Tentang Pembangunan Jetty di Indonesia

Pernahkah Anda mengenal tentang pembangunan Jetty di Indonesia? Jika Anda merupakan orang yang bergelut pada bidang teknik sipil khususnya pada bagian jasa konstruksi pasti setidakya pernah mendengar istilah tersebut. Atau setidaknya, tahukah Anda apa arti dari istilah jetty itu sendiri? Di sini kita akan membahas mengenai pembangunan jetty, khususnya yang berada di negara ini, yaitu Indonesia.

Apa yang Dimaksud dengan Jetty?

pembangunan jetty di indonesia

Sebelum membahas mengenai pembangunan Jetty itu sendiri, ada kalanya untuk memahami pengertian dari Jetty. Hal ini tentu saja dirasa sagat penting supaya Anda akan lebih mudah dalam memahami segala hal mengenai jetty atau dermaga yang sebelumya telah dibangun di negara ini.

Lalu apa itu Jetty? Jetty merupakan istilah lain dari dermaga. Hal ini tentu sangatlah familiar bagi orang-orang yang bergelut pada bidang kelautan atau bahkan bidang konstruksi pembangunan. Hal ini dikarenakan keberadaannya tak lepas dari kendali berjalannya sebuah proyek konstruksi.

Jetty atau dermaga itu sendiri merupakan salah satu bagian terpenting dari pelabuhan. Tempat tersebut biasanya dijadika serta digunakan sebagai tempat bersandarnya kapal yang tengah menepi di sebuah pelabuhan. Selain itu, tempat yang satu ini juga biasa dijadikan sebagai tempat masuk serta keluarnya orang-orang dari dan menuju kapal. Keberadaan dermaga juga selalu menjorok dan mengarah ke laut.

Fungsi Pembangunan Jetty di Indonesia

pembangunan jetty di indonesia

Pembangunan jetty ini sendiri salah satunya berfungsi sebagai mengurangi terjadinya pendangkalan akibat sedimen yang terbawa oleh arus hingga menuju garis pantai. Jika pendangkalan terjadi, maka hal tersebut dapat menganggu arus lalu lintas kapal yang hendak melewati perairan. Berikut merupaka beberapa fungsi lain dari dibangunnya jetty:

  • Mengurangi Pendangkalan Alur: Jetty merupakan sejenis dermaga yang dapat berfungsi utuk mengurangi pendangkalan alur yang disebabkan oleh sedimen pantai. Pengendapan tersebut khususnya jika terjadi di muara kapal, dapat menggangu lalu lintas kapal. Dalam hal ini, keberadaraan tempat ini sendiri adalah untuk meahan beloknya muara sungai.
  • Untuk Penanggulangan Banjir: Pembagunan jetty juga dapat berfugsi untuk menanggulagi banjir.

Tipe-tipe Pembangunan Jetty

pembangunan jetty di indonesia

Dalam pembagunannya, terdapat beberapa tipe jetty atau dermaga. Berikut adalah beberapa tipe pembangunan jetty yang dibangun di Indonesia:

1. Jetty Panjang

Biasanya, Jetty panjang dibangun dengan cara ujung panjangnya berada di luar gelombang pecah. Pembangunan dermaga dengan tipe seperti ini dimaksudkan untuk menghalangi masuknya sedimen menuju ke muara. Selain itu, jika bermaksud menggunakan kontruksi dengan tipe yang seperti ini akan memakan efisiensi biaya kontruksi yang jumlahnya tidak sedikit. Maka dari itu jika tujuan dari pembangunan dermaga terebut hanya dimaksudkan hanya untuk penanggulangan banjir, maka pembangunan tersebut tidak akan bertepat guna dan juga tidak ekonomis. Pembanguna dermaga yang satu ini sebaiknya hanya dilakukan apabila derah yang mesti dilindungi merupakan daerah yang sangat penting.

2. Jetty Sedang

Jetty atau dermaga yang satu ini biasanya difungsikan sebagai penahan sebagian transport sedimen sepanjang patai. Dikatakan jetty sedang apabila ujungnya berada antara muka air surut gelombag pecah. Pembanguna dermaga sedang barangkali tidak memerlukan biaya sebanyak jetty panjang.

3. Jetty Pendek

Pembangunan dermaga atau jetty pendek biasanya dibangun jika kaki ujung bangunan keberadaannya berada pada permukaan air surut. Fungsi dari tipe jetty pendek yang satu ini adalah sebagai penahan beloknya muara sungai dan mengonsentrasikan aliran air pada alur yang telah ditetapkan supaya dapat mengerosi endapan.

Klik di sini untuk tahu tentang efisiensi biaya produksi.

By |2019-04-04T17:19:07+00:00April 4th, 2019|Blog|