dan perencanaan yang bisa bersifat perorangan, baik badan usaha pemerintah ataupun swasta. Tugas konsultan dan kontraktor berbeda. Dalam perencanan dan pelaksanaan sebuah proyek atau kontruksi, berikut tugas dari provesi konsultan sebuah kontraktor:

1. Hal pertama yang dilakukan adalah menagadakan atau menyesuaikan keadaan lapangan dengan keinginan dari pemilik bagunan yang hendak melakukan pembangunan.

2. Setelah selesai dengan tahap pertama, konsultan akan membuat gambar kerja untuk pelaksanaan itu sendiri.

3. MembuatRencana Kerja dan Syarat (RKS), hal ini bertujuan sebagai pedoman dalam pelaksanaan sebuah proyek pembangunan atau kontruksi.

4. Konsultan wajib memproyeksikan keinginan dan ide dari pemilik kedalam desain bangunan yang hendak direalisasikan.

5. Selain itu, konsultan juga harus melakukan perubahan desain bila saja terjadi penyimpangand ari pelaksanaan pekerjaan dilapangan yang mana hal tersebut tidak memungkinkan untuk membuat desain terdahulu.

6. Konsultan wajib untuk mempertanggungjawabkan desain juga perhitungan dari struktur jika nantinya terjadi kegagalan pada sebuah kontruksi atau pembangunan.

2. Wewenang Konsultan Perencana

Selain memiliki tugas, mereka juga memiliki wewenang yang berbeda. Berikut, wewenang konsultan perencana :

1. Konsultan mampu mempertahankan desain dalam hal jika adanya pihak pelaksanan banguanna yang melakukanpekerjaan tidak sesuai dengan rencanan yang sudah dibuat di awal.

2. Konsultan pun mampu dalam memilih jnis material, warna yang hendak digunakan dalam pembangunan ataupn dalam kontruksi.

3. Hak dan Kewajiban untuk Konsultan Kontraktor

Meski pemilik mendapatkan wewenang penuh dalam pembangunan yang diinginkan, provesi sebagai konsultan juga memiliki hak serta kewajiban dalam pembangunan. Seperti berikut :

1. Kewajiban pertama Konsultan kontraktor yakni harus membuat perencanaan secara lengkap dan tentunya mendetail hal ini terdiri dari gambar rencana, rencana kerja, syarat, anggaran biaya, hitungan struktur.

2. Pengampu provesi ini juga dapat memberikan pertimbangan baik usulan kepada pemilik atau penggunana jasa dan pihak kontraktor tentang pelaksanaan kontruksi maupun pekerjaan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

3. Kewajiban selanjutnya yakni harus memberikan jawaban juga penjelasan kepada kontraktor mengenai hal apa saja yang dirasa kurang jelas dalam sebuah gambar perecanaan, dan rencana kerja juga syarat-syarat lainnya.

4. Selanjutnya konsultan harus membuat gambar revisi bila nantinya akan ada perubahan perencanaan dalam pembangunan.

5. Selain merencanakan, konsultan kontraktor pun harus menghadiri rapat koordinasi dalam pengelolaan proyek yang hendak dikerjakan. Hal ini tentunya untuk membangun komunikasi yang baik dan meminimalisir miss komunikasi dalam pembangunan yang nantinya akan dikerjakan oleh kontraktor.

Demikian ulasan mengenai konsultan kontraktor beserta fungsi, hak dan kewajiban yang harus dilakukan. Tentunya provesi ini juga memiliki peran besar dalam pembangunan dan merencanakan bangunan seperti apa yang hendak diminta oleh pemiliki atau pengguna jasa tersebut.

By |2019-07-14T17:19:47+00:00July 14th, 2019|Blog|