Peran Penting Kontraktor Tambang dan Migas

Konsultan tambang dan migas adalah bagian penting dalam industri pertambangan di dunia. Hal ini berlaku juga di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam penggalian dan penjualan produk-produk pertambangan.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pertambangan sendiri adalah kegiatan untuk mencari, menambang, mengolah, dan memanfaatkan bahan galian. Beberapa produknya ialah berupa : mineral, batu bara, panas bumi, dan migas. Dalam upaya tersebut, ada peran penting dari kontraktor tambang dan migas.

Peran Konsultan Tambang dan Migas

konsultan tambang dan migas

Dalam dunia pertambangan dan migas, maka ada peran penting kontraktor atau konsultan di dalamnya. Utamanya ialah dalam hal perencanaan dan perancangan. Kenapa hal ini penting? Karena dalam industri ini ada resiko tinggi terhadap keselamatan maupun penggunaan dana. Makanya, sangat dibutuhkan perencanaan yang tepat.

Bukan hanya budgeting yang besar. Lingkungan, resiko pencemaran dan keselamatan yang harus diperhitungkan. Adanya kontraktor tambang dan migas akan memperkecil kemungkinan dan resiko yang dihadapi.

Jadi peran utama dari kontarktor tersebut ialah mempersiapkan semua perencanaan sistem yang terpadu. Perencanaan ini akan melibatkan masalah ekonomi, sosial, dan terintegrasi dengan lingkungan sekitar. Hal ini termasuk pula dalam pengambilan keputusan tentang pengunaan lahan, kualitas lingkungan, dan estetika wilayah tersebut.

Selain itu ada pula detail-detail lain di dalam perencaan tersebut. Diantaranya ialah : air, flora, dan juga fauna di sekitarnya. Dengan demikian maka operasi pertambangan akan berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang optimal.

Lihat juga ini Konsultan Perencana Konstruksi

Hal-Hal Yang Diperhatikan dalam Pelaksanaan Pertambangan

konsultan tambang dan migas

Seperti yang kita tahu bahwa proyek dari pertambangan dan migas bukanlah hal sederhana. Di sinilah kompetensi kontraktor pertambangan sangat penting. Karena hal ini akan melibatkan banyak hal dan akan memberi dampak pada lingkungan.

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam memulai proyek pertambangan dan migas ini ialah :

  • Pembukaan lahan secara luas => Dalam memulai usaha pertambangan, tentu akan membutuhkan pembukaan lahan. Selain masalah budget yang besar, akan ada pula kegiatan berupa pembabatan hutan di area tersebut. Dalam hal ini, perencanaan dari awal sangat diperlukan. Termasuk pula kondisi tanah, air dan juga geografis di area tersebut yang jadi elemen sangat penting untuk di analisa terlebih dahulu.
  • Pembuangan limbah => Hal ini akan menilmbulkan masalah tersendiri bagi masyarakat dan lingkungan. Perencanaan dari awal mulai dari lokasi dan cara pembuangannya perlu masuk dalam perencanaan oleh kontraktor yang menangani proyek pertambangan.
  • Penyehatan lingkungan => Fokus utama dari kegiatan pertambangan bukan hanya hasil tambang dan juga penjualannya. Akan tetapi ada juga kontribusinya terhadap lingkungan. Dalam hal ini termasuk : pemelihaan kualitas lingkungan, pengendalian dampak resiko lingungan, serta mengembangakn wilayah sehat.

Jenis-jenis pertambangan di Indonesia dan dunia meliputi banyak produk. Beberapa contohnya ialah : timah putih, emas, nikel, mangan, tembaga, besi, belerang. Ada pula bahan-bahan organik, seperti : batu bara dan batu berharga layaknya intan.

Baca juga Definisi yang membedakan Kontraktor dan Konstruksi

Berbagai produk tersebut bisa digali dan diolah dengan maksimal dengan perencanaan dan juga pembangunan yang baik. Selain itu juga bisa meminimalisir kecelakaan dan resiko dengan struktur yang matang.

Peran penting lain dari konsultan tambang dan migas ialah meminimalisir kecelakaan dan kesalahan yang terjadi. Di dalamnya termasuk memperhatikan unsur geologi di lingkungan tambang. Karena itulah, bagi perencanaan pembangunan pertambangan maupun migas, sangat dibutuhkan adanya kontribusi dari kontraktor tambang dan migas professional.


Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
By |2018-12-27T01:24:43+00:00December 27th, 2018|Blog, News|