Wawasan Umum

Pengertian dan Definisi Pelapon Gipsun dan Manfaatnya

gypsum

Pelapon gipsun sangat erat hubungannya dengan pembangunan rumah. Jenis plafon yang satu ini cukup banyak diminati dan digunakan oleh masyarakat. Plafon sendiri bisa diartikan sebagai langit-langit yang ada di dalam rumah dimana letaknya di antara atap dan juga ruang bawahnya. Penggunaan plafon banyak difungsikan agar hunian bisa terasa lebih sejuk.

Definisi dan Pengertian Apa Itu Pelapon Gipsun

Pelapon Gipsun

 

Jenis plafon yang satu ini adalah plafon yang dibuat dari material berupa bebatuan sedimen yang kokoh. Biasanya, panel dari plafon ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan panel plester.

Plafon jenis gypsun sendiri mudah untuk dimodifikasi sehingga banyak produsen yang memproduksinya ke dalam berbagai jenis model dan juga pola. Pemasangan jenis plafon ini cukup praktis serta tidak memerlukan waktu yang lama. Bisa dipasang pada penggunaan rangka kayu ataupun rangka besi hollow.

Hal yang Harus Diperhatikan Pada Pelapon Gipsun

Pelapon Gipsun

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penggunaan pelapon gypsun. Beberapa hal penting tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kualitas kertas yang baik => Akan lebih baik jika Anda membeli gypsun dengan daya rekat kertas pelapis yang tidak mudah terkelupas ataupun sobek. Jika kertas yang dipilih tidak bagus, maka gypsun juga akan mudah berjamur hingga cepat bolong. Hal ini akan merugikan Anda karena membuat tampilan plafon menjadi tidak enak dipandang.
  • Berkualitas => Anda juga sebaiknya memperhatikan jenis gypsum yang dibeli apakah kuat atau tidak saat digunakan. Jika sewaktu diangkat gypsun terasa rapuh maka papan tersebut bisa saja mudah patah. Jenis papan gypsum tersebutsebaiknya tidak dibeli
  • Garansi produk => Memang tidak semua, namun ada beberapa produsen gypsun yang menyediakan garansi untuk pembelian. Anda bisa melakukan pembelian pada produsen yang memberikan jaminan produk berupa garansi
  • Pemasangan yang tepat => Untuk pemasangannya, diperlukan peralatan yang tepat untuk memastikan keamanan dan juga ketepatan dalam pemasangan gypsum. Hubungi jasa yang berpengalaman untuk pemasangan.

Selain beberapa hal di atas, hal penting lainnya yang harus diperhatikan dari penggunaan gypsun adalah area pemasangan papan gypsun. Pemeriksaan sendiri sebaiknya dilakukan secara menyeluruh dan pastikan jika sudut rangkanya masih kuat dan layak untuk digunakan. Hindari pemasangan saat rangkanya sudah rapuh karena berpotensi membahayakan penghuni.

Cara Pemasangan dan Pemilihan Pelapon Gipsun

Pelapon Gipsun

Meski lebih praktis dalam hal pemasangan dibandingkan dengan jenis plafon yang lain, namun pemasangan jenis plafon ini tetap harus dilakukan secara cermat dan hati-hati. Pemasangan plafon sendiri dilakukan dengan beberapa langkah. Adapun secara singkatnya, pemasangan dilakukan dengan langkah yang  berikut ini.

  • Langkah pertama => Ada dengan mengukur ketinggian ruang yang akan dipasangi plafon
  • Langkah kedua => Bisa dilakukan dengan cara melakukan pemasangan wall angle yang berguna sebagai penopang dari plafon. Anda bisa menggunakan skrup dengan cara di bor dalam pemasangannya
  • Langkah ketiga => Pemasangan hollow akan dilakukan. Jika ukuran hollow sudah pas dan layak, maka bisa ditumpangkan hollow ke sisi atas wall angle dengan menggunakan bor. Pastikan pemasangannya kuat
  • Langkah kelima => Langkah berikutnya dilakukan dengan cara memasang hollow di atas hollow yang lain. Hollow bagian atas memiliki fungsi untuk mengunci hollow di bagian bawah.
  • Langkah ke enam => Membuat gantungan. Anda bisa membuat gantungan dari hollow bagian atas juga hollow bagian bawah ke rangka atap hunian. Pastikan jika semua hollow bagian atas tidak ada yang goyang lagi. Jikapun masih ada yang goyang, Anda bisa memasang sekrup ulang supaya tidak lagi longgar

Pemasangan plafon bisa meminta jasa yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Jasa yang profesional membantu pemasangan plafon secara lebih kuat dan tentunya meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Untuk plafon yang awet serta tahan lama saat digunakan, maka diperlukan plafon yang berkualitas. Ada baiknya untuk memilih jenis gypsum yang memiliki permukaan mulus serta tidak berongga. Hal ini dilakukan supaya pemilik rumah bisa mendapatkan plafon yang sempurna dan juga kokoh saat digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Pelapon Gipsun

Pelapon Gipsun

Apakah Anda ingin menggunakan jenis plafon yang satu ini sebagai pelengkap sekaligus pelindung rumah yang dihuni?

Jika iya, maka penting untuk tahu apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari plafon yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung simak ulasannya disini.

Kelebihan pelapon gypson

Berikut ini adalah kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan pemasangan jenis plafon yang satu ini :

  • Tahan panas => Sifat pelapon yang satu ini membuat potensi kebakaran di dalam rumah menjadi lebih kecil. Saat plafon terbakar sekalipun, maka api akan padam di area tersebut serta tidak menyebar ke permukaan plafon yang lain. Alhasil, penghubungi juga akan lebih aman tinggal didalamya.
  • Rapi => Penggunaan jenis pelapon yang satu ini juga tampak rapi dengan sambungan antar komponennya tidak terlihat. Hal ini tentu berbeda dengan jenis material lain dimana sambungannya terlihat lebih jelas. Kerapian juga menjadi salah satu hal penting dalam menampilkan bentuk rumah yang indah.
  • Praktis => Saat plafon mengalami kerusakan, maka penghuni bisa memotong bagian tersebut dengan gypsum yang baru. Selanjutnya, gypsum bisa dicat ulang, sehingga bekas tambalan tidak terlihat lagi.
  • Ramah lingkungan => Pelapon yang satu ini juga dianggap aman digunakan karena sifatnya yang mudah melebur ke dalam tanah.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tidak heran jika ada banyak orang yang memilih penggunaan jenis plafon yang satu ini.

Kekurangan pelapon gypsum

Meski menawarkan banyak kelebihan, namun plafon dari gypsum juga tidak lepas dari kekurangan. Lantas apa kekurangan dari penggunaan plafon ini?

Kekurangannya adalah saat terkena air yang mana plafon bisa timbul noda dan juga jamur. Jika sudah demikian, hal ini tentu membuat penampilan dari langit-langit tersebut tidak lagi cantik dan enak dipandang. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menutupinya dengan cat atau dengan mengganti bagian yang rusak.

Sebagai pemilik rumah, Anda juga sebaiknya memperhatikan dengan baik kondisi kontruksi atap yang dimiliki. Hal ini dilakukan supaya atap tidak lagi mengalami kebocoran.

Dengan mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari pelapon gypsum, Anda juga akan lebih bijak dalam menggunakannya. Penggunaan secara bijak sendiri dilakukan supaya plafon bisa berfungsi secara maksimal dan tentunya bisa diminimalisir penyebab kerusakannya. Alhasil, pengghuni rumah juga akan semakin nyaman saat tinggal di dalam hunian.

Apakah Anda ingin melakukan pembangunan dan membutuhkan jasa konsultan kontruksi bangunan yang prfesional? Jika iya, maka Anda bisa segera menghubungi Adyaksa Persada Indonesia. Kami memiliki tim yang siap membantu Anda dalam proyek pembangunan yang ingin dilakukan. Hubungi kami untuk konsultasi secara lebih lanjut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *