Peran Kontraktor Dalam Pembangunan Sulawesi

Maraknya pembangunan di Indonesia menjadikan banyaknya kontraktor yang turut berkontrubusi, tak lain kontraktor Sulawesi yang ikut dalam memajukan pembangunan infrastruktur di pulau ini demi kesejahteraan rakyat daerah sendiri.

Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi pada tahun 2018 lalu telah mencapai 7,383%. Hal ini karena banyaknya program pembangunan yang dicanangkan dan mendukung untuk meningkatnya kegiatan ekonomi melalui Kontraktor sulawesi.

Peran dari Kontraktor Sulawesi

kontraktor sulawesi

Peran Kontraktor Sulawesi adalah dalam pembangunan jalan bebas hambatan Tol Manado – Bitung dengan panjang hingga 39,9 km. Sulawesi sendiri menjadi kawasan yang cukup strategis untuk dilewati oleh Belt and Road Initiative. Ini merupakan sebuah prinsip kerangka, prioritas kerja sama yang mencakup di Jalur Sutra antara lain Asia Barat, Asia Tengah, Timur Tengah dan Eropa.

Selain itu peran kontraktor sulawesi pun dibutuhkan untuk membangun pelabuhan Lirung Kabupaten Kepulauan Taulud. Yakni bendungan multifungsi Kuwil Kabupaten Minahasa Utara. Hal ini untuk pengembangan dari pangkalan udara Sam Ratulangi, Bandara Minagas, Bandara Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Bandara Pihise yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Peran kontraktor sulawesi juga tidak terlepas dari Daerah Irigasi Randangan yang ada di Kabupaten Pohiwato, Provinsi Gorontalo. Sebelumnya pembangunan bendung dan jaringan Irigasi Randangan memang dijadwalkan selesai di tahun 2020. Namun percepatan ini ditargetkan rampung di akhir 2018 lalu.

Bendungan tentunya dibutuhkan untuk kebutuhan masyarakat sendiri khususnya pertanian, menanggulangi banjir, dll. Tentunya peran kontraktor sulawesi menjadi hal yang terpenting dalam membangun infrastruktur dan pembangunan yang lainnya dengan kualitas yang baik tentunya. Saat ini bendungan dan saluran primper di Sulawesi sendiri kian rampung dan sudah memasuki penyelesaian atau tahapan akhir. Daerah irigasi randangan kiri kini memiliki luas 4.084 hektar. Hal ini terdiri dari saluran sekunder dengan panjang 22,5 jm, saluran induk sepanjang 6,7 km.

Selain itu Daerah Irigasi Randangan Kanan sendiri memiliki luas 4800 hektar yang terdiri dari saluran sekunder sepanjang 25,4km, dan saluran induk yang mencapai 7,6 km. tentu saja hal ini akan membantu wilayah yang dibangun saluran irigasi menjadi pemasok tanaman juga pangan yang terbesar di Sulawesi. Jika tadi telah membahas mengenai Kontraktor Sulawesi.

Pengertian Umum Kontraktor

pengertian kontraktor

Kontraktor sendiri disebutkan sebagai seseorang atau lembaga baik instantansi yang melakukan pemborongan atau kontrak kepada instansi penyedia jasa kontraktor. Tentu saja hal ini harus melalui kesepakatan dari kedua belah pihak yang hendak menjalankan sebuah proyek pekerjaan yang tertera pada isi kontrak itu sendiri.

Isi kontrak yang dimenangkannya entah dari pihak pemiliki proyek atau instansi, pemerintahann atau badan hukum baik itu perorangan maupun badan usaha yang dirasa telah melakukan penunjukkan yang resmi. Tentu saja ada aturan didalamnya, target proyek ataupun pekerjaan atau order yang dimaksud sudah tertuang didalam kontrak yang pastinya harus sudah  di sepakati antar owner juga kontraktor pelaksana.

Membahas mengenai hal tersebut, kontraktor sendiri memiliki ruang lingkup yang sangat luas dan fokus usaha serta spesialisasinya masing-masing dan yang pasti sesuai dengan bidangnya, sebagai berikut :

1. Kontraktor Bidang Militer dan Pertahanan

2. Kontraktor Pengadaan Tenaga Kerja dan Bidang Jasa

3. Kontrakot Bangunan yang menyediakan jasa pelaksana kontruksi

By |2019-07-14T16:30:07+00:00July 14th, 2019|Blog|