Perbedaan Cat Tembok dan Wallpaper serta Tips Membelinya

Perbedaan wallpaper dan cat tembok merupakan hal yang sebaiknya dipahami oleh para pemilik rumah. Cat tembok sendiri merupakan salah satu finishing tembok yang cukup populer. Keberadaannya yang warna-warni membuat pemilik rumah bisa memilih sendiri warna yang ia suka. Sedangkan wallpaper adalah hiasan dinding yang digunakan untuk menutupi tembok.

Ada beragam motif wallpaper yang menarik dan pastinya bisa membuat rumah semakin cantik. Tinggal pilih sendiri motif yang disuka.

Perbedaan Wallpaper dan Cat Tembok secara Umum

Perbedaan wallpaper dan cat tembok

Perbedaan wallpaper dan cat untuk tembok bisa dilihat dari berbagai hal, mulai dari cara pemasangan hingga waktu pemasangannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa diantaranya yang berikut ini:

  • Dari segi motif => Salah satu perbedaan wallpaper dan cat untuk tembok secara umum adalah dari segi motifnya. Wallpaper sendiri memiliki keunggulan dalam hal motif. Ada beragam motif menarik yang bisa Anda gunakan di rumah sesuai dengan desain hunian. Motif yang beragam juga seringkali menjadi alasan seseorang menggunakan wallpaper.
  • Dari segi harga => Jika memang biaya untuk menghias tembok terbatas, tidak ada salahnya untuk menerapkan penggunaan wallpaper di salah satu bagian saja, lainnya Anda bisa menggunakan cat tembok. Hal ini dikarenakan harga wallpaper yang dinilai lebih mahal jika dibandingkan dengan cat rumah.
  • Waktu pemasangannya => Perbedaan lainnya juga bisa dilihat dari waktu pemasangannya. Untuk cat tembok, cat tembok memiliki waktu pemasangan yang lebih lama. Sedangkan wallpaper, Anda bisa langsung memasangnya, tanpa harus menunggu wallpaper kering.
  • Dari segi perawatan => Perbedaan wallpaper dan cat untuk tembok yang selanjutnya adalah dilihat dari segi perawatan. Wallpaper mudah untuk dibersihkan, apalagi yang berbahan vinyl. Sedangkan untuk cat tembok ia harus dilap menggunakan kain basah, sehingga bisa menyebabkan dinding menjadi belang.
  • Daya tahan => Cat dinding biasanya bertahan antara 2 sampai dengan 3 tahun saja. Cat tersebut harus segera diganti karena warnanya yang mulai kusam. Namun dengan wallpaper, penggunaannya bisa lebih lama asal pemasangannya dilakukan secara teliti. Pastikan juga untuk menghindari ruangan yang lembab.

Perbedaan wallpaper dan cat untuk tembok di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangkan saat hendak melakukan pembelian. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan desain dari rumah yang dihuni.

Tips Membeli Cat Tembok dan Wallpaper

Perbedaan wallpaper dan cat tembok

Tertarik membeli cat tembok ataupun wallpaper untuk menghias rumah? Anda bisa ikuti beberapa tips yang berikut ini:

  • Jenis ruangan => Jenis ruangan menjadi salah satu pertimbangan yang sebaiknya diperhatikan. Untuk ruang anak, Anda bisa menggunakan warna cat yang cerah atau dengan wallpaper dengan motif lucu. Hal ini dilakukan untuk menambah keceriaan dari si buah hati. Motif wallpaper lucu bisa membuat si anak betah di kamar karena senang.
  • Keserasian dengan furnitur => Tips yang selanjutnya adalah dengan memastikan jika cat dan wallpaper yang dibeli serasi dengan furnitur yang ada di dalam rumah. Sebagai contoh jika Anda memiliki funitur dengan motif yang ramai, Anda bisa menggunakan cat atau wallpaper yang lembut serta netral. Hal ini berlaku pula untuk sebaliknya.
  • Efek ruangan yang diinginkan => Perhatikan juga efek yang Anda inginkan. Jika menginginkan ruangan yang terang dan nampak lebih luas, Anda bisa menggunakan wallpaper dan cat dinding dengan motif dan warna yang cerah.

Perbedaan wallpaper dan cat sangat penting untuk diketahui agar Anda bisa memutuskan secara bijak mana yang terbaik bagi hunian. Cat tembok dan wallpaper jika diterapkan dengan tepat bisa meningkatkan nilai jual rumah dan properti Anda.

By |2020-02-24T10:13:34+00:00Februari 24th, 2020|Blog|