3 Syarat Utama Pembangunan Kolam Renang

Memiliki kolam renang di rumah Anda barangkali adalah sebuah impian yang ingin diwujudkan. Namun, pembangunan kolam renag itu sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Terdapat syarat membangun kolam renang yang mesti dipenuhi agar pembangunannya pun berjalan lancar dan hasilnya seperti apa yang Anda harapkan. Sebetulnya apa saja yang mesti dipersiapkan untuk mewujudkannya?

Pentingnya Pemenuhan Syarat Membangun Kolam Renang

pemenuhan syarat membangun kolam renang

Mengapa pemenuhan syarat membangunan kolam renang itu amat penting? Hal ini dikarenakan supaya kolam renang yang Anda bangun pada prosesnya berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, memenuhi syarat-syarat dalam membangun kolam renang juga akan memberikan kemudahan bagi para pekerja supaya bisa berhasil memenuhi keinginan pemilik dengan mewujudkannya. Misalnya, dengan berhasilnya membuat jenis kolam renang yang sesuai dengan permintaannya.

Lalu apa lagi keuntungan dari pemenuhan syarat tersebut? Hal ini supaya proses pengerjaannya juga sesuai dengan waktu yang telah ditentuka. Dalam arti lain. supaya dalam membangun kolam renang bisa terorganisir dengan baik.

Pemenuhan syarat membangun kolam renang ini juga untuk mengurangi risiko gagalnya fungsi kolam renang yang dibuat. Serta, untuk dapat meminimalisir potensi kegagalan setelah kolam renang dibangun.

Apa saja Syarat Membangun Kolam Renang yang Harus Dipenuhi?

syarat membangun kolam renang apa saja

Pembangunan kolam renang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Apabila syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi, maka kemungkinan besar kegagalan pembangunan pun dapat terjadi sehingga kolam renang tidak dapat difungsikan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pembangunan kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda:

1. Pemenuhan Lahan yang Dibutuhkan

Idealnya, sebuah kolam renang yang baik dibuat dengan memenuhi lahan yang dibutuhkan. Tiap Lahan tersebut tergantung dengan jenis kolam renang yang ingin dibangun. Namun, pada umumnya, ideal lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan kolam rennag adalah dengan  ukuran minimal 3 m x 7 m. Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan kenyamanan gerak ketika Anda melakukan kegiatan berenang. Namun, tidak menutup kemungkinan pula jika saja lahan yang digunakan untuk membuat kolam renang tersebut berukuran lebih kecil.

2. Penggunaan Listrik

Kolam renang membutuhkan pompa air yang memutar air supaya kondisi air pada kolam tersebut selalu bersih. Penggunaan listrik untuk membuat pompa air tersebut selalu memutar adalah dengan menggunakan daya kurang lebih sekitar minimal 500 watt.

Tidak hanya itu, daya listrik tersebut belum memenuhi kebutuhan penerangan di malam hari pada kolam renang. Untuk ukuran minimal penggunaan lampunya, setidaknya dibutuhkan 3 buah lampu underwater yang masing-masing berdaya 100 watt. Maka dari itu, pemilik rumah setidaknya harus menyediakan daya 800 watt khusus untuk kolam renang.

3. Pemenuhan Pasokan Air

Pasokan air untuk kolam renang itu sendiri dapat berasal dari mana saja. Misalnya Anda bisa menggunakan air tanah, air PAM, atau air gunung yang didatangkan khusus untuk kolam renang Anda.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah  jika treatment serta perawatan kolam renang tersebutnya benar, air kolam renang sebetulnya tidak perlu diganti. Dalam hal ini, kolam renang cukup diisi sekali atau menggunakan air yang sama.

Untuk itu, pasokan air untuk kolam pun harus selalu dijaga kebersihan, kadar klorin, dan kadar pH-yang dikandungnya. Sebetulnya, Anda tidak harus menguras kolam renang secara rutin, apalagi dan mengganti airnya dengan yang baru secara berkala untuk menjaga kebersihan air yang terdapat di sana.

Syarat-syarat tersebut tentu saja harus dipenuh supaya kolam renang dapat difungsikan dengan baik.

 

By |2019-09-28T00:29:39+00:00September 28th, 2019|konstruksi|