Apa Pentingnya Membangun Aspal Jalan?

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu hal yang harus dilakukan di setiap negara, termasuk dengan pembangunan aspal jalan itu sendiri. Mengapa? Jalan beraspal akan membarikan kenyamanan bagi pengendar kendaraan bermotor dalam melakukan perjalanannya. Selain itu, pembangunan infrastruktur yang satu ini pun akan memperlancar kegiatan yang memerlukan akses jalan bagi pengguna jalan beraspal tersebut.

Bagaimana Proses Pembuatan Aspal Jalan?

proses pembangunan aspal jalan

Seperti halnya pembangunan trotoar jalan bagi kenyamanan dan keamanan para pejalan kaki, pembangunan aspal jalan ini bertujuan untuk memberi kenyamanan dan keamana bagi pengendara. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya.

Namun setiap pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur ini membutuhkan biaya perencanaan infrastruktur yang tidak sedikit.

Berikut ini adalah beberapa proses yang mesti dilakukan dalam pembangunan aspal jalan:

  •  Pemetaan Jalan => proseses ini diadakan bertujuan untuk menentukan jalur terbaik yang hendak dipakai sebagai jalan.
  • Pembebasan Lahan => Ini merupakan langkah selanjutnya sebagai bagian dari proses pembuatan jalan beraspal, yaitu dengan pembebasan lahan-lahan milik penduduk yang akan digunakan sebagia media pembangun infrastruktur jalan.
  • Penambahan Material => Pada proses ini dilakukan penambahan material untuk pondasi jalan berupa batu-batu kali. Melalui tahapan tersebut, berbagai macam alat berat digunakan. Untuk sekadar diketahui bahwa material untuk pondasi ini dihamparkan di seluruh jalur jalan yang hendak dibangun.
  • Pemberian Lapisan => Pemberian lapisan aspal dilakukan setelah pemberian material jalan diratakan.Aspal akan dipanaskan terlebih dahulu agar mencair , lalu dituang ke permukaan jalan dengan menggunakan alat yang disebut asphalt finisher dengan cara memenuhi standar kepadatan yang diharapkan.
  • Pengerasan dan Pemerataan => Proses ini dilakukan setelah jalan dilumuri aspal dengan kepadatan yang sempurna. Permukaan jalan beraspal akan melalui proses pengerasan dan pemerataan dengan menggunakan alat bernama peneumatic roller.

Apa Jenis Aspal yang Digunakan?

jenis aspal jalan

Dalam pembangunan aspal jalan, jenis aspal yang biasanya digunakan pada umumnya adalah jenis aspal buatan. Hal ini pun juga disesuaikan dengan iklim yang ada di tempat pembangunan itu.

Misalkan, bagi  jalan dengan volume lalu lintas tinggi dan berada di daerah beriklim panas, jenis aspal buatan yang dipakai merupakan jenis aspal penetrasi rendah 40/55.

Sementara aspal penetrasi tinggi 100/100 diperuntukan bagi jalan dengan lalu lintas bervolume rendah atau sedang dengan iklim yang dingin.  Pada dasarnya, pemilihan jenis aspal yang sesuai dengan volume lalu lintas dan cuaca. Hal ini dilakukan untuk membuat ketahanan jalan berlangsung lama.

Namun, ada juga jenis asapal yang dibuat dari bahan plastik. Hal ini merupakan sabuah inovasi bagi pembangunan infrastruktur. Penggunaan aspal untuk jalan raya itu sendiri sudah menjadi penemuan yang memudahkan pergerakan manusia.

Dari hal tersebut, pemerintah Indonesia pun sedang melakukan uji coba untuk mencampur sampah plastik dan aspal untuk membuat aspal buatan jenis lain bagi pembangunan jalan raya. Penggunaan sampah plastik ini juga dilakukan untuk mengatasi persoalan sampah plastik yang menjadi masalah bagi setiap orang di berbagai belahan dunia.

Pembangunan raya beraspal  memang membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Selain itu ada juga biaya pemeliharaan jalan yang  perlu dilakukan secara rutin untuk mempertahankan kondisi jalan.

Tidak hanya itu, saluran drainase di sekitar jalan juga penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan supayaair tidak menggenang di permukaan jalan dan marusak struktur aspal jalan.

Struktur jalan yang melemah memudahkan terjadinya retakan-retakan dan jalan pun harus diperbaiki lagi. Misalnya air hujan akan masuk ke bagian dalam jalan yang kemudian mengurai ikatan material  yang menyebabkan kerusakan.

By |2019-09-03T05:34:46+00:00September 3rd, 2019|konstruksi|