Alat Berat yang Sering Dibutuhkan dalam Pembangunan

Sebuah kontruksi atau pembangunan tidak akan berarti jika tidak ada kontraktor alat berat didalamnya. Sederhananya, pembangunan membutuhkan alat berat untuk melakukan aktivitas kontruksi seperti memindahkan material, mendorong material, dan hal-hal berkaitan lainnya. Kontraktor alat berat tentunya sangat berguna bagi sebuah kontruksi. Hal ini yang membuat sebuah pembangunan harus merogoh kocek yang cukup besar.

Daripada anda harus membeli alat berat, tentu kontraktor alat berat menjadi solusi bagi sebuah pembangunan dan menyewanya. Alat berat sendiri memiliki harga yang tidak murah dan tentunya bervariasi sesuai beban dan jenis dari alat berat tersebut. Lantas apa saja peralatan kontraktor alat berat yang biasa anda lihat dalam sebuah pembangunan?

Berikut Sejumlah Alat Berat Yang Biasa Digunakan dalam Konstruksi

kontraktor alat berat

1. Tower Crane

Kontraktor alat berat sudah pasti memiliki alat berat yang satu ini, yakni tower crane. Di kota-kota besar yang melakukan pembangunan pasti sering terdapat alat yang satu ini maka mungkin ini sudah tidak asing lagi bagi anda. Tower crane digunakan dalam pembangunan gedungbertingkat yang tentunya memerulkan pengangkatan material seperti betond an material lainnya untuk diletakan ditempat yang lebih tinggi. Tower crane mampu mengangkat berbagai material berat layaknya generator obor, beton, baja, asetilen dan bahan kontruksi lainnya yang membutuhkan peran dari alat berat yang satu ini.

2. Excavator

Yang kedua adalah excavator, alat ini pun menjadi salah satu yang  wajib dimiliki oleh kontraktor alat berat. Excavator juga menjadi alat yang selalu ada dalam sebuah pembangunan skala besar. Alat ini terdiri dari lengan, boom, jungkat-jungkit, kopkit dimana platform nya dapat berputar. Seiring berkembangnya zaman, excavator sendiri mengalami berbagai perubahan menjadi alat berat yang lebih modern dan berbagai ukuran yang dibutuhkan dalam sebuah pembangunan.

3. Mobil Crane

Kontraktor alat berat tidak akan melewatkan alat berat yang satu ini, yakni mobil crena yang dapat mendukung kerja dari sebuah kontruksi, crane yang terletak di atas truk ini digerakan oleh hidrolik dengan booming teleskopik yang mana dipasang dengan truk yang memiliki desain tertentu yang sesuai dengan crane itu sendiri. Fungsi dari mobil crane sendiri agar mampu dengan mudah membawa material menggunakan crane ke lokasi yang satu dan lokasi lainnya. Contoh dari material yang diangkat oleh crane ini adalah instalasi pagar beton juga pemindahan beton U Ditch.

4. Dump Truck

Di jalanan mungkin beberapa kali anda berpapasan dengan alat berat yang satu ini, yakni dump truck, kontraktor alat berat memiliki dump truck dimana alat ini berdungsi mengankut material lepas layaknya kerikil, pasir, puing-puing ataupun hancuran dari banguan untuk sebuah pembangunan atau kontruksi. Dioperasikan dengan sistem hidrolik yang terdapat pada dump truck ini, sehingga bisa secara efisien menumpahkan atau menuangkan material dari bak truk ke tempat lainnya. Dump truck membantu pemindahan berjalan secara cepat dan yang terpenting mampy menghemat SDM yang dipakai.

5. Loader dan Bulldozer

Kontraktor kontruksi pun membutuhkan loader dan bulldozer dalam sebuah kontruksi, tak jarang pembangunan dimulai dengan meruntuhkan sebuah bangunan, maka disinilah fungsi dari loader dan bulldozer. Tidak hanya untuk menghancurkan material, loader dan Bulldozer bisa digunakan untuk memindahkan material seperti tanag, kerikil. Sedangkan untuk loader memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Bulldozer, loader dapat melakukan pengakutan material berupa hancuran,selain itu loader dapat digunakan dalamm penggusuran suatu material atau bangunan.

By |2019-07-14T15:13:25+00:00July 14th, 2019|Blog|