konstruksi, Wawasan Umum

Pengertian Kontraktor Bangunan dan Apa Saja Ruang Lingkup Pekerjaannya

kontraktor bangunan

Kontraktor bangunan banyak dicari terutama saat seseorang tengah melakukan pembangunan kontruksi. Tugas mereka adalah melaksanakan proyek yang berhubungan dengan pembangunan seperti halnya restoran ataupun bangunan yang lain.

Dengan pesatnya pembangunan yang ada, maka tidak heran jika keberadaan kontraktor bangunan mulai banyak yang bermunculan. Anda bisa mencari mana yang yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan yang akan dilakukan. Apalagi tiap kontraktor tentu memiliki spesifikasinya masing-masing.

Apa Itu Pengertian dan Definisi Kontraktor Bangunan

kontraktor bangunan

Apa sih kontraktor bangunan itu? Dilihat dari bahasanya, kontraktor berasal dari kata kontrak yang memiliki artian khusus yakni kesepakatan ataupun surat perjanjian yang berhubungan dengan proyek tertentu.

Dengan demikian, kontraktor bangunan bisa diartikan sebagai badan hukum ataupun badan usaha yang disewa oleh pihak lain untuk mengerjakan suatu proyek. Pengerjaan tersebut dilakukan sesuai dengan perjanjian di dalam kontrak yang sudah disepakati oleh pihak yang melakukan perjanjian.

Dalam perjanjian yang dibuat dilengkapi dengan penjelasan mengenai biaya keseluruhan, detail pekerjaan serta terdapat juga kapan pengerjaan harus selesai dilakukan.

Kontraktor rumah biasanya mendapatkan pekerjaannya dengan cara memenangkan proyek ataupun melalui lelang proyek. Tentunya setelah bersaing dengan kompetitor lainnya dan ia ditetapkan sebagai pemenangnya.

Proyek yang dikerjakan oleh kontraktor bukan hanya untuk rumah saja namun juga jenis bangunan yang lain. Ada pembangunan jalan, pembangunan mall, pembangunan perkantoran, gedung bertingkat hingga bandara. Dengan demikian, seseorang harus menyesuaikan jasa yang ia kunjungi dengan spesialiasi yang dimiliki.

Ruang Lingkup Pekerjaan dan Tugas Kontraktor Bangunan

kontraktor bangunan

Dalam menjalankan pekerjaannya, kontraktor bangunan memiliki beberapa tugas yang harus dilakukan. Berikut ini adalah beberapa tugas yang dimaksud :

  • Mengerjakan pembangunan sesuai dengan peraturan => Kontraktor untuk proyek bangunan harus membuat bangunan dengan spesifikasi yang telah direncanakan sebelumnya. Biasanya akan akan perjanjian antar kedua belah pihak yang harus ditaati oleh satu dengan yang lain.
  • Membuat laporan => Kontraktor memiliki tugas untuk melaporkan kemajuan dari pekerjaan yang dilakukan. Laporan tersebut bisa dibuat sesuai dengan kesepakatan, baik dalam bentuk harian, mingguan, ataupun bulanan. Selanjutnya laporan bisa diberikan kepada pemilik proyek. Salah satu isinya adalah bagaimana pelaksanaan pembangunan.
  • Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu => Akan ada kesepakatan yang isinya kapan bangunan harus sudah diselesaikan. Jika sudah ada kesepakatan yang satu ini, maka tugas kontraktor adalah menyesuaikan kecepatan pembangunan agar deadline waktu tersebut bisa dipenuhi
  • Menjaga keamanan lokasi proyek => Keamanan dan kenyamanan lokasi proyek harus diperhatikan dengan baik supaya pelaksaan pembangunan bisa lebih lancar. Dengan keamanan yang terjaga, lokasi proyek juga akan minim bahaya, sehingga hal yang tidak diinginkan bisa dihindari
  • Membuat bangunan yang brkualitas => Dalam hal ini, kontraktor akan memastikan jika bangunan yang ia buat aman dan layak untuk digunakan. Kontraktor berusaha semaksimal mungkin supaya bangunan tersebut memenuhi semua unsur keselamatan bangunan, sesuai dengan undang-undang yang berlaku
  • Melakukan evaluasi => Evaluasi diperlukan untuk mengetahui apakah ada sesuatu dari bangunan yang janggal hingga berpotensi menganggu keselamatan. Evaluasi tentunya harus dilakukan secara berhati-hati dan teliti

Tugas lainnya adalah menyediakan sumber daya pembangunan yang dibutuhkan, seperti halnya material pembangunan, peralatan, hingga tenaga kerja demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan. Jasa yang profesional, tentunya dapat melakukan tugasnya dengan baik serta mampu bertanggung jawab membuat bangunan yang aman dan layak digunakan.

Apa Saja Resiko Sebagai Kontraktor Bangunan

kontraktor bangunan

Sebagai seorang kontraktor ia harus melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontrak yang telah disepakati. Ia juga sebaiknya melaporkan proses dari pembuatan bangunan kepada pemilik bangunan yang telah meminjam jasanya. Pelaporan sendiri bisa dilakukan sesuai dengan waktu kesepakatan mulai dari laporan harian, mingguan hingga bulanan.

Dalam suatu pekerjaan, termasuk juga menjadi seorang kontraktor bangunan tentunya terdapat beberapa resiko yang membuat pekerjaan tak berjalan lancar. Risiko tersebut bisa mencapai banyak hal, seperti yang berikut ini:

  • Risiko dalam bidang kontrak ==> bisa terjadi saat adanya pasal yang kurang jelas, masalah jaminan serta aransi, berkaitan dengan lisensi dan hak paten, force majeure hingga pengaturan pembayaran serta klaim.
  • Risiko dalam bidang ekonomi ==> berkaitan dengan peraturan perpajakan, dalam bidang ekonomi, sosial, realisasi pinjaman, perijinan, kestabilan moneter, aliran kas hingga realisasi dari pinjaman.
  • Risiko dalam bidang manajemen ==> bisa terjadi karena kurang tepatnya dalam pemilihan personil, perencanaan lingkup biaya, jadwal, ketepatan dalam struktur organisasi hingga kurang jelasnya kebijakan serta prosedur pembangunan.
  • Risiko dalam bidang teknis ==> bisa berhubungan dengan masalah tenaga kerja, ketersediaannya tenaga ahli, kualitas kontruksi, pengadaan material hingga teknologi baru dalam suatu kontruksi.

Dengan beragamnya risiko yang bisa terjadi pada kontraktor maka manajemen risiko sebaiknya diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya risiko kedepannya. Manajemen risiko sendiri bisa dilakukan dengan cara memahami, mengidentifikasi lalu mengevaluasi risiko pada suatu proyek yang dijalankan.

Tips Mencari Kontraktor untuk Pembangunan

kontraktor bangunan

Apakah Anda berencana mencari jasa kontraktor untuk proyek bangunan dalam waktu dekat ini? Jika iya, pemilihan jasa sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Jika menginginkan hasil yang memuaskan, Anda bisa ikuti beberapa tips mencari kontraktor yang berikut ini :

  • Berpengalaman => Mereka yang telah berpengalaman, akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik serta minim risiko yang bisa merugikan pemilik proyek ataupun dari pihak jasa itu sendiri
  • Terpercaya => Anda bisa cek dulu mengenai kontak dan juga alamat dari jasa. Pastikan jika jasa tersebut memiliki kontak resmi yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Pastikan juga mereka memiliki kantor resmi, sehingga bisa di datangi saat klien ingin melakukan konsultasi secara langsung atau ketika ada masalah dalam pengerjaan proyek
  • Testimoni klien => Biasanya, testimoni bisa ditemukan di website resmi milik jasa. Anda juga bisa bertanya pada mereka yang sudah pernah menggunakan jasa dari pihak jasa kontraktor tersebut
  • Fast respond => Anda juga sebaiknya mencari jasa yang mampu menanggapi pertanyaan dan juga konsultasi dari klien secara cepat. Cari juga jasa yang mampu memberikan penjelasan secara jelas dan akurat mengenai rencana pembangunan kepada klien.
  • Memiliki kinerja yang baik => Untuk tips yang satu ini, Anda bisa cari tahu dulu pekerjaan atau daftar proyek yang sudah pernah ditangani oleh jasa. Jika perlu, Anda bisa datang langsung ke lokasi untuk mengecek bagaimana hasil dari pekerjaan yang sudah dilakukan
  • Memiliki legalitas => Pastikan jika jasa yang Anda gunakan memiliki izin yang masih berlaku. Ketahui juga jenis badan usaha yang mereka miliki. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan Anda kepada jasa kontraktor.

Tips lainnya adalah mencari tahu apakah penawaran harga yang mereka berikan pas atau tidak dengan budget. Hindari mencari jasa yang menawarkan harga terlalu mahal, namun kualitas pekerjaannya tidak terlalu baik karena berpotensi merugikan kedepannya. Pastikan Anda mendapatkan pelayanan sesuai dengan harga yang Anda bayarkan.

Agar mendapatkan bangunan yang sesuai keinginan, pemilihan kontraktor bangunan tentu tak boleh sembarangan. Carilah yang mengedepankan profesionalitas dan tentunya sesuai budget yang dimiliki.

Kontraktor Proyek Pembangunan PT. Adhyaksa Persada Indonesia

kontrak proyek

Seperti yang diketahui, seiring dengan berjalannya waktu pembangunan terjadi di berbagai wilayah. Untuk memenuhi permintaan pasar, tepatnya pada tahun 2013, badan usaha yang bergerak di bidang jasa konsultan dibentuk dengan nama PT Adhyaksa Persada Indonesia.

Usaha ini bergerak di banyak bidang mulai dari bidang arsitektur dan interior, manejemen, bidang perencanaan, hingga pengawasan. Selama menjalankan usahanya, PT Adhyaksa Persada memiliki beberapa visi, dimana salah satunya adalah menjadi perusahaan konsultan desain untuk bangunan pemerintahan, bangunan sipil, dan juga jenis bangunan komersil.

Ruang lingkup kerja kami juga cukup meluas, mulai dari bidang desain dan arsitektur, bidang sipil seperti halnya perencanaan bangunan dan struktur desain, hingga bidang pengawasan dan lain sebagainya. Dengan demikian, klien bisa tentukan sendiri jenis jasa apa yang diinginkan saat melakukan kerja sama bersama kami.

Sebagai konsultan di bidang desain dan engineering, PT Adhayaksa Persada Indonesia memiliki berbagai tenaga ahli, mulai dari arsitek, interior desainer, dan lain-lain.

Tenaga ahli yang kami miliki merupakan tenaga profesional dan tentunya sudah lulus uji kualitas. Tidak heran jika dengan tim yang dimiliki, hasil yang kami berikan juga akan lebih maksimal serta mampu memuaskan klien.

Keunggulan Layanan Kontraktor Bangunan Adhyaksa Persada

keunggulan layanan

Ada banyak alasan mengapa Anda yang membutuhkan jasa kontraktor sebaiknya menghubungi PT Adhyaksa Persada Indonesia. Alasan tersebut adalah karena kami merupakan jasa yang menawarkan banyak sekali keunggulan bagi klien yang membutuhkan kerjasama dengan kontraktor.

Mengenai kelebihan layanan yang kami tawarkan, Anda bisa simak ulasan di bawah ini :

  • Tim yang ahli => Kami memiliki tim yang telah berpengalaman dalam menyelesaikan berbagai kebutuhan proyek dari klien
  • Mudah dihubungi => Bagi Anda yang berminat menggunakan jasa yang kami tawarkan, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui salah satu kontak resmi yang tersedia. Ada alamat email, ada nomor telepon kantor, hingga kontak whatsapp yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan
  • Pekerjaan yang memuaskan => Kami melayani dengan semaksimal mungkin untuk memuaskan klien. Anda juga bisa lihat testimoni yang masuk dari klien yang merasa puas dengan pekerjaan yang telah kami lakukan
  • Hasil yang berkualitas => Kami memiliki standard kualitas tersendiri dalam mengerjakan proyek dari klien. Kami juga mengutamakan keberhasilan dari proyek yang kami miliki sebagai bentuk pelayanan terbaik kami bagi klien yang mempercayakan proyeknya kepada kami

Sebagai salah satu perusahaan kontraktor bangunan, kami juga memiliki beberapa kantor yang tersebar di Bandung. Tidak hanya itu, namun kami juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu proyek yang tengah dikerjakan. Tidak perlu ragu untuk melakukan konsultasi terlebih dulu melalui salah satu pilihan kontak yang kami sediakan.

Bagi Anda yang tengah berencana membuat suatu bangunan dan membutuhkan kontraktor bangunan, bisa berkonsultasi dengan perusahaan planner & engineering, Adhyaksa Persada Indonesia. Kami sebagai Konsultan kontruksi bangunan menangani mulai dari perencanaan bangunan, estimasi harga, spesifikasi teknik hingga struktur bangunan dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *