Definisi Rumah Sebagai Sebuah Bangunan untuk Tempat Tinggal

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer setiap manusia di samping kebutuhan pangan dan papan. Dan apakah Anda sudah tahu pengertian rumah itu sendiri? rumah merupakan salah satu bangunan yang dibuat untuk tempat tinggal dan menetap. Biasanya, rumah dibuat seindah juga senyaman mungkin bagi penghuni rumah tersebut.

Pada umumnya, bangunan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat tinggal. Akan tetapi terkadang banyak orang yang berpendapat serta menilai rumah sebagai tolak ukur kondisi dan keadaan, terutaman ekonomi sebuah keluarga yang menghuninya. Intinya, rumah merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagaimana kehidupan seseorang.

Pengertian Rumah Berdasarkan Beberapa Aspek

apa itu rumah

Secara umum, rumah dapat diartikan sebagai sebuah tempat di mana penghuninya akan mendapat perlindungan atau tempat bernaung dari segala kondisi alam yang berada di sekitarnya, seperti hujan, panas terik matahari, dan sebagainya. Rumah juga merupakan sesuatu yang dijadikan tempat beristirahat penghuninya yang telah melakukan berbagaimacam aktivitas di luar yang pembuatannya dibuat berdasarkan pondasi bangunan.

Berikut ini adalah beberapa pengertian rumah yang dapat Anda ketahui:

1. Secara Fisik

Jika dilihat berdasarkan aspek fisiknya, rumah dapat didefinisikan sebagai suatu bangunan tempat kembali dari berpergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat memulihkan kondisi fisik dan mental yang letih dari melaksanakan tugas sehari-hari  bagi penghuninya.

2. Secara Psikologis

Sementara itu, apabila ditinjau berdasarkan aspek psikologinya, pengertian rumah itu sendiri adalah sebuah tempat untuk tinggali serta untuk melakukan hal-hal tersebut di atas, dengan tentram, damai, serta menyenangkan bagi penghuninya. Dari pengertian secara psikologis ini lebih menitikberatkan pada situasi dan suasana fisik rumah itu sendiri.

Fungsi Rumah

fungsi rumah

Terlepas dari pengertiannya, tentu rumah memiliki beberapa fungsi khususnya bagi penghuninya. Menurut Tuner (dalam Jenie, 2001: 45) rumah memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penunjang rasa aman (security) => rumah merupakan jaminan bagi penghuninya sebagai tempat yang akan memberikan rasa aman berupa rasa kepemilikan bangunan rumah dan lahan (the form of tenure).
  • Sebagai penunjang kesempatan (opportunity) => rumah juga merupakan suatu sarana yang dapat dijadikan sebagai penunjang kesempatan bagi yang menempatinya di mana untuk dapat mengembangkan kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga.
  • Sebagai penunjang identitas keluarga (identity) => rumah sebagai tempat tinggal juga  dimaksudkan supaya penghuni dapat memperlihatkan identitas serta statusnya berdasarkan rumah yang dimilikinya.

Syarat Rumah Tinggal

sayarat rumah tinggal

Selain mengetahui pengertian rumah beserta dengan fungsinya, jika Anda berniat membangun sebuah rumah untuk dihuni – Anda juga harus mebngetahui berbagai macam persyaratan rumah tinggal. Berikut merupakan beberapa syarat sebuah untuk rumah bisa ditempati:

1. Aksebilitas

Akesebilitas merupakan salah satu syarat untuk sebuah rumah bisa ditempati, di mana ada bebrapa hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini. Misalnya: kebutuhan transportasi terpenuhi dengan mudah dan murah, jarak tempat menuju fasilitas umum mudah dan cepat., jalan menuju lokasi memiliki kualitas yang cukup baik, aman, nyaman, serta lancar.

2. Lingkungan

Aspek lingkungan juga merupakan sebuah syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin menempati sebuah rumah. Misalnya, kesehatan lingkungan terpenuhi dengan jauh dari berbagai macam polusi, penataan lingkungan cukup asri dan alami, memiliki ruang ruang terbuka yang cukup, serta terpenuhnya prasarana dan sarana memadai.

Pada dasarnya jika Anda memiliki rumah untuk bertempat tinggal, pastikan kondisi, keadaan, serta suasana rumah tersebut aman, nyaman, sehat, serta sesuai dengan organisasi keluarga.

By |2019-05-06T07:56:13+00:00May 6th, 2019|Blog|