5 Penyebab Bangunan Bisa Roboh

Penyebab Bangunan Roboh sangatlah wajib untuk anda ketahui. Hal ini dikarenakan kejadian ini dapat membahayakaan nyawa individu atau kelompok yang ada didalam maupun sekitar bangunan. Selain itu, bangunan roboh pastinya akan menyebabkan banyak kerugian bagi si pemilik bangunan.

Alasan yang Menjadi Penyebab Bangunan Roboh

apa penyebab bangunan roboh

Seringkali kita menemukan banyak sekali bangunan yang roboh disekitar kita. Namun, apakah anda tahu mengapa bisa terjadi demikian? Berikut merupakan lima alasan mengapa bangunan dapat ambruk atau roboh:

1. Kelebihan Beban

Terlalu banyak orang adalah salah satu alasan umum kenapa balkon atau strukstur bisa runtuh.  Robohnya balkon dapat terjadi karena perubahan pada area yang digunakan tanpa adanya analisis lebih lanjut.

Sementara itu jika suatu bangunan yang aslinya didesain sebagai rumah tetapi diubah menjadi gudang, dan dipakai untuk menyimpan banyak barang, hal tersebut dapat membuat struktur mendapatkan tekanan akibat berat barang tersebut.

2. Kesalahan Manusia

Terkadang para kontraktor, insinyur, dan mandor pun bisa melakukan kesalahan. Kurangnya orang yang melakukan pengecekan rancangan bangunan dapat menyebabkan terjadinya perhitungan yang salah dan juga lemahnya struktur bangunan.

Para pekerja juga demikian. Mereka bisa saja melakukan kesalahan saat mencampurkan material bangunan. Hal ini menyebabkan adukan material kemudian tidak mampu menahan beban sesuai desain.

Pengembang juga tidak luput dari kesalahan dari robohnya suatu struktur bangunan. Tidak sedikit pengembang melakukan kecurangan untuk meraih keuntungan lebih, seperti misalnya memangkas biaya dengan mempekerjakan orang yang tidak terlatih. Hasil bangunan bisa kamu tebak.

3. Material Bangunan

Lalu, penggunaan material bangunan yang tidak baik berpengaruh pada kekuatan bangunan. Memang terkadang para pengembang membangun suatu bangunan dengan material yang lebih murah demi untung yang lebih besar.

4. Pondasi Lemah karena Desain Belum Matang

Pondasi adalah salah satu bagian yang paling mahal untuk dibangun. Harganya bisa mencapai setengah dari total biaya pembangunan gedung. Telah banyak kasus terjadinya kerusakan hingga robohnya suatu gedung akibat fondasi yang lemah.

Kelemahan ini dikarenakan desainnya yang belum matang. Belum matang di sini bukan berarti salah rancangan. Semua perhitungan dan analisisnya sudah mengikuti aturan yang sudah ada namun itu belum cukup kuat untuk menahan beban di kemudian hari.

5. Kekuatan Bangunan Tidak Diuji

Kekuatan dari bangunan haruslah diuji. Menurutnya, hal ini sering kali diabaikan karena adanya keinginan kontraktor untuk memotong biaya.

Pengurus gedung juga harus rutin melakukan pemeliharan secara rutin untuk mengurangi potensi kejadian mengerikan seperti robohnya balkon lantai 1 Tower 2 di gedung BEI.

Memang ada kejadian alam seperti gempa bumi, badai, dan perubahan struktur tanah yang juga dapat mempengaruhi bangunan, tetapi terkadang faktor manusia pun memiliki peran dalam robohnya suatu bangunan.

Mencegah Bangunan Roboh

mencegah bangunan roboh

Agar bangunan anda tidak mudah roboh, ada baiknya anda memperhatikan beberapa poin di bawah ini:

1. Periksakan Bangunan Anda Apakah Tahan Gempa atau Tidak

Gempa bumi merupakan salah satu penyebab bangunan roboh. Untuk menghindari kejadian tersebut, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ketahanan gempa.

Pemeriksaan ketahanan gempa adalah pemeriksaan yang meliputi keadaan bangunan, banyaknya dinding, kestabilan letak dinding, serta keadaan tanah dan pondasi. Dari hasil pemeriksaan itu, bisa dinilai ketahanan bangunan terhadap gempa secara umum. (Bagi yang tinggal di rumah sewa, silakan menghubungi tuan rumah).

Biaya pemeriksaan ketahanan gempa memakan biaya yang cukup besar dan pendaftaran bisa dilakukan di masing-masing kantor pemerintah daerah.

2. Renovasi Agar Tahan Lama

Setelah menjalani pemeriksaan dan ternyata ditemukan masalah berkaitan dengan ketahanan, perlu dilakukan usaha memperkuat ketahanan. Penting sekali untuk membuat rencana renovasi yang pasti. Kita bisa menghubungi toko bahan bangunan, ahli bangunan lokal maupun instansi lain yang bisa kita percayai.

3. Pengawasan Pemeliharaan Bangunan

Suatu bangunan, meskipun sekarang dinyatakan memiliki ketahanan yang bagus, tetapi kalau tidak dirawat dengan benar lama-lama akan melemah juga. Penanganan secepatnya adalah yang terbaik.

Pengawasan harus dilakukan secara berkala guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sama seperti renovasi bangunan, pengawasan haruslah dilakukan oleh orang yang ahli.

 

By |2019-10-19T06:08:54+00:00October 13th, 2019|konstruksi|