Apa Itu Pengertian dari Sumur Artesis dan Cara Membuatnya

Ada banyak jenis sumur yang telah dibangun di Indonesia, dimana salah satunya adalah sumur artesis yang harus Anda ketahui. Bagi beberapa orang, jenis sumur yang satu ini barangkali masih asing terdengar di telinga.

Lalu, apa sebenarnya sumur bor artesis itu? Sumur ini merupakan sumur modern yang pembuatannya dilakukan dengan menggunakan jenis peralatan yang canggih.

Apa Itu Pengertian dan Definisi dari Sumur Artesis

Sumur artesis

Jenis sumur bor artesis biasanya dibangun di tengah komplek dan dijadikan sebagai salah satu sumber utama untuk mendapatkan air bersih. Dengan demikian, masyarakat bisa menggunakan sumur sebagai sumber air sesuai dengan kebutuhan.

Sumur bor artesis sendiri tidaklah membutuhkan pompa untuk menaikkan air dan harus dilakukan oleh profesional dalam proses pembuatannya. Sumur bor artesis juga bisa dimanfaatkan oleh berbagai keperluan mulai dari industri, pabrik, ataupun gedung-gedung yang membutuhkan pasokan air dalam jumlah yang besar.

Pembuatan jenis sumur ini tidaklah mudah dan cukup berbahaya, sehingga tidak bisa adilakukan secara sembarangan oleh yang belum ahli. Pembuatan sumur bor artesis juga mengandalkan mesin pembangun yang modern untuk bisa menembus lapisan tanah, batu, serta kerikip yang sudah ditembus saat dilakukan proses manual.

Dengan pembuatan sumur yang harus dilakukan oleh profesional hingga peralatan yang canggih, tidak heran jika jasa pembuatan sumur ini cukup mahal. Anda bisa mencari tahu dulu kira-kira berapa dana yang harus disiapkan untuk untuk pembuatan sumurnya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pada Sumur Artesis

Sumur artesis

Pembuatan jenis sumur bor artesis sendiri dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti yang berikut ini :

  • Kedalaman pengeboran => Pengeboran untuk jenis sumur ini sebaiknya diperhatikan dengan betul dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Dalam hal ini, kedalaman bisa disesuaikan dengan struktur geologi daerah masing-masing. Apalagi, setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda antara satu dengan yang lain.
  • Jasa yang digunakan => Akan lebih baik jika Anda memilih jasa yang sudah berpengalaman dan memiliki track record yang jelas. Jasa yang profesional dan memiliki pengalaman biasanya siudah ahli dalam pembuatan sumur, sehingga bisa membuat sumur bor artesis yang berkualitas, sesuai yang Anda inginkan.
  • Lokasi pembuatan sumur => Sebaiknya tidak dilakukan di dekat toilet. Hal ini dilakukan supaya air yang dihasilkan oleh sumur tidak terkontaminasi dengan pembuangan. Sumur yang terkontaminasi tidak bersih sehingga tidak layak untuk digunakan.
  • Biaya yang diperlukan => Biaya juga sebaiknya diperhatikan dengan baik, apalagi pembuatan sumur ini ongkosnya cukup mahal. Biasanya, semakin dalam sumur yang akan dibuat, maka semakin besar juga biaya yang harus disiapkan. Semakin dalam, alat-alat yang diperlukan juga akan lebih banyak.
  • Kelayakan sumur => Untuk memperkirakan kelayakan sumur, maka ahli pembuat sumur bisa diajak untuk berkonsultasi. Anda juga bisa tanyakan kira-kira sumur tersebut bisa digunakan sampai kapan jangka waktunya. Ahli yang berpengalaman akan memberi penjelasan secara rinci mengenai penggunaan sumur.

Beberapa hal di atas sebaiknya diperhatikan dengan baik agar sumur bor artesis tidak mengalami masalah selama pembuatannya. Tidak hanya itu, namun kualitas dan kuantitas air yang bisa sesuai dengan harapan si pembuat.

Cara Membuat Sumur Artesis

Sumur artesis

Lantas bagaimana cara membuat jenis sumur yang satu ini? Untuk permbuatan sumur bor artesis sendiri dilakukan dengan cara menentukan terlebih dahulu titik atau lokasi sumber air yang diinginkan. Jika sudah, maka semua peralatan dan juga perlengkapan bisa segera diposisikan di dekat tempat yang sudah ditentukan.

Tanah akan segera di bor sampai mencapai kedalaman air tanah yang diinginkan. Selama proses yang satu ini dilakukan, maka jenis-jenis tanah yang keluar akan dilakukan pengecekan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa dalam dan sudah sampai sampai tahap pengeboran dilakukan.

Pengecekan juga dilakukan untuk mengetahui lapisan mana yang memiliki kandungan air terbaik terutama aman untuk digunakan.

Jika memang sudah mencapai lapisan dari air tanah maka proses bor akan segera di hentikan. Namun, tahap pemompaan masih dilakukan untuk membersihkan lubang sumur sampai air kurasan yang ada tidak lagi mengandung lumpur dan bisa digunakan.

Mengingat peralatannya yang tidak sedikit, maka akan lebih praktis jika pembuatan jenis sumur bor artesis meminta bantuan dari profesional. Mereka yang menyediakan jasa pengeboran sumur tentunya sudah melengkapi jasa dengan berbagai alat pembuat sumur bor artesis.

Kelebihan dan Kekurangan dari Sumur Artesis

Sumur artesis

Sama seperti jenis sumur yang lain, jenis sumur artesis juga memiliki kelebihan serta kekurangan. Mengetahui kelebihan serta kekurangan yang didapat dari sumur bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan apakah ingin lanjut membuat jenis sumur yang satu ini atau tidak.

Anda bisa langsung simak kelebihan dan kekurangan dari pembuatan sumur bor artesis yang berikut ini.

Kelebihan membuat sumur artesis

Apa saja kelebihan yang ditawarkan jenis sumur bor artesis dibandingkan dengan jenis sumber air yang lain? Beberapa diantaranya adaah sebagai berikut :

  • Sumber air besar => Untuk yang satu ini bisa diandalkan bagi Anda yang membutuhkan sumber air dalam jumlah yang banyak. Dibandingkan dengan jenis sumur yang biasa, jenis sumur yang satu ini mampu memenuhi kebutuhan air dalam jumlah yang lebih besar untuk rumah tangga, gedung-gedung, dan lain sebagainya.
  • Kualitas air yang baik => Pengguna jenis air yang satu ini juga akan lebih diuntungkan dengan kualitas air yang bersih. Meski demikian, untuk mendapatkan kualitas air yang baik, maka proses pembuatan sumur juga harus dilakukan dengan baik dan benar.
  • Bisa tembus batu => Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan bor untuk pembuatan sumur bisa dilakukan secara lebih dalam menembus bebatuan
  • Pengerjaan cepat => pengerjaan dari jenis sumur yang satu ini juga cepat, sehingga lebih hemat waktu juga tenaga. Tinggal Anda serahkan saja pembuatan sumur kepada ahlinya

Selain kelebihan di atas, kelebihan lain yang bisa didapatkan dari jenis sumur yang satu ini adalah bisa dibuat di berbagai tempat, sehingga lebih fleksibel.

Kekurangan membuat sumur artesis

Meski memiliki banyak sekali kelebihan seperti halnya kualotas dan kauntitas air yang baik, namun sumur yang satu ini juga tidak lepas dari kekurangan.

Kekurangan dari pembuatan jenis sumur yang satu ini adalah harga pembuatannya yang cenderung mahal. Efek negatif pada lingkungan juga didapatkan, sehingga harus digunakan secara berhati-hati.

Dengan adanya kelebihan dan kekurangan yang menyertai pembuatan sumur artesis, maka penggunaannya sebaiknya dilakukan dengan benar dan bijak. Dengan demikian, sumur yang dibuat bisa berguna secara maksimal sekaligus sanggup memenuhi kebutuhan air bagi pembuatnya.

Bagi Anda yang ingin melakukan pembangunan proyek tertentu, bisa segera menghubungi konsultan kontruksi bangunan di Adhyaksa Persada Indonesia. Kami memiliki tim yang profesional dan siap membantu Anda dalam pembangunan yang tengah dilakukan. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui kontak resmi yang kami miliki.

By |2020-11-26T04:31:54+00:00November 26th, 2020|Wawasan Umum|