7 Bahan Bangunan yang Penting untuk Konstruksi

Dalam konstruksi bangunan, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah material bangunan yang digunakan. Pemilihan bahan bangunan yang digunakan juga dapat menentuan efisiensi biaya konstruksi. Oleh karena itu, hal tersebut pun sangat berpengaruh pada berjalannya sebuah pembangunan konstruksi itu sendiri.

Apa Itu Material Bangunan untuk Konstruksi?

Bahan Material Bangunan

Apa itu material bangunan dalam konstruksi? Hal tersebut adalah setiap bahan yang digunakan untuk tujuan menjalankan konstruksi. Banyak bahan alami yang digunakan untuk kepentingan itu, di antaranya seperti tanah liat, pasir, kayu dan batu, bahkan ranting dan daun telah digunakan untuk membangun bangunan.

Dalam arti lain, penggunaan bahan bangunan tersebut memang dilakukan untuk kepentingan membangun bangunan dalam dunia konstruksi. Sebelum merancang konstruksi sebuah bangunan, tentu saja Anda harus mengetahui bahan bangunan apa yang diperlukan. Hal ini dilakukan supaya proses pembangunan pun berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Macam-Macam Material Bangunan yang Digunakan

macam material bangunan

Bagi Anda yang tengah merencanakan sebuah pembangunan atau bisa juga merencanakan renovasi rumah, tentu mengetahu material bangunan yang diperlukan sangatlah penting. Jadi apa saja material yang digunakan untuk menjalankan sebuah pembangunan konstruksi?

1. Batu Bata

Batu bata adalah material yang sangat penting dalam pembangunan atau konstruksi. Material yang satu ini  terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerah-merahan yang khas.

Namun, penggunaan batu bata sebagai bahan bangunan untuk dinding mulai menurun penggunaannya seiring berjalannya waktu. Material ini digantikan oleh gipsum atau bambu. Meskipun demikian bahan yang satu ini juga masih dipercaya sebab lebih kokoh.

2. Batu

Batu adalah bahan bangunan yang paling lama digunakan. Selain ini bahan bangunan yang ini juga paling mudah ditemui. Bahan bangunan yang satu ini merupakan  yang sangat padat sehingga bisa memberikan perlindungan menyeluruh pada konstruksi bangunan.

3. Kayu

Kayu merupakan bahan bangunan yang juga sering digunakan dalam konstruksi. Material ini merupakan material alami yang berasal dari pohon atau  tumbuhan-tumbuhan yang memiliki serat.

Bahan yang satu ini juga cocok digunakan untuk bahan bangunan untuk segala musim. Umumnya, benda ini digunakan untuk menopang bagian atap bangunan dalam pembangunan konstruksi.

4. Semen

Meterial bangunan selanjutnya yang cukup penting bagi konstruksi adalah semen .Bahan ini digunakan untuk menyatukan batu bata dan batako. Tidka hanya itu material yang satu ini pun termasuk bahan bangunan paling vital, terutama dalam pembuatan pondasi.

Berikut ini adalah komponen utama seme:

  • Batu Kapur
  • Tanah Liat (yang  mengandung SiO2, Al2O3, dan Fe2O3)
  • Batu Silika
  • Pasir Besi

5. Metal

Metal adalah salah satu bahan bangunan yang dikenal paling kuat. Bahan bangunan yang satu ini digunakan sebagai kerangka konstruksi bangunan-bangunan besar. Terdapat beberapa jenis metal yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan, di antaranya metal baja, titanium, emas, perak, dan krom

6. Kaca

Kaca merupakan bahan bangunan yang dapat digunakan untuk pembuatan jendela. Material ini umumnya yang terlihat bening dan tipis ini memang telah digunakan sebagai pelapis, terutama untuk ventilasi. Kaca memungkinkan penghuni rumah mendapatkan cahaya dari luar namun juga sekaligus tetap terlindungi dari efek buruk cuaca.

7. Pipa

Material pipa ini bukanlah material bangunan yang berguna untuk pembentukan atap, dinding, ataupun fondasi. Akan tetapi, pipa memiliki peranan penting dalam sebuah konstruksi. Di mana, penggunaannya untuk pembuatan saluran air dan saluran pembuangan pada sebuah bangunan.

By |2019-09-27T02:17:07+00:00September 27th, 2019|konstruksi|