6 Hal Penyebab Konsleting Listrik yang Membahayakan

Listrik adalah hal yang penting dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, terkadang dalam penggunaannya yang jika dilakukan dengan berlebihan akan menjadi konsleting listrik dan menimbulkan bahaya. Apa saja penyebab konstleting listrik dan bahayanya itu sendiri? Hal ini perlu Anda ketahui supaya dapat berjaga-jaga.

Tanpa pengawasan yang benar dapat menyebabkan bencana, salah satunya adalah korsleting listrik. Korsleting listrik atau hubungan arus pendek yang merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil. Hal ini dapat mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar. Jika tidak ditangani bisa mengakibatkan ledakan atau kebakran. Hal ini juga bisa saja disebabkan karena pemasangan instalasi listrik bangunan-nya tidak sesuai atau mengalami masalah lainnya.

Penyebab Konsleting Listrik dan Bahayanya yang Akan Timbul

bahaya konsleting listrik

Penyebab terjadinya korsleting listrik ini memanglah cukup beragam. Penyebab paling sering adalah kelalaian manusia yaitu menyambungkan kabel tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Misalnya dengan adanya penumpukan beban listrik yang berlebihan yang dilakukan. Disamping itu, bisa jadi karena kabel listrik tanpa sengaja mengelupas sehingga akibatnya membuat saluran bertegangan menempel ke saluran netral.

Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi penyebab konsleting listrik beserta potensi bahaya yang akan terjadi:

1. Kabel Kecil yang Terlalu Banyak Beban

Salah satu hal yang menyabkan konsleting listrik dapat terjadi adalah kemungkinan adanya kabel kecil yang banyak dibebani prealatan listrik. Hal tersebut membuat beban listrik pada kabel tidak seimbang dan menyebabkan konslet pada akhirnya.

2. Menumpuk T – Kontak

Jika Anda memasangkan banyak beban pada T kontak yang saling dihubungkan satu sama lainnya, hal itu bisa menjadikan listrik konslet. Solusinya Anda bisa membuat cabang listrik baru.

3. Alat Kontak Panas

Kontak listrik yang kurang menempel akan menimbulkan bunga api.  Apabila terasa panas atau terdengan bunyi gemertak, itu artinya  sedang berlangsung lompatan bunga api yang berpotensi membuat konsleting pada listrik.

4. Instalasi Listrik yang Semrawut

Instalasi listrik yang semrawut juga berpotensi dalam menjadi penyebab  kebakaran. Kabel listrik simpang siur sering dijumpai dan akan menyebabkan konsleting pada listrik.

5. Kabel Bersambungan

Sambungan merupakan titik terlemah karena bisa menimbulkan bunga api. Jangan gunakan kabel dengan sambungan, terutama untuk beban berat, seperti air conditioner atau pemanas listrik. Apabila itu terjadi kemungkinan dapat membuat konsleting listrik.

6. Sambungan Kabel Kurang Bagus.

Kabel bersambungan punya umur paka sehingga jia digunakan pada titik sambungan akan timbul zat pelapis menghalangi arus listrik. Selanjutnya timbul kondisi antara sambungan sehingga menyebabkan panas pada kabel.

Hal itu pun dapat menyebabkan zat pelapis lebih cepat timbul pada sambungan tanpa solder atau cara penyambungan serampangan. Hal itu pun adalah salah satu kemungkinan yang menyebabkan potensi keonsleting meningkat.

Bagaimana Mencegah Korsleting Listrik?

pencegahan konsleting listrik

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam menghindari penyebab konsleting listrik dan bahayanya yang akan timbul:

  • Hindarilah penggunaan peralatan dengan beban kapasitas listrik yang berlebihan. Hal itu akan menyebabkan listrik mudah konslet.
  • Hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi. Jika terkena panas listrik, maka akan mudah untuk memuai dan mengelupas.
  • Gunakanalah peralatan listrik yang berkualitas dengan standarisasi SNI atau LMK.
  • Jangan biarkan plug atau tusuk kontak peralatan elektronik menetap pada stop kontak pada waktu yang lama.
  • Tempatkan bahan-bahan yang mudah terbakar pada tempat khusus dan jangan biarkan bercampur dengan dengan bahan yang dapat menimbulkan reaksi kebakaran lainnya.

 

By |2019-09-30T06:12:09+00:00September 30th, 2019|konstruksi|