Pelaksana Jasa Konstruksi yang Mesti Dipahami

Pernah mendengar istilah pelaksana konstruksi? Seperti yang sebelumnya  Anda sudah ketahui bahwa kegiatan konstruksi selalu hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan dalam membangun sarana beserta prasarana yang berkaitan dengan pembangunan gedung atau building constructions, pembangunan prasaran sipil (sipil engineer), serta instalasi mekanikal maupum elektrikal. Meskipun demikian, kegiatan konstruksi juga sebetulnya dikenal sebagai kegiatan yang terdiri dari beberapa kegiatan lain dengan memiliki satu tujuan akhir, yaitu menyelesaikan sebuah proyek pembangunan satu unit bangunan.

Pengertian Pelaksana Konstruksi

pelaksana konstruksi

Dalam melakukan kegiatan konstruksi, biasanya selalu dilakukan sebuah perencanaan terpadu. Perencanaan tersebut meliputi besarnya biaya yang diperlukan, rancangan pembangunan, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan konstruksi.

Jadwal perencanaan yang baik akan memengaruhi kelancaran dan keberhasilan sebuah proyek. Hal tersebut tentu saja berhubungan dengan pendanaan, dampak lingkungan, keamanan lingkungan, juga tak luput pula ketersediaan material dan logistik.

Lalu apa pengertian dari istilah yang tadi disebutkan? Istilah itu ditujukan pada layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, serta layanan jasa konsultasi pengawasan pekerjaan konstruksi.

Jasa itu sendiri dapat masuk ke dalam bidang jasa di mana usaha tersebut bergelut pada bidang perencanaan dan pengawasan terkait konstruksi bangunan. Secara singkat, hal ini dapat diartikan sebagai usaha yang bisa berhubungan dengan pengawasan suatu kegiatan konstruksi dalam pembentukan sebuah bangunan. Kegiatan ini menyangkut pada kepentingan serta keselamatan masyarakat yang menggunakan serta lingkungan hidup.

Kegiatan dalam Usaha Konstruksi

pelaksana konstruksi

Berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 1999, terdapat 3 jenis kategori kagiatan yang masuk ke dalam jenis usaha jasa konstruksi, di antaranya:

1. Perencanaan Konstruksi

Perencanaan konstruksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan layanan jasa perencanaan yang terkait dengan konstruksi dalam rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan konstruksi sebuah proyek. Hal tersebut dimulai dari studi megenai pengembangan hingga dengan penyususnan dokumen kontrak kerja dalam sebuah konstruksi. Orang yang melakukan tugas dalam melakukan perencanaan konstruksi dapat disebut Konsultan Perencana.

2. Pelaksanaan Konstrksi

Pelaksaan konstruksi dilakukan bertujuan untuk memberikan layanan jasa pelaksanaan dalam pengerjaan sebuah proyek konstruksi. Kegiatan dalam pelaksanaan konstruksi ini meliputi rangkaian kegiatan yang dimulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan hasil akhir pekerjaan konstruksi sebuah proyek. Orang yang melakukan peran dalam melakukan pelaksanaan konstruksi disebut dengan Kontraktor Konstruksi.

3. Pengawasan Konstruksi

Pengawasan konstruksi merupakan sebuah kegiatan dalam menjalankan sebuah proyek yang bertujuan untuk memberikan layanan jasa pengawasan, baik itu meliputi sebagian maupun keseluruhan dari pekerjaan pelaksanaan konstruksi. Kegiatan ini dimulai dari penyiapa lapangan hingga pada tahap penyerahaan akhir konstruksi. Orang yang menjalankan kegiatan yang satu ini dapat disebut dengan istilah Konsultan Pengawas.

Berdasarkan apa yang telah dipaparkan di atas, Anda sudah mengenal pengertian serta mengetahui secara langsung apa itu jasa konstruksi. Selain itu, dalam menjalankan usaha jasa tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam menjalankan proyek konstruksi, di antaranya adalah perencanaan konstruksi, pelaksanaan konstruksi, dan pengawasan konstruksi.

Untuk itu, sebuah perusahaa atau lembaga bernama Adhyasa Persada merupakan salah satu lembaga yang sedang fokus menggeluti bidang konstruksi.

Maka dari itu, jika Anda sedang merencanakan pembangunan sebuah proyek konstruksi terkait sarana maupun prasaran masyarakat atupun bukan, perusahaan tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta keseluruhan kegiatan terkait proyek konstruksi yang akan Anda bangun.

By |2019-04-08T11:11:06+00:00April 4th, 2019|Blog|