Perusahaan Konstruksi Pemerintah Dan Berbagai Layanannya

Badan Usaha Milik Pemerintah atau biasa disingkat dengan BUMN merupakan perusahaan atau organisasi pemerintah yang bertugas untuk mengatur dan mengelola sumber daya alam Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan juga kesejahteraan masyarakat Indonesia. Perusahaan BUMN sendiri kini terdiri dari 140 perusahaan yang terbagi dalam 13 bidang usaha BUMN, salah satunya adalah Perusahaan Konstruksi milik pemerintah.

Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia No 19 Tahun 2003 tentang BUMN, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruhnya atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN merupakan salah satu pelaku ekonomi dalam sistem 2 perekonomian nasional, disamping badan usaha swasta dan koperasi. Dalam menjalankan kegiatannya, BUMN, swasta dan koperasi melaksanakan peran saling mendukung berdasarkan demokrasi ekonomi.

Dari 13 bidang yang terdapat di BUMN, potensi pasar konstruksi Indonesia yang besar ternyata belum dapat dioptimalkan oleh BUMN bidang konstruksi. Menurut dara dari Kementrian Pekerjaan Umum di tahun 2013 bahwa BUMN di bidang konstruksi hanya mampu menguasai 10 persen dari pangsa pasar yang ada. 20 persen dikuasai oleh perusahaan konstruksi swasta nasional dan 70 persennya dikuasai oleh perusahaan konstruksi swasta asing yang beroperasi di Indonesia.

Berikut Ini Adalah Beberapa Perusahaan Konstruksi Milik Pemerintah

perusahaan konstruksi bumn
1. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini awalnya milik Belanda. Perusahaan ini kemudian dinasionalisasikan pada 11 Maret 1960 dan menjadi perusahaan negara Adhi Karya. Lalu 14 tahun kemudian dari PN berubah status menjadi Perseroan Terbatas (PT) yang disahkan Menteri Kehakiman RI di tanggal 1 Juni 1974.

2. PT Amarta Karya (Persero)

Sama dengan PT Adhi Karya, PT Amarta Karya juga awalnya merupakan perusahaan konstruksi milik Belanda. Dilihat dari sejarahnya, perusahaan ini berbasis di Semarang. Perusahaan ini sendiri berhasil dinasionalisasikan pada tahun 1962 dan berubah menjadi Perusahaan Nasional Amarta Karya. Lalu 10 tahun kemudian berubahan menjadi PT Amarta Karya. Selama dalam perkembangannya, perusahaan konstruksi milik pemerintah ini memperluas bidang usahanya ke konstruksi bidang sipil, elektrikal dan juga mekanikal.

3. PT Brantas Abipraya (Persero)

Perusahaan konstruksi milik pemerintah selanjutnya adalah PT Brantas Abipraya yang menangani proyek sipil dan lingkungan. Dimulai dengan proyek induk pengembangan sungai brantas, perusahaan tersebut kemudian berkembang dan handal dalam bidang industri konstruksi. Atas konsistensinya, perusahaan tersebut memperluas bidang pekerjaan pembangunan jalan dan konstruksi jembatan, prasarana perhubungan laut dan udara, kelistrikan, bangunan gedung, properti, jalan tol dan lainnya. Akhirnya perusahaan tersebut berkembang lagi menjadi perusahaan general kontraktor.

Beberapa Layanan Jasa Konstruksi

perusahaan konstruksi milik pemerintah
Lingkup jasa kontruksi bukan hanya berupa pembangunan gedung saja, namun ada 5 bidang yakni:

1. Bidang Arsitektur

Bidang ini mencakup perumahan, bangunan, pergudangan dan juga industri bangunan komersial, ada juga fasilitas olahraga dan rekreasi serta pertamanan.

2. Bidang Sipil

Sipil sendiri mencakup jalan, jembatan, terowongan, pelabuhan dan drainase serta bendungan dan irigasi.

3. Bidang Mekanikal

Bidang mekanikal memiliki cakupan: instalasi ac dan ventilasi udara, perpipaan air, instalasi lift dan escalator, pertambangan dan manufaktur, instalasi thermal, konstruksi alat angkut, konstruksi perpipaan minyak, fasilitas produksi, penyimpanan minyak dan gas, jasa penyedia alat konstruksi.

4. Bidang Elektrikal

Bidang tersebut mempunyai cakupan pembuatan pembangkit tenaga listrik, jaringan transmisi tenaga, jaringan distribusi tenaga listrik, jaringan distribusi telekomunikasi, instalasi kontrol, instalasi listrik.

5. Bidang Tata Lingkungan

Bidang yang terakhir ini memiliki cakupan berupa perpipaan air, minyak dan gas jarak jauh, perpipaan gas dan air lokal/perkotaan, pengolahan air bersih, pekerjaan pengeboran air tanah.

By |2019-06-06T13:29:30+00:00June 6th, 2019|Blog|