Penggunaan Software Estimasi Biaya Konstruksi Yang Semakin Memudakan Membuat RAB

 

Kebutuhan sarana dan prasarana pembangunan semakin meningkat, seiring dengan majunya perkembangan zaman, maka untuk itulah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pemborong bangunan atau kontraktor sangat memerlukan software estimasi biaya konstruksi guna memperlancar pembangunan.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan berarti semakin banyak juga permasalahan yang akan timbul. Suatu kegiatan mulai dari kegiatan awal perusahaan melakukan pekerjaan persiapan hingga pekerjaan selesai akan mengalami berbagai macam kendala, misalkan ketika dalam bentuk pelaksanaan pengolaha ninformasi yang didapat, dan perhitungan estimasi biaya pada kegiatan tersebut.

Estimasi biaya berdasarkan spesifikasi dan gambar kerja yang disiapkan owner harus menjamin bahwa pekerjaan akan terlaksana dengan tepat dan kontraktor dapat menerima keuntungan yang layak. Rancangan anggaran biaya atau estimasi biaya dikerjakan sebelum pelaksanaan fisik dilakukan dan memerlukan analisis detail dan kompilasi dokumen penawaran dan lainnya.

RAB tersebut mempunyai dampak pada kesuksesan proyek dan perusahaan. Keakuratan dalam estimasi biaya tergantung pada keahlian dan kerajinan estimator dalam mengikuti seluruh proses pekerjaan dan sesuai dengan infomasi terbaru.

Kemudahan Menggunakan Software Estimasi Biaya Konstruksi

software estimasi biaya konstruksi

Proses analisis biaya konstruksi adalah suatu proses untuk mengestimasi biaya langsung yang secara umum digunakan sebagai dasar penawaran. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan estimasi biaya penawaran konstruksi adalah menghitung secara detail harga satuan pekerjaan berdasarkan nilai indeks atau koefisien untuk analisis biaya bahan dan upah kerja.

Pada kegiatan melakukan perhitungan estimasi akan lebih cepat jika semua kebutuhan data-data seperti data bahan, upah dll tersedia dalam satu database dan satu software sehingga dapat lebih mengefisiensikan waktu estimasi suatu proyek.

Keunggulan menggunakan software estimasi adalah mempercepat pekerjaan, maka anda akan lebih efisien waktu dan lain sebagaiinya dengan menggunakan teknologi. Berikut kemudahannya:

  • Database yang lengkap
  • Objek pada search Able dapat dicari dalam hitungan detik
  • Data bahan menampilkan data able secara bersamaan
  • Visualisasi grafis (agar tambah proporsional)
  • Mengisi data biaya upah, bahan dan alat
  • Mengcopy AHS secara serempak
  • Dapat membuat diskon
  • Laporan lengkap beserta rinciannya
  • Lebih dari 30 customized laporan
  • Analisa harga satuan

Metodologi Estmasi Biaya Konstruksi 

konstruksi biaya

Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam penggunaan software estimasi biaya konstruksi. Yakni salah satunya sebagai berikut:

  1. Metodologi konseptual

Metode estimasi ini digunakan ketika estimator telah cukup memiliki data historis yang sesuai untuk beberapa proyek yang sama. Metoda ini melakukan pendekatan estimasi dengan cara menghubungkan total unit produk yang dihasilkan (capacity units) dari suatu proyek terhadap biaya konstuksi yang telah dikeluarkan untuk proyek tersebut. Metode ini hanya memperkirakan secara cepat terhadap kapasitas produk akhir dari suatu proyek.

  1. Unit Cost per Square Meter Estimate

Metode ini paling sering dan cocok digunakan pada tahap awal dari proses perencanaan dan desain. Dasar hitungannya adalah biaya per satuan luas dari bangunan sejenis dikalikan total luas bangunan yang direncanakan. Harga satuan diperoleh dari proyek sejenis yang telah selesai dibangun, lebih baik jika dibangun oleh perusahaan sendiri maupun dari buku data yang dipublikasikan.

  1. Functional Unit Price Estimate

Metode ini menggunakan fungsi dari fasilitas sebagai dasar untuk menentukan perkiraan harga proyek.

By |2019-05-28T08:22:35+00:00May 28th, 2019|Blog|