Pengertian dan Peran Manajemen Konstruksi Yang Harus Anda Tahu

Manajemen konstruksi merupakan istilah yang sangat penting dalam teknik sipil. Istilah ini menjadi hal yang harus dipelajari oleh ahli-ahli teknik sipil. Hal ini dikarenakan untuk menyukseskan sebuah proyek ternyata dibutuhkan pula manajemen yang baik.

Pengertian Manajemen Konstruksi Secara Umum

managemen konstruksi baru

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan manajemen dalam konstruksi? istilah ini adalah ilmu yang mempelajari sekaligus mempraktekkan asoek-aspek dari manajerial serta teknologi di dalam konstruksi.

Jadi, manajemen dalam konstruksi sendiri telah menjadi model bisnis yang diterapkan oleh konsultan konstruksi. Salah satu contohnya adalah mereka memberikan nasihan serta bantuan dalam sebuah proyek yang dikerjakan.

Untuk penerapannya di lapangan, dibutuhkan manajer kosntruksi. Posisi ini berperan penting dalam menyukseskan sebuah proyek.

Tanggung Jawab Manajer dalam Konstruksi

Manajemen konstruksi

Sebuah proyek sudah tentu membutuhkan manajemen yang baik. Posisi manajer proyek pun bukanlah posisi yang sederhana. Selain pengetahuan yang baik, mereka juga harus bisa mengatur berbagai aspek di bawahnya. Tanggung jawab manajer sendiri dalam sebuah proyek adalah sebagai berikut :

  • Membuat perencanaan proyek manajemen => Tugas ini termasuksulit karena harus menyesuaikan dengan ide dan gagasan dari pemilik proyek. Perencanaan sendiri meliputi banyak hal termasuk desain.
  • Manajemen harga => Memilih material bukan hanya mengandalkan kualitasnya saja. Akan tetapi, harga juga menjadi hal yang penting. Karena itulah, manajer memiliki tanggung jawab dalam hal manajemen harga yang harus sesuai dengan budget yang ada.
  • Manajemen waktu => Setiap proyek harus dikerjakan tepat waktu. Hal ini harus dilakukan agar pemilik proyek tidak rugi akibat keterlambatan pembangunan.
  • Manajemen kualitas => Tentu sebuah bangunan harus mengedepankan kualitas. Dalam hal ini pemilihan SDM pun sangat penting guna mendapatkan tenaga ahli berpengalaman dalam setiap bidang.
  • Manajemen keselamatan dan praktik profesional => Setiap proyek seperti halnya gedung bertingkatk, jalan, jembatan bahwa rumah sekalipun harus mengedepankan keselamatan. Hal ini diupayakan dengan alat kerja yang aman serta pelaksanaan konstruksi yang sesuai standard.

Peran Manajemen dalam Konstruksi yang Harus Anda Tahu

managemen konstruksi

Manajet konstruksi harus diduduki oleh orang-orang yang handal serta memiliki integritas tinggi. Pasalnya banyak aspek yang harus diatur dan diawasi seperti halnya beberapa aspek di atas.

Perannya sendiri sangat besar, yaitu sebagai layanan yang dibutuhkan untuk mengkoordininasikan dan mengkomunikasikan seluruh proses. Jadi, semua tahapan konstruksi harus ditangani oleh seorang manajer konstruksi.

Misalnya adalah adanya studi kelayakan dan penelitian  pada tahap pra konstruksi. desain dan perencanaan, penjadwalan, dan pembangunan aktual ditangani oleh manajer konstruksi.

Pada perusahaan kontraktor yang terpercaya, hal ini telah terstruktur dengan baik. SDM berpengalaman telah menjadi manajer yang profesional. Apalagi untuk proyek-proyek besar, maka peran manajer sendiri sangat penting.

Jika dijabarkan dengan singkat, berikut ini fungsi dari manajemen dalam konstruksi yang perlu Anda tahu :

  • Perencanaan, termasuk pengambilan keputusan pada beberapa pilihan
  • Mengorganisasi, seperti menerapkan jenis-jenis kegiatan yang perlu dilakukan
  • Penempatan orang, tentunya sesuai dengan jenis pekerjaan mereka
  • Mengarahkan, termasuk pembinaan motivasi dan bimbingan
  • Mengontrol, tujuannya adalah menjamin perencanaan bisa diwujudkan

Perusahaan Kontraktor Terpercaya bagi Anda

konstruksi perusahaan

Untuk menambah kredibiltas perusahaan, maka ada manajemen dalam konstruksi yang terkoordinasikan dengan baik. Hal ini akan berpengaruh pada hasil konstruksi nantinya.

Maka dari itulah bisa dikatakan bahwa kesuksesan sebuah proyek akan dipengaruhi oleh manajemen yang baik. Maka, jangan ragu untuk memilih kontraktor terpercaya untuk proyek Anda.

Untuk memastikan manajeen berjalan dengan baik, maka mulailah untuk menemukan perusahaan konstruksi yang terbaik pula. Jasa ini bisa membantu dalam mewujudkan bangunan yang Anda impikan.

Untuk manajemen konstruksi yang sudah berpengalaman dan profesional, kamilah tempatnya. Kami membantu setiap indivdu, swasta maupun pemerintah mewujudkan proyek impian dengan tanggung jawab dan integritas yang tinggi.

By |2020-01-17T10:58:11+00:00Januari 17th, 2020|Blog, konstruksi|