7 Tipe Hunian Sederhana yang Direkomendasikan

Tiap hunian memiliki tipe rumah tersendiri yang akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Tiap tipe dari bangunan rumah tersebut memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda satu di anatara yang lainnya. Perbedaan tipe-nya itu sendiri bisa tampak dari jumlah ruangan, desain, ukuran, dan sebagainya.

Rumah Memiliki Model yang Berbeda-beda

tipe tiap rumah

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer bagi tiap manusia. Selain itu, banyak pula desain rumah yang dibuat oleh para arsitek, dari mulai yang sederhana hingga rumah yang terlihat cukup mewah untuk dihuni.

Tidak hanya itu, rumah juga memiliki modelnya tersendiri. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas, mengetahui tipe hunian yang cocok untuk Anda memang penting. Hal ini supaya pembangunan rumah impian Anda bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Sehingga, Anda masih bisa memiliki rumah yang sederhana yang bisa menjadi tempat beristirahat Anda yang nyaman.

Berbagai Jenis Tipe Rumah

jenis tipe rumah

Di bawah ini adalah beberapa jenis tipe rumah yang sering dibangun untuk hunian:

1. Tipe 36

Hunian sederhana bertipe 36 ini memiliki luas bangunan 36 m². Rumah dengan model ini memiliki 2 kamar tidur dan ruang tamu yang lebih luas. Di Indonesia, mungkin rumah tipe 36 inilah yang paling umum dibangun di kawasan perumahan kebanyakan.

2.  Tipe 21

Model tipe hunian 21 ini memiliki luas bangunan 21 m². Di Panjang dan lebar bangunannya bisa beragam. Misalnya dengan ukuran 6 meter x 3,5 meter yang menjadi bangunan seluas 21 m².

Biasanya,  tipe rumah 21 ini terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur serta sebuah kamar mandi. Rumah ini sangat cocok untuk pasnagan suami istri yang belum memiliki anak.

3. Tipe 45

Model rumah yang satu ini memiliki luas bangunan 45 m². Hunian tersebut sangat cocok untuk dihuni keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak. Model rumah sederhana tipe 45 memiliki teras depan rumah, di mana dapat dijadikan garasidan taman kecil pada halaman belakang.

Antara ruang keluarga dan ruang makan pada rumah model ini tentunya ditempatkan terpisah. Biasanya, terdapat dapur kecil yang letaknya di bagian belakang rumah.

4. Tipe 54

Rumah dengan tipe 54 adalah model rumah sederhana untuk kelas menengah. Selain itu, tipe hunian yang satu ini unggul dari segi luas bangunan. Biasanya rumah dibangun dengan dua lantai, di mana terdapat dua kamar tidur di lantai dasar dan satu kamar tidur di lantai atas, serta ekstra ruang tamu di lantai dua.

5. Tipe 60

Bagi Anda yang mencari rumah yang terkesan elegan dengan harga terjangkau, rumah dengan tipe 60 adalah pilihan tepat. Rumah ini memiliki bangunan seluas 60 m² yang terdiri dari 2 lantai yang sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan tipe 54. Rumah ini memiliki 4 kamar tidur dan 3 kamar mandi serta teras di bagian belakang rumah yang lebih luas.

6. Tipe 120

Model rumah sederhana tipe 120 merupakan rumah sederhana namun terkesan mewah karena menyediakan semua kebutuhan ruangan yang dibutuhkan.

Umunya, rumah ini dibangun dan memiliki 3 sampai 4 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruangan dapur tersendiri, ruang makan, beranda belakang, dan garasi yang cukup luas.

7. Tipe Modular

Saat ini tengah populer rumah berbentuk persegi panjang berukuran kecil yang dapat dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan, yaitu tiep rumah modular. Rumah ini unggul dari sisi fleksibilitas desain dan pilihan material, ditambah lagi daya tahan yang mencapai waktu paling sedikit 60 tahun. Namun tipe hunian ini cukup terjangkau.

By |2019-09-27T04:43:49+00:00September 27th, 2019|konstruksi|