Hal Terpenting dalam Pembangunan Daerah

Pada suatu proyek konstruksi pastinya sebelum dilakukan pembangunan harus dilakukan suatu perencanaan pembangunan. Perencanaan pembangunan ini merupakan hal penting dalam membangun suatu bangunan dalam ligkup kecil maupun besar. Dalam lingkup kecil artinya pembangunan berskala kecil yaitu pembangunan suatu rumah atau gedung, dan lingkup besar artinya lebih dari beberapa yang kecil sehingga dapat dipetakan apa saja yang dibangun dari suatu daerah tersebut.

Perencanaan Pembangunan daerah

perencanaan pembangunan

Perencanaan pembangunan suatau daerah adalah  pekerjaan yang sangat penting, sebab dengan perencanaan kita dapat membaca dan merencana mau dibawa kemana daerah kedepannya, tentunya dengan tetap melihat potensi dan sumber daya yang ada. Dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menjelaskan bahwa perencanaan sebagai suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia dalam daerah tersebut.

Dan  PP 8 Tahun 2008 menjelaskan bahwa pembangunan daerah merupakan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata. Baik dalam aspek pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan kebijakan, berdaya saing, ataaupun peningkatan indeks pembangunan manusianya. Jadi dapat kita simpulkan  bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah menurut PP 8 Tahun 2008 merupakan suatu proses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya, yang mempunyai tujuan yaitu pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial dalam suatu lingkungan wilayah/daerah dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk perencanaan pembangunan suatu daerah

perencanaan pembangunan

Suatu perencanaan yang tepat merupakan perencanaan yang dilakukan dengan tetap mendasarkan pada data dan informasi yang akurat dan faktual, valid dan akuntabel. Yaitu dengan tetap mempertimbangkan sumber daya dan potensi yang dimiliki daerah tersebut. Di dalam proses penyusunan perencanaan tentunya dilakukan dengan terlebih dahulu mengkaji berbagai indikator perkembangan di daerah diantaranya pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat inflasi, tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan dan beberapa indikator lainnya dan yang paling penting adalah kondisi keuangan daerah.

Perlu di perhatikan bahwa perencanaan pembangunan di daerah harus memperhatikan adanya koordinasi, sinkronisasi dan integrasi dengan perencanaan pembangunan nasional. Sebab capaian tujuan pembangunan daerah harus mempunyai sifat mendukung pencapaian tujuan pembangunan secara menyeluruh. Pastinya perencanaan pembangunan harus berpedoman pada Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Bagaimana Perencanaaan Pembangunan Menurut Pasal 2 PP 8 Tahun 2008 ?

Terdapat beberapa pengertian yang teradapat dalam Pasal 2 PP 8 Tahun 2008. Yang di antaranya dapat Anda baca di bawah ini :

  • Perencanaan suatu pembangunan daerah adalah satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.
  • Perencanaan suatu pembangunan daerah dilakukan dan di laksanakan pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing.
  • Perencanaan suatu pembangunan daerah mengintegrasikan atau mementingakan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah.
  • Perencanaan suatu pembangunan daerah dilakukan berdasarkan kondisi dan potensi yang dipunyai masing-masing daerah, yang disesuaikan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Manfaat Perencanaan Pembangunan suatu daerah

perencanaan pembangunan

Dari semua penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa secara garis besar perencanaan pembangunan adalah suatu usaha yang di lakukan oleh pemerintah setempat. Hal ini bertujuan untuk membangun daerah yang lebih baik dengan tetap memperhatikan segala sesuatu yang ada dalam daerah itu. Seperti potensi wisata, potensi pertanian dan yang lainnya. Dengan begitu semua sumber daya yang ada akan dapat di manfaatkan. Dapat di jadikan sebuah jalan untuk menambah kas daerah tersebut demi kesejahteraan rakyatnya.

Anda tentu dapat menilai bagaimana suatu daerah yang mempunyai perencanaan pembangunan yang tepat pada daerah yang di kelola oleh pemerintah setempat. Dapat di pastikan daerah tersebut akan sangat maju pesat dalam segala bidang, pariwisatanya akan terkenal dan keunganpun juga akan sangat bagus. Lalu kapan daerah di Indonesia ini akan merata untuk urusan perekonomian ? Itu merupakan suatu tugas yang di emban pemerintah dalam setiap jawabatan yang mereka duduki saat ini.

Jl. Terusan Gn. Batu, Istana Pasteur Regency
Kav. CRB-88 2nd Floor, Sukaraja.
Bandung Jawa Barat
(022) 20569544
By |2018-10-27T10:26:09+00:00October 27th, 2018|News|