Fokus Kontraktor NTB dalam Pembangunan Bendungan

Pembangunan terus dilakukan di banyak daerah di Indonesia, hal ini tentunya untuk mendukung kesejahteraan suatu daerah. Seperti halnya, pemerintah NTB yang bekerja sama dengan Kontraktor NTB yang telah rampung membangun 5 Bendungan baru. Bendungan yang telah diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo yang berlokasi di Tanju Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Namun tidak hanya membangun satu, tetapi ada lima bendungan yang sudah di bangun di NTB hingga tahun 2019.

Target Pembangunan Bendungan Melalui Kontraktor NTB

kontraktor NTB

Kunci dari pembanguan ini sendiri adalah keberadaan air. Bendungan tersebut mampu menambung hingga 18 juta meter kubik untuk mengairi sawah hingg 2.250 hektar. Hal ini tentunya akan sangat membantu komoditas pertanian dan akan terus meningkat, dan panen akan menjad tiga kali lebih besar.

Indonesia merupakan negara yang jumlah penduduknya tidak sedikit berfokus pada pertanian. Hal ini tentunya dirasa penting untuk membangun banyak bendungan di Indonesia. Saat ini Indonesia memang  baru memiliki 231 bendungan, jika di bandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah memiliki sebanyak 6.100 bendungan, jepang 3.000 bendungan, dan China yang memiliki sebanayk 110.000 bendungan.

Dua bendungan baru lainnya yang ada di NTB yakni Mila dan Bendungan Bintang Bano, serta Bendungan Meninting, Bendungan Beringin Sila. Di NTB sendiri memiliki 9 Bendungan eksiting yaitu bendungan Gapit, Bendungan Butujai, Bendungan Mamak, Bendungan Batu Bulan, Bendungan Pengga, Bendungan Pelaperadi dan Pandan Duri yang tidak terlepas dari bantuan kontraktor NTB.

Selain irigasi, air dari bendungan tanju pun dimanfaatkan untuk baku warga yakni Kecamatan Manggalewa, yang memiliki kapasitas 50 liter/detik. Selain itu bendungan ini memiliki fungsi lain sebagai pengendali banjir.

Di bulan februari 2019 level airnya sendiri sudah mencapai  ketinggian spill out bendungan dan bisa mengairi ke sawah petani. Luas genangan yang mencapai 325,2 hektar. Bendungan Tanjau sendiri dapat dikemabangan menjadi wisata air dan menjadi destinasi wisata bari di kawasan Dompu.

Kementrian PUPR sendiri tengah menargetkan pembanguanan dari bendungan yang mencapai hingga 65 bendungan yang terdiri dari bendungan lanjutan pada 2015-2019, dan 49 bendungan baru yang akan dibendung di NTB. Dari 65 bendungan sendiri sebanyak 9 bendungan sudah rampung dan 34 bendungan lainnya yang memasuki tahap pelaksanaan, dan sisanya yang dibangun pada tahun 2019 ini.

Kontraktor NTB

kontraktor bendungan ntb

Menilik dari ulasan diatas sudah terbukti bahwa Indonesia memang tengah melakukan pembangunan di banyak daerah, pembangunan memang tidak terlepas dari jasa kontraktor yang hendak merealisasikan proyek pembangunan.

Bagi anda yang belum memahami apa itu kontraktor, ini merupakan kata lain dari pemborong yang berasal dari kata kontrak. Artinya seseorang yang membtuhkan jasa pembangunan atau hal lainnya yang berhubungan dengan sebuah kontruksi atau pembanguan.

Lembaga, orang atau instansi dari kontraktor sendiri tidak begitu saja membantu melakukan suatu pembangunan. Akan ada suatu kontrak yang harus disepakati oleh kedua belah pihak yakni pihak yang hendak menyewa jasa dan pemberi jasa itu sendiri.

Proyek dari pekerjaan sendiri berdasarkan dari isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek yang meruapak lembaga pemerintahan, badan hukum,perorangam maupun badan usaha yang secara resmi harus mengikuti aturan dan penujukkannya. Sementara itu wilayah dari bidang usaha kontraktor sendiri memang terbilang banyak yakni :

1. Kontraktor jasa pegadaan tenaga kerja

2. Kontraktor jasa pelaksana kontruksi

3. Kontraktor militer dan pertahanan dan masih banyak lagi.

By |2019-07-14T16:52:47+00:00July 14th, 2019|Blog|