4 Fungsi Penting Ventilasi untuk Bangunan

Apa pentingnya ventilasi pada bungunan seperti rumah atau gedung? Setiap bangunan baik itu rumah dan gedung wajib punya sistem ventilasi yang baik. Apabila Anda tinggal di rumah atau gedung yang tidak memiliki ventilasi, maka udara kotor hanya akan terus berputar di dalam ruangan sehingga akan sangat berdampak negatif bagi sistem pernapasan setiap penghuninya.

Jenis Ventilasi Pada Bangunan

jenis ventilasi

Anda meti tahu tentang pentingnya vetilasi pada bangunan tempat Anda tinggal. Bangunan atau rumah yang sehat memiliki sirkulasi udara yang cukup.

Lalu apa itu ventilasi? Ventilasi itu sendiri diartikan sebagai jelan keluar masuk dan pertukaran udara yang digunakan untuk memelihara dan juga mengatur udara. Udara yang dibutuhkan pun harus sesuai dengan kebutuhan penghuni untuk mendapatkan kenyamanan.

Prinsip kerja ventilasi ini adalah membuat suatu proses pertukaran udara yang terjadi karena perbedaan tekanan. Di mana udara akan bergerak dari tempat yang bertekanan tinggi menuju tempat yang bertekanan rendah. Ventilasi itu sendiri bisa berupa pintu, jendela, lubang angin, di mana hal tersebut merupakan salah satu bagian sistem pengendali suhu dan kelembapan.

Ada beberapa jenis ventilasi yang sering digunakan dalam membangun sebuah bangunan, di antaranya:

  • Ventilasi Alami => Ventilasi alami ini harus selalu ada di tiap bangunan, biasanya berupa jendela yang bisa dibuka dan ditutup. Atau bisa juga berupa lubang tempat masuk dan keluarnya udara.
  • Ventilasi Mesin => Jika sirkulasi udara dari dalam ruangan tidaklah cukup, Anda pun dapat menggunakan ventilasi mesin untuk pasokan udara yang dibutuhkan. Ventilasi jenis ini bisa berupa AC atau juga kipas angin.
  • Ventilasi Model Hybrid => Ventilasi jenis ini digunakan untuk membuat sirkulasi udara lebih maksimal. Biasanya menggunakan exhaust fan yang berfungsi untuk  membuang udara di dalam ruangan untuk menggantinya dengan udara baru.

Pentingnya Ventilasi pada Bangunan bagi Penghuninya

ventilasi dan fungsinya

Lalu, apa pentingnya ventilasi pada bangunan bagi penghuninya? Berikut ini adalah fungsi ventilasi itu sendiri:

1. Mencegah Kelembapan Udara

Selain untuk mencukupi kebutuhan udara penghuninya, ternyata ventilasi juga penting karena untuk mencegah adanya kelembapan yang membuat ruangan tidak terasa nyaman. Hal ini berfungsi untuk mengatur hawa rumah supaya tidak terasa lembab dan terbebas dari jamur dan bakteri berbahaya.

2. Membuat Ruangan Lebih Hangat

Tidak hanya berfungsi dalam mengatur keseimbangan udara di dalam ruangan,ventiasi juga dapat membuat ruangan terasa lebih hangat.

Hal ini disebabkan karena rongga yang dimiliki ventilasi dapat menjadi jalur bagi cahaya matahari. Maka dari itu, ruangan akan menjadi terasa hangat dan lebih nyaman ditinggali.

3. Membuat Ruangan Lebih Terang

Selain udara segar, para penghuni ruangan pun memerlukan cahaya matahari. Maka dari itu, adanya ventilasi pada bangunan sangatlah penting. Hal ini dikarenakan ventilasi akan membuat ruangan yang Anda tempati tampak lebih terang pada siang hari dan tidak usah menyalakan lampu.

4. Supaya Tidak Pengap

Tidak terjaganya keseimbangan kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang terkandung dalam udara di sebuah ruangan menjadi salah satu penyebab adanya infeksi saluran pernafasan. Hal itu juga bisa diakibatkan karena Anda terlelu sering berada di raungan yang pengap.

Sementara itu, ruangan yang berrventilasi mampu menjadi jalan pertukaran udara dan mencukupi oksigen yang dibutuhkan. Keseimbangan udara yang dihirup para penguhuni bangunan dapat membuat mereka terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam sebuah ruangan karena adanya ventilasi.

By |2019-08-29T08:33:01+00:00August 29th, 2019|konstruksi|