Mengetahui 3 Terowongan Terpanjang Di Dunia Serta Kegunaannya

Di zaman yang sudah semakin maju ini, kita dapat sangat gampang untuk bepergian kemana-mana. Perkembangan infrastruktur yang tengah digencarkan oleh pemerintah memudahkan kita dalam berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain, termasuk dengan melewati sebuah terowongan. Terowongan sendiri memiliki arti sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan tanah ataupun gunung.

Konstruksi bangunan yang merupakan sebuah penghubung ini pada umumnya tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar. Beberapa ahli teknik sipil mendefinisikan ini sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0,1 mil, dan yang lebih pendek dari itu lebih pantas disebut underpass.

Membangun sebuah bangunan ini yang dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan memerlukan biaya dan investasi yang sangat besar, namun bangunan penghubung jenis ini dapat memberikan manfaat yang cukup besar bagi Negara dan masyarakat setempat terutama dalam mempercepat pertumbuhan ekonominya.

Pada umumnya bangunan ini dipergunakan untuk lalu lintas kendaraan (mobil, kereta api, kereta cepat massal) dan pejalan kaki, ada juga penghubung yang digunakan sebagai saluran pipa air, saluran kabel listrik dan juga sebagai saluran air untuk mengalihkan banjir.

Berdasarkan Kegunaan, Terowongan Dibagi Menjadi 2 Kelompok:

terowongan

Maksud dari dibuatnya bangunan penghubung ini adalah untuk menjamin transportasi langsung dari penumpang atau barang terhadap rintangan yang ada. Rintangan tesebut dapat berupa rintangan alam seperti gunung, sungai, laut, maupun rintangan karena aktifitasmanusia. Tergantung dari rintangan yang ada dan tujuan dari transportasi, terowongan dapat di klasifikasikan kedalam berbagai kelompok. Yaitu:

  1. Untuk Lalu Lintas

Terowongan lalu lintas berfungsi untuk mengangkut material tambang atau barang danmanusia sebagai media transportasi. Contohnya:

  • Terowongan kereta api
  • Terowongan jalan raya
  • Terowongan pejalan kaki
  • Terowongan navigasi
  • Terowongan transportasi dibawah kota
  • Terowongan transportasi ditambang bawah tanah
  1. Untuk Angkutan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terowongan angkut berfungsi sebagaimedia transportasi material atau barang dan manusia yang berguna untuk kepentinganmasyarakat banyak, seperti media penyalur aliran air untuk tenaga listrik dan sebagainya. Contohnya:

  • Terowongan stasiun pembangkit listrik tenaga air
  • Terowongan penyediaan air
  • Terowongan untuk saluran air kotor
  • Terowongan yang digunakan untuk kepentingan umum
  • Terowongan untuk angkutan di dalam daerah industri pabrik

Berikut Adalah 3 Terowongan Terpanjang Di Dunia

terowongan terpanjang

Pada bulan Agustus 2015, Swiss telah menyelesaikan konstruksi penghubung ini yang terpanjangnya dengan nama Gotthard Base Tunnel. Kepanjangan penghubung milik Swiss ini mencapai 57,1 km yang mengalahkan pemegang rekor Terowongan terpanjang di dunia selama ini yaitu  Seikan yang berada Jepang yang panjangnya 33,5km. Namun  Gotthard Base Swiss yang diperuntukan kereta cepat penumpang dan barang ini baru akan dioperasikan secara resmi pada bulan Juni 2016 nanti. Sedangkan yang menempati posisi terpanjang ketiga di Dunia adalah Terowongan yang menghubungi Perancis dan Inggris. Dan kemudian diberi nama Eurotunnel ini memiliki kepanjangan hingga 31,4km.

  1. Terowongan Gotthard Base Tunnel

Panjang            : 57,1 km
Lokasi              : Swiss, Eropa
Kegunaan        : Jalan rel Kereta untuk penumpang dan barang

  1. Terowongan Seikan

Panjang            :  53,9 km
Lokasi              : Jepang, Asia
Kegunaan        : Jalan rel Kereta untuk penumpang dan barang

  1. Terowongan Eurotunnel

Panjang            : 50,5 km
Lokasi              : Perancis dan Inggris, Eropa
Kegunaan        : Jalan rel Kereta untuk penumpang dan barang

By |2019-06-14T08:53:02+00:00June 14th, 2019|Blog|